uefau17.com

Daechang, Makanan Korea yang Unik dan Hits di Jagat Maya - Regional

, Yogyakarta - Daechang menjadi salah satu kuliner Korea Selatan yang viral di media sosial TikTok. Daechang mulai viral setelah banyak konten kreator Tiktok mengunggah video sedang menyantap makanan tersebut di sebuah restoran Korea.

Selain itu, beberapa influencer lain seperti Rachel Vennya dan Sisca Kohl juga turut membagikan video pengalaman mereka saat mencicipi Daechang. Makanan dari negeri ginseng yang satu ini cukup membuat banyak orang penasaran.

Selain rasanya yang terlihat enak, teksturnya yang kenyal juga jadi sorotan warganet. Daechang merupakan usus sapi yang disajikan dengan cara dipanggang ala barbeque.

Tekstur daechang kenyal dan terasa meleleh saat dikunyah di dalam mulut. Umumnya, daechang dimasak dengan bumbu marinasi bawang putih agar usus menjadi lebih empuk dan juga sebagai penghilang bau.

Sebagai pelengkap, daechang disajikan dengan ditemani saus yang terbuat dari minyak wijen dan garam. Selain itu, ada juga tambahan lain berupa selada fermentasi cincang.

Sekilas, daechang mirip dengan makanan Korea gopchang dan makchang. Meski sama-sama berbahan dasar usus tapi terdapat perbedaan di antara ketiganya.

Bedanya ada pada bagian usus yang digunakan. Gopchang biasanya dibuat dari usus kecil sapi sedangkan daechang terbuat dari bagian usus besar.

Sedangkan makchang terbuat dari bagian usus sapi paling akhir. Meski begitu, pengolahan ketiganya tetap sama yakni dipanggang.

Asal usul daechang sebenarnya berasal dari kepercayaan masyarakat tradisional Korea. Masyarakat setempat meyakini bahwa sapi adalah sahabat manusia.

Sebagai bentuk penghormatan terhadapnya, maka masyarakat Korea mengolah seluruh bagian tubuh sapi tanpa menyisakan sedikitpun bagian. Bahkan jeroan sapi juga tidak boleh disisakan sehingga dimasak sebagai hidangan yang lezat.

Namun, perlu diingat, mengonsumsi daechang secara berlebihan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Sebab, makanan Korea Selatan ini memiliki banyak kandungan lemak jenuh dan kalori yang tinggi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat