uefau17.com

5 Fakta Menarik Aminah Cendrakasih yang Menghiasi Google Doodle Hari Ini - Regional

, Yogyakarta - Google Doodle Senin (29/01/2023) menampilkan karikatur wajah mendiang Aminah Cendrakasih. Ia merupakan aktris legendaris Indonesia yang dikenal lewat perannya sebagai Mak Nyak di 'Si Doel Anak Sekolahan'.

Google Doodle menampilkan Aminah Cendrakasih untuk merayakan ulang tahun mendiang ke-86. Sekaligus, bentuk penghormatan kepada Aminah Cendrakasih yang meninggal dunia pada 21 Desember 2022.

Aminah Cendrakasih dikenang sebagai salah satu aktris paling berbakat dan berpengaruh di industri hiburan Tanah Air. Perannya sebagai Mak Nyak tidak sekadar memberikan hiburan, tapi juga menciptakan ikatan emosional yang kuat dengan penonton.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut fakta menarik mendiang Aminah Cendrakasih.

1. Mewarisi darah Seni dari Kedua Orang Tuanya

Aminah lahir dengan nama Siti Aminah Tjendrakasih. Ia merupakan putri pasangan pelawak, Husni Nagib dan artis senior, Wolly Sutinah atau lebih dikenal dengan panggilan Mak Wok.

Aminah Cendrakasih memulai kariernya di panggung sandiwara pada 1955 sebagai seorang pemain dan penyanyi. Di tahun yang sama, dia memperoleh kesempatan untuk tampil dalam film Oh, Ibuku.

Film yang merupakan bagian satu dari film Gadis Tiga Djaman yang bersambung ke Puteri Revolusi diproduksi oleh Garuda Film dan Semeru, di bawah arahan sutradara Ali Yoga. Masih di tahun yang sama, Aminah juga terlibat di dalam film Gambang Semarang bersama ibunya, Wolly Sutinah.

2. Membintangi Lebih dari 100 Film

Walaupun pamornya meningkat berkat Si Doel Anak Sekolahan, ternyata Mak Nyak pernah didapuk sebagai aktris berbagai judul film. Dalam kurun waktu 34 tahun, dari 1955 sampai 1989, ia sudah membawakan peran di 101 film berbeda.

Berkat kontribusinya yang signifikan di dunia film Indonesia, Aminah Cendrakasih menerima Penghargaan Kesetiaan Profesi Keartisan dari Dewan Film Nasional pada 1992.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tetap Semangat Bermain Peran Meski Tengah Sakit

Semenjak menderita penyakit glaukoma, Aminah tidak bisa beraktivitas seperti biasa. Tubuhnya semakin lemah dan hanya bisa berbaring di atas kasur.

Meski begitu, ia tetap bersedia memerankan sosok Mak Nyak di film Si Doel The Movie yang dirilis pada 2018 lalu di seluruh bioskop di Indonesia. Kehadirannya tentu menghilangkan rasa rindu para fans beratnya.

4. Aktif Berorganisasi

Selain berkarir di dunia film, Aminah juga aktif di organisasi HSBI dan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB). Di LKB, Aminah Cendrakasih pernah menjabat sebagai Ketua I Divisi Kesenian dan juga menjabat sebagai Komisaris PT. Jayanti Adhikara Sinema.

5. Raih Sederet Penghargaan

Ketelatenan dan pengabdiannya dalam dunia peran, Mak Nyak berhasil meraih sejumlah penghargaan. Ia memperoleh gelar Lifetime Achievement Award di ajang Festival Film Bandung 2022 dan juga Indonesian Movie Actors Awards.

Ia juga dianugerahi penghargaan pada pagelaran Piala Maya ketika bermain di Si Doel the Movie.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat