uefau17.com

Inilah Kue Amparan Tatak Khas Banjarmasin, Menu Andalan Saat Berbuka Puasa - Regional

, Banjarmasin Ramadan diperkirakan jatuh pada akhir Maret 2023 mendatang. Kehadirannya selalu membawa berkah bagi umat Muslim, terutama penjual makanan yang menjajakan dagangannya jelang berbuka puasa.

Pada bulan tersebut, setiap sorenya masyarakat selalu berburu makanan yang akan dihidangkan sebagai menu berbuka puasa, salah satunya adalah kue Amparan Tatak.

Kue tradisional ini tidak asing di telinga masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Rasanya yang manis, membuat Amparan Tatak selalu diburu masyarakat saat Ramadan untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Amparan Tatak biasanya dibuat dalam loyang berukuran besar dan dipotong beberapa bagian. Untuk harga kue ini per potongnya dibanderol dengan harga Rp5 ribu.

Kue ini berwarna putih yang terbuat dari tepung, sekilas makanan ini mirip dengan kue Nagasari, tetapi Amparan Taktak memilki dua lapisan yakni atas dan bawah dan di dalamnya terdapat potongan pisang atau nangka dengan tekstur yang lembut dan halus.

Anda tidak harus ke Banjarmasin dulu untuk bisa mencicipinya, karena kue Amparan Tatak dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Berikut resep membuat kue Amparan Tatak.

Untuk lapisan bawah, bahan yang disiapkan tepung beras 100 gram, santan 300 ml, gula pasir 55 gram, vanili bubuk, garam, daun pandan, pisang raja potong kotak kecil 6 buah. Sedangkan, untuk lapisan atas tepung beras 25 gram, santan kental 250 ml, gula pasir dan garam.

Kemudian, panaskan kukusan, rebus santan bersama gula, garam, daun pandan hingga mendidih hingga Larut. Setelah itu campurkan tepung beras dan vanili ke dalam baskom.

Tuang rebusan santan yang masih panas sedikit-sedikit. Terus aduk adonan hingga halus dan licin. Ambil 3/4 bagian adonan tersebut, tuang ke loyang yang sudah dioles minyak goreng dan kukus adonan 15 menit.

Sementara itu, campur 1/4 adonan sisa dengan pisang raja. Aduk hingga rata. Setelah 15 menit, tuang adonan pisang di atas lapisan kukusan tadi. Lanjut kukus kembali sekitar 15 menit.

Sementara untuk membuat lapisan atas, campur semua bahan yang dibubuhkan untuk lapisan atas. Rebus adonan hingga meletup. Matikan api, aduk hingga adonan mulus licin tidak bergerindil.

Tuang adonan di atas lapisan pisang. Kukus kembali selama sekitar 20-25 menit. Setelah matang, keluarkan dari kukusan. Biarkan hingga benar-benar dingin dan potong. Jajanan Amparan Tatak siap disajikan.

 

 

Simak video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat