uefau17.com

Pemulung TPST Bantargebang Dukung Ono Surono Maju Pilgub Jabar 2024 - Pemilu

 

, Jakarta - Ribuan pemulung menyatakan dukungan kepada Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jawa Barat, Ono Surono untuk maju di Pilgub Jabar 2024. Dukungan disampaikan saat Ono menyambangi Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat.

Ketua Ikatan Pemulung Indonesia (IPI) KOMCAT Bantargebang, Dedi Supriyadi mengatakan para pemulung sangat antusias memberikan dukungan karena melihat komitmen Ono Surono terhadap kesejahteraan mereka.

"Sangat antusias karena beliau merupakan bagian dari IPI. Beliau sosok yang humanis dan egaliter, sangat membumi dan tidak malu menjadi bagian keluarga pemulung, jadi sudah seharusnya kami mendukung beliau," kata Dedi kepada , Minggu (23/6/2024).

Menurutnya, Ono merupakan sosok yang sangat peduli terhadap lingkungan serta pemulung sebagai pengolah daur ulang. Ono disebut memperjuangkan ribuan pemulung sebagai profesi sehingga dilindungi dalam jaminan sosial.

"Jumlah anggota pemulung IPI KOMCAT Bantargebang 6.350 orang, yang sudah terdaftar di BPJS ketenagakerjaan sebanyak 4.000 pemulung," ujarnya.

Dedi menyebut ada sejumlah program Ono yang sangat bermanfaat untuk kaum pemulung, di antaranya pogram alat kerja pemulung (keranjang, ganju, sepatu boot, helm) secara berkala dari instansi terkait.

Kemudian pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis bagi pemulung dan BPJS ketenagakerjaan yang nantinya diberikan kepada semua orang yang bersinggungan dengan sampah daur ulang.

"Kami percaya kepada beliau akan terus memerhatikan keberlangsungan ekosistem sampah daur ulang dan orangnya," ucap Dedi.

Sementara Ono Surono sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan dari para pemulung untuk pencalonannya di Pilgub Jabar November 2024 mendatang. Ono menegaskan akan fokus meningkatkan taraf hidup kaum pemulung dengan perlindungan yang diberikan pemerintah, misalnya ikut dalam BPJS Ketenagakerjaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ono Masih Intens Komunikasi dengan Sejumlah Parpol

Ono ingin profesi pemulung agar diakui oleh pemerintah dan memfasilitasi mereka untuk berkerja sama dengan industri yang mempunyai unit daur ulang serta bantuan program-program penanganan sampah.

"Walau sebagian masyarakat menganggap hidup mereka sulit dan miskin, tetapi mereka bisa mendapatkan penghasilan setara UMR, bahkan bisa lebih," jelasnya.

Terkait pencalonannya di Pilgub, Ono mengaku sejauh ini masih intens melakukan komunikasi dengan sejumlah parpol. Selain itu ia rutin konsolidasi internal partai serta mengunjungi rakyat untuk inventarisir masalah sebagai bahan membuat visi misi dan program.

"Ada (komunikasi politik), PDIP dengan PKS, PPP dan PKB. Sedang dikomunikasikan (pasangan cawagub)," tandasnya.

Ono menambahkan, ia bersama tim akan rutin terjun langsung ke masyarakat untuk sosialisasi, sekaligus memperkenalkan diri kepada masyarakat luas, terutama yang belum mengenalnya.

(Bam Sinulingga)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat