uefau17.com

Manuver Sandiaga Uno Buru Kursi Cawapres Ganjar Pranowo, Cabut dari Gerindra hingga Rela Dipelonco - Pemilu

, Jakarta - Nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bersiap bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Rencananya, Sandiaga akan diresmikan sebagai kader partai berlogo Kakbah itu pada Rabu (14/6/2023).

"Saya juga sudah mendapatkan kabar dan sedang mengatur dan berkoordinasi tentang acara pada hari Rabu, 14 Juni, mungkin nanti teman-teman bisa mendapatkan update-nya," kata Sandiaga, Senin 12 Juni 2023.

Sebelum memutuskan merapat ke PPP, Sandiaga merupakan kader Partai Gerindra. Bahkan, dia sempat menjabat Wakil Ketua Dewan Pembina.

Namun, pada Senin 24 April 2023 lalu, Sandiaga resmi pamit dari partai yang dipimpin Prabowo Subianto. Hal itu dia sampaikan usai bertemu Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco.

"Saya sempat ngobrol tertutup dengan Bang Dasco dan saya sampaikan beberapa pemikiran sekaligus juga kalau ada kesalahan selama ini maaf lahir batin. Intinya di momen lebaran ini kita bisa pererat silaturahmi dan berjuang bersama, intinya juga mohon pamit," kata Sandiaga di Jakarta.

Sandiaga mengaku, juga sudah menghadap Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat mengajukan pengunduran diri. Ia menyebut, hal itu merupakan etika berpotik.

"Ini etika berpolitik, pertama menghadap pimpinan partai, kemudian saya juga sempat ketemu pak ketua umum (Prabowo) tentunya di momen lebaran ini satu per satu kita siapkan tahapan selanjutnya," jelas Sadiaga.

Sandiaga menambahkan, surat disampaikan kepada Sufmi Dasco bersifat personal dan emosional. Sebab, dalam surat itu dirinya menumpahkan apa yang dirasakannya selama berada di Gerindra di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.

"Saya hormat kepada yang saya sangat teladani Pak Prabowo, beliau negarawan dan saya berjuang bersama Pak Prabowo dan apa yang saya rasakan saya tuangkan di surat itu dan saya sampaikan," kata Sandiaga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PPP Siapkan Sandiaga Uno untuk Cawapres Ganjar Pranowo

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) akan mengajukan nama Menparekraf Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden pendamping bakal calon presiden PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo di Pemilu 2024. Nantinya, nama-nama bakal cawapres Ganjar akan dibahas bersama pada Juni 2023.

"Pak Sandi (Sandiaga Uno) selama ini sudah komunikasi sering juga jalan bareng surveinya juga bagus dan sering disebut-sebut. Itu bagi kami ya PPP. Tentu nanti ada tahapan-tahapan berikut makanya saya sampaikan nama atau nama-nama. Salah satunya Pak Sandi," ujar Sekjen PPP, Arwani Thomafi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 24 Mei 2023.

Nama Sandiaga Uno ternyata juga masuk dalam 10 nama yang akan dipilih PDIP sebagai bakal cawapres Ganjar Pranowo. Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Pusat PDIP, Puan Maharani.

Selain Sandiaga, ada nama lain yang masuk bursa bakal cawapres Ganjar Pranowo. Mereka di antaranya Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Nama kan banyak ada ada 10. Kalau boleh saya sebutkan yang ada di media ada Pak Mahfud sudah masuk namanya. Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, Pak AHY, sopo lagi mas, Pak Airlangga, nama-nama itu ya masuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan," kata Puan Maharani di sela-sela Rakernas III PDIP, di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa 6 Juni 2023.

Namanya disebut masuk dalam radar cawapres Ganjar, Sandiaga pun mengaku merasa terhormat. Apalagi, jika pemikirannya nanti bisa menjadi kontribusi untuk capres.

"Ya saya merasa terhormat menjadi bagian pertimbangan dari sekian banyak. Namun, dari pemikiran saya ini apa yang bisa saya kontribusikan ke masing-masing capres," kata Sandiaga di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat 9 Juni 2023.

"Karena saya ingin kepemimpinan kita ke depan mengharus utamakan ke pemikiran-pemikiran tentang selain ekonomi, tapi juga keberlanjutan lingkungan, sustainable. Ini luput dari dikursus yang ada dalam beberapa bulan terakhir ini. Hanya membicarakan terkaitan dengan koalisi, bagiamana power sharing," sambungnya.

 

3 dari 3 halaman

Gabung PPP, Sandiaga Uno Rela Diospek hingga Dipelonco

Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Muhammad Mardiono mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah melakukan 'peloncoan' terhadap Sandiaga Uno sebelum bergabung ke partai berlambang Kakbah tersebut. Hal ini dikatakannya usai memberikan suat mandat terhadap Bacaleg PPP.

"Pak Sandi sudah ospek dulu di PPP, ospeknya sudah selesai. Sekarang lagi pelonco, nanti setelah ospek, pelonco. Nah gitu ya," kata Mardiono kepada wartawan, Rabu 7 Juni 2023 lalu.

Ia pun berjanji, bergabungnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) nanti bakal diumumkan secara resmi.

"Nanti dalam waktu dekat teman media pasti saya undang," ujarnya.

Sementara, Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi alias Awiek mengungkapkan, pihaknya sudah menyiapkan posisi strategis jika Sandiaga bergabung dengan partai.

"Jika nantinya positif bergabung dengan PPP, tentunya ada tempat terhormat bagi tokoh sekaliber Pak Sandiaga Uno," ucapnya.

Sandiaga Uno tak menampik sedang masuk masa orientasi (ospek) untuk bergabung ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ia mengaku, sebentar lagi akan lulus ospek dan tinggal menunggu waktu untuk deklarasi ke Partai Berlambang Kabah itu.

"Ini termasuk ospek, dan sebentar lagi sudah menuju lulus, insyaallah lulus," kata Sandiaga Uno saat berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Itqon, Tlogosari, Semarang, Jumat 9 Juni 2023 malam.

Mantan Wakil Gubernur DKI itu juga menjelaskan, masa orientasi ini dilalui sesuai arahan dari Plt Ketua Umum PPP Mardiono.

"Ini adalah tahapan yang Pak Mardiono katakan harus saya lalui untuk bertemu para Kiai, khususnya para Kiai yang ingin memberikan masukan. Ternyata masukannya sejalan dengan pemikiran saya bagaimana pembangunan ini bisa dipercepat dengan konsep persatuan," ujar Sandiaga Uno.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat