uefau17.com

Catatan Mengesankan Thom Haye Sepanjang 2023 ala Eredivisie - Regional

, Yogyakarta - Pemain keturunan Indonesia Thom Haye mendapat sorotan setelah tampil mengesankan bersama SC Heerenveen sepanjang 2023 di kompetisi Eredivisie.

Thom Haye yang tampil sebagai gelandang masuk dalam jajaran empat besar sebagai pemain yang terbanyak dalam menciptakan peluang. Pemain berusia 28 tahun itu telah menciptakan 66 created chances bersama SC Heerenveen.

BACA JUGA: VIDEO: Hoki Banget! Fan Timnas Indonesia Dapat Sepatu Ragnar Oratmangoen Usai Menang vs Filipina

Namanya bersanding dengan tiga nama lainnya, di urutan pertama hingga tiga Joey Veerman (PSV), Dusan Tadic (Ajax), dan Carel Eiting (Volendam & FC Twente).

Prestasi Thom Haye tak hanya sampai situ, ia juga masuk dalam jajaran 10 besar pemain dengan intersep terbanyak di Eredivisie sepanjang tahun ini. Haye membuat intersep sebanyak 45 kali, hasil itu membuatnya berada di urutan delapan.

Dari dua statistik mengesankan itu dapat membuktikan kapasitas Thom Haye sebagai gelandang yang mumpuni. Ia tak hanya piawai dalam bertahan, namun juga membantu tim menciptakan peluang untuk dijadikan gol.

Adapun, pemain yang memiliki darah Sulawesi itu merupakan salah satu pilar penting SC Heerenveen musim ini. Ia sudah tampil sebanyak 16 pertandingan di 2023, 14 diantaranya tampil di Eredivisie dengan mencetak dua gol dan satu assist.

Beberapa waktu lalu, Thom Haye mengungkapkan keinginan memperkuat Timnas Indonesia. Sayangnya nama pemain berpostur 187 sentimeter itu belum masuk rencana naturalisasi PSSI.

Kendati begitu, Haye mengaku akan sangat menyenangkan jika dirinya bisa turut memperkuat Timnas Indonesia di masa mendatang.

"Saya masih percaya diri hal itu (memperkuat Timnas Indonesia) akan terjadi," kata Haye dalam wawancara di podcast ESPN Belanda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Thom Haye

Thom Haye bernama lengkap Thom Jan Marinus Haye. Ia merupakan kelahiran Amsterdam Belanda pada pada tanggal 9 Februari 1995. Pemain berposisi gelandang itu diketahui punya garis keturunan Indonesia dari sang kakeknya yang berasal dari Solo, Jawa Tengah dan sang neneknya yang berasal dari Sulawesi Utara.

Selama berkarier di Belanda, dia sudah membela sejumlah klub mulai dari klub AFC dan AZ Alkmaar. Sejak belia, ia menimba ilmu sepak bola di akademi AFC Amsterdam hingga 2006. Setelah itu pindah ke akademi AZ Alkmaar sampai tahun 2012.

Bersama AZ Alkmaar Thom Haye tercatat pernah tampil bermain di tim U-17, U-19, hingga U-21. Salah satu penampilan terbaiknya ketika membela AZ Alkmaar U-21 dan mampu mencatatkan penampilan di 20 laga dan mencetak lima gol serta tiga assist.

Kemudian, Haye melanjutkan kariernya bersama tim senior AZ Alkmaar pada musim 2014/2015. Melalui dua musim ia berhasil menampilkan 73 kali penampilan dan mencetak dua gol serta lima assist.

Pada musim 2016/2017, Haye dilepas AZ Alkmaar ke Willem II dengan status bebas transfer. Bersama klub barunya tersebut Thom Haye mendapatkan posisi penyerang sayap dan gelandang serang.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat