uefau17.com

Kendaraan Padati Arteri Cirebon, Imbas Oneway di Tol Cipali Saat Arus Mudik 2023 - Regional

, Cirebon - Penumpukan volume kendaraan di jalur arteri Cirebon imbas penetapan one way arus mudik lebaran 2023 mulai terlihat.

Antrian kendaraan arah ke Jakarta maupun Jawa Tengah terlihat padat di sepanjang arteri Cirebon

Pantauan di lokasi, antrian kendaraan terlihat menumpuk di perempatan lampu merah Terminal Harjamukti Cirebon.

Kendaraan besar yang masuk ke arteri akibat kebijakan oneway memadati sepanjang jalan Ahmad Yani By Pass Cirebon. Begitu juga sebaliknya, kendaraan pemudik arah Jawa Tengah mulai merayap. 

Sejumlah jalur putar balik di wilayah Kota Cirebon sudah ditutup. Kondisi tersebut berimbas terhadap aktivitas warga lokal.

"Kalau mau ke Ciperna atau ke Sumber hanya bisa lewat lampu merah Kanggraksan dan itupun macet sekali," kata salah seorang warga Cirebon, Desta, Selasa (18/3/2023).

Padatnya kendaraan di jalur arteri juga menyebabkan sejumlah perempatan wilayah dalam Kota Cirebon macet parah. Seperti di lampu merah perempatan Sunyaragi menuju Kanggraksan.

Diketahui, ada empat U turn atau jalur putar balik wilayah Kota Cirebon yang ditutup. Kondisi ini menambah intensitas kendaraan warga di jalur pantura Cirebon.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ribuan Kendaraan

Data Posko Dishub Kota Cirebon menyebutkan terjadi peningkatan volume kendaraan mudik 2023 di arteri. Pada Selasa hingga pukul 15.00 WIB, jumlah kendaraan roda dua yang melintas 24.498, dan mobil 5787.

"Untuk angkutan umum kecil 609, angkutan umum besar 176, angkutan barang kecil 1.688, angkutan barang besar 1.448. total 34.206 kendaraan yang melintas," kata petugas Dishub Kota Cirebon Robby.

Jumlah kendaraan tersebut, terus meningkat setiap harinya. Robby menyebutkan, rata-rata 1000 motor per 15 menit tercatat melintas di arteri Kota Cirebon. 

Salah seorang pemudik Ahmad mengatakan bersama keluarga hendak mudik ke kampung halaman di Tegal Jawa Tengah. Dia berangkat dari Jakarta usai subuh dan baru tiba di Cirebon sore ini. 

"Padat merayap mas sudah banyak motor yang mudik," kata salah seorang pemudik motor asal Tegal, Ahmad, Selasa (18/4/2024).

Dia mengaku sejauh ini arus lalu lintas mudik 2023 masih padat merayap. Dia mengaku lebih memilih mudik awal agar tidak macet. 

"Mudah-mudahan sampai kampung halaman terus lancar," kata dia. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat