uefau17.com

Antisipasi Kepadatan Kendaraan Saat Nataru, Tol Tebing Tinggi-Indrapura Difungsionalkan - Regional

, Tebing Tinggi Jalan tol ruas Tebing Tinggi-Indrapura di Sumatera Utara (Sumut) difungsionalkan untuk menghadapi arus mudik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Tol Tebing Tinggi-Indrapura yang difungsionalkan untuk pemudik sepanjang 30 Kilometer (Km).

Kapolda Sumut, Irjen Pol Panca Putra, meninjau langsung simulasi penggunaan Tol Tebing Tinggi-Indrapura pada Selasa, 20 Desember 2022. Pintu keluar dari Tol Tebing Tinggi dibuat jalur pengurai, yakni keluar dari pintu Tol Sei Rampah.

"Petugas harus mengarahkan seluruh kendaraan ke mana arah jalur keluar dan masuk. Buatkan tempat petunjuk arah agar pengemudi mengetahui ke mana arah menuju Siantar dan Indrapura," kata Panca.

Polda Sumut bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) telah melaksanakan rapat koordinasi lintas sektoral dalam pengamanan Nataru. Dalam rapat koordinasi, Polda Sumut memfokuskan pengamanan jalur arus mudik serta menempatkan personel di gereja untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas dan melaksanakan Operasi Lilin Toba 2022.

Dikatakan Panca, Sumut menjadi provinsi prioritas. Khususnya fokus pengamanan jalur mudik mulai dari Labuhan Batu Selatan hingga perbatasan dengan Riau. Kemudian jalur lintas menuju objek wisata, mulai dari Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Parapat, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Medan, dan Karo.

Untuk mengantisipasi lonjakan volume kendaraan saat Nataru, Polda Sumut memanfaatkan jalur Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Tebing Tinggi-Siantar. Kedua jalur ini sudah bisa dilalui kendaraan untuk mengatasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas.

"Secara umum, kedua jalan tol itu sudah bisa dilewati, namun tetap perlu dievaluasi dan memperbaiki hal-hal yang perlu kita persiapkan untuk kenyamanan pengendara," terangnya.

** bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalur Alternatif Lain

Selain jalan tol ruas Tebing Tinggi-Indrapura, Kapolda Sumut, Panca Putra, sebelumnya juga meninjau jalur alternatif lainnya pada Senin, 19 Desember 2022, yaitu jalur Tol Sinaksak-Dolok Merawan.

"Jalur ini dimanfaatkan sebagai jalur alternatif untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat perayaan Nataru," ujarnya.

Diungkapkan Panca, pemanfaatan jalur Tol Sinaksak-Dolok Marawan tetap dilakukan dengan pengawasan ketat oleh Kasatwil yang memiliki lintasan jalur, serta terus berkoordinasi dengan pihak pengelola.

"Lakukan pengawasan serta sistem rekayasa arus lalu lintas dengan pengawalan kendaraan. Tetap mempedomani kecepatan jarak aman," pesannya.

3 dari 3 halaman

Mulai Terjadi Peningkatan Volume Lalu Lintas

Berdasarkan keterangan diperoleh , pada H-7 sampai dengan H-6 Natal 2022 atau 18 sampai dengan 19 Desember 2022, Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNTRD) mencatat mulai terjadi peningkatan volume lalu lintas di beberapa ruas tol luar Jawa.

Untuk wilayah Medan, tercatat 53.582 kendaraan melintasi Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, meningkat 6 persen dibandingkan lalu lintas harian normal 2022 , yaitu 50.547 kendaraan.

Sedangkan untuk Ruas Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa, tercatat sebanyak 146.117 kendaraan melintas, menurun 1,1 persendibandingkan lalu lintas harian normal 2022, yaitu 147.765 kendaraan.

Peningkatan tertinggi terjadi pada Gerbang Tol (GT) Tebing Tinggi, terpantau pada H-7 sampai dengan H-6 Natal 2022, tercatat 23.990 kendaraan melintasi GT Tebing Tinggi (Arah Tebing Tinggi/Parapat), meningkat 7,14 persen dibandingkan lalu lintas harian normal 2022 sebesar 22.392 kendaraan.

"Peningkatan volume lalu lintas akan terus terjadi jelang puncak lalu lintas Natal 2022 yang diprediksi akan jatuh pada Jumat, 23 Desember 2022," sebut Senior General Manager Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division, Truly Nawangsasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat