uefau17.com

Pengamat soal Wacana Raffi Ahmad Maju di Pilkada 2024: Ini Endorsement Parpol Saja - Pemilu

, Jakarta Nama Raffi Ahmad belakangan muncul di kontestasi Pilkada 2024, usai mengunggah foto Budi Djiwandono dan Kaesang Pangarep, Raffi tetiba muncul bersama Budi seperti dalam unggahan Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco.

Menanggapi hal itu, Analis Politik Arifki Chaniago mengatakan adanya nama-nama bermunculan di publik yang dipasang-pasangkan baru sebatas cek ombak semata. Dia meyakini, belum ada keputusan pasti yang sudah diketuk palu.

“Saya rasa ini masih terkesan cek ombak, dalam Pilgub Jakarta misalnya. Munculnya nama Budi dan Kaesang, hingga Raffi Ahmad,” kata Arifki melalui pesan singkat kepada , Selasa (4/6/2024).

Arifki mencatat, situasi pilkada saat ini masih penuh dinamika. Khususnya, usai putusan Mahkamah Agung (MA) soal peniadaan batas usia. Apalagi, menurut direktur eksekutif Aljabar Strategic ini, respons publik langsung riuh saat menghubungkan putusan MA dengan Kaesang.

“Ini masih jadi polemik soal putusan MA yang bisa meloloskan Kaesang dan saya rasa keputusan itu akan membuat Jokowi hati-hati sebab gejolak yang muncul menunjukkan bahwa ekspektasi dari putusan MA akan mengubah konstelasi politik,” wanti Arifki.

Soal nama Raffi Ahmad, Arifki masih melihatnya sebagai endorsement seorang figur publik terhadap kandidat. Sebab hari ini, artis menjadi fenomena politik ini yang menarik karena memang bagaimanapun influencer dapat mempengaruhi situasi.

“Saya rasa Raffi ini endorsement partai politik saja, artinya dia memasuki peluang ke semua partai dan kepala daerah.

Ini menunjukkan dia punya pengaruh, makanya dia muncul di Jawa Tentah, di Jakarta, juga ada di Tangerang sama si Marcel,” jelas Arifki.

“Ini menjadi semakin membuktikan pengaruh influencer terhadap dampak kandidat yang akan maju di pilkada, jadi saya rasa posisi Raffi ada di sana,” Arifki menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Raffi Ahmad Tak Pernah Terpikir Terjun ke Politik

Raffi Ahmad mengaku tak pernah terpikir terjun ke dunia politik apalagi mencalonkan diri dalam kontestasi pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024. 

Oleh karena itu, Raffi Ahmad terkejut hingga keringat dingin ketika Bupati Kendal, Jawa Tengah, Dico Ganinduto, mengajaknya mencalonkan diri ke Pilkada 2024. Jangankan berpolitik, jadi artis pun tak pernah terpikirkan oleh Raffi Ahmad sebelumnya.

Jangan tanya sekarang, gue juga bingung mau jawab apa," ujar Raffi Ahmad di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2024).

"Jangankan berpolitik, jadi artis juga enggak kepikiran. Jalani saja, mencoba saja. Apapun itu lihat sesuatu hal dengan seimbang," ia menyambung.

 

3 dari 3 halaman

Belum Sama Sekali

Raffi Ahmad belum pernah membahas politik dengan Dico Ganinduto selama ini. Jika kemarin aktif berkampanye, diakuinya sekadar mendukung beberapa tokoh yang mencalonkan diri.

"Belum, belum sama sekali. Karena kalau kemarin kan aku membantu politik itu men-support sosok-sosok yang maju," Raffi Ahmad membeberkan.

Menurut Raffi Ahmad, setiap orang memiliki cara berbeda dalam berkontribusi kepada negara. Sementara ia memilih di dunia showbiz dan usaha, yang salah satunya berkolaborasi dengan Dico Ganinduto lewat program Gas Jateng demi memajukan UMKM di Tanah Air.

"Sebagai anak muda cara memajukan bangsa, seperti Mas Dico mengabdi pada bangsa dan negara lewat jalur politiknya. Kalau selama ini yang aku lakukan mengabdi dengan jiwa entertain, jiwa enterpreneur. Jadi cobalah kolaborasi ini kita pikirkan," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat