uefau17.com

6 Rute Bersepeda di Yogyakarta, Cocok untuk Pencinta Gowes - Regional

, Yogyakarta - Menikmati keindahan alam di Yogyakarta juga bisa dinikmati dengan cara bersepeda. Banyak destinasi wisata di Yogyakarta yang menawarkan pemandangan indah dan asri lengkap dengan rute bersepeda yang nyaman.

Mengutip dari visitingjogja.jogjaprov.go.id, berikut beberapa pilihan rute bersepeda Yogyakarta yang bisa dijadikan pilihan:

1. Kaliurang

Jalur sepeda yang paling familiar di Yogyakarta adalah Kaliurang. Namun, jika kamu memilih lokasi ini, maka kamu harus menyiapkan fisik yang prima dan tenaga ekstra karena jalur ini didominasi tanjakan.

Udara segar dan sejuk di jalur persawahan akan sangat terasa. Biasanya, para pesepeda yang memilih jalur ini akan menyempatkan diri untuk mampir ke Warung Ijo yang sudah menjadi favorit.

2. Klangon

Selain Kaliurang, Klangon juga menjadi rute favorit lain bagi pesepeda di Yogyakarta. Klangon berada di kaki Gunung Merapi, tepatnya di Kecamatan Cangkringan, Sleman, tak terlalu jauh dari Kaliurang.

Sama seperti Kaliurang, jalur ini didominasi dengan tanjakan yang cukup menguras keringat. Namun, setibanya di Klangon, kamu akan disambut dengan pemandangan Puncak Gunung Merapi yang memesona.

Selain itu, juga terdapat jalur sepeda trail bagi yang ingin lebih menantang adrenalin. Kamu bisa menggunakan sepeda trail, enduro, ataupun downhill, untuk merasakan sensasi menantang di jalur tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Pantai Parangtritis

Selain menggunakan kendaraan bermotor, kamu juga bisa menggunakan sepeda untuk menuju ke Pantai Parangtritis. Dengan rute jalan yang lurus dan mendatar, tentu akan menjadi sensasi tersendiri bagi para pencinta pesepeda, terutama para penggemar road bike (RB).

4. Puncak Gebang

Puncak Gebang berada di Bawuran, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi ini, kamu bisa memulainya dari pusat kota dan langsung menuju Jalan Imogiri Timur, melewati ringroad selatan menuju ke arah Pasar Pleret.

Dari Pasar Pleret, lurus ke arah selatan. Nantinya, akan ada beberapa petunjuk jalan menuju Puncak Gebang.

Jalur menuju Puncak Gebang dari Kota Yogyakarta cenderung datar. Tempat ini menjadi salah satu spot favorit bersepeda karena menawarkan pemandangan yang indah berupa hamparan sawah dari atas bukit. Jalur ini bisa dilewati semua jenis sepeda.

 

3 dari 3 halaman

5. Puncak Sosok

Dari Puncak Gebang, kamu bisa melalui jalanan menanjak untuk menuju ke Puncak Sosok. Puncak Sosok memang berada di atas Puncak Gebang.

Meski membutuhkan perjuangan lebih, tetapi pemandangan yang akan dinikmati akan lebih menakjubkan karena lokasinya yang lebih tinggi. Terdapat beberapa warung yang bisa menjadi lokasi istirahat untuk melepas lelah.

6. Waduk Sermo

Bersepeda dari Kota Yogyakarta menuju Waduk Sermo akan mengetes ketahanan tubuh. Pasalnya, di sepanjang rute ini diisi variasi jalan aspal yang lurus, menanjak, menurun, hingga tikungan. Namun, saat sampai di Waduk Sermo, pemandangan indah akan tersaji lengkap dengan beberapa spot foto menarik.

(Resla Aknaita Chak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat