uefau17.com

4 Tanda Akurat Sepeda Motor Berpotensi Turun Mesin - Otomotif

, Jakarta - Sepeda motor yang sudah termakan usia pasti sering mengalami masalah atau kerusakan. Bahkan, dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk memperbaikinya.

Namun, banyak kerusakan sepeda motor yang bisa dicegah, apalagi kendaraan dirawat secara rutin setiap bulan.

Tapi kenyataannya, banyak orang sering luput melakukan perawatan motor sehingga membuat motor terlanjur rusak, bahkan ada juga yang sampai turun mesin.

Ketika motor harus turun mesin, tentu kendaraan itu tidak bisa dimanfaatkan untuk bekerja atau pergi. Berikut, tanda-tanda akurat yang bisa terlihat saat sepeda motor bisa turun mesin, seperti dikutip dari laman resmi Wahana Honda:

1. Suara Kasar

Tanda suara mesin sepeda motor yang mudah dikenali adalah ketika suaranya terdengar berbeda dari sebelumnya. Terdengar sedikit kasar. Jika sudah muncul tanda ini, sebaiknya jangan ditunda untuk segera memeriksa kendaraan.

2. Kurang atau Bahkan Tidak Bertenaga

Ketika sepeda motor tidak memiliki tenaga atau dayanya mulai menurun, ini menjadi tanda pertama motor akan segera turun mesin.

Saat mesin kekurangan oli, pelumasan komponen di dalam mesin tidak akan maksimal. Hal inilah yang membuat beberapa komponen seperti seher atau ring seher kinerjanya melemah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mesin Sulit Dihidupkan

Sepeda motor yang hampir turun mesin biasanya akan sulit dinyalakan atau dihidupkan.

Ini disebabkan oleh oli yang merembes ke ruang pembakaran dan membasahi busi, sehingga menimbulkan kerak pada busi.

Rembesan oli akan menyebabkan mesin motor susah menyala karena proses pengapian yang tidak maksimal.

4. Muncul Asap Putih

Keluarnya asap putih pada sepeda motor juga menjadi pertanda adanya kebocoran di mesin. Asap putih ini biasa terjadi karena oli mesin merembes ke ruang bakar sehingga oli ikut terbakar.

Jika hal tersebut sudah terjadi pada mesin motor, mau tidak mau kamu harus membawanya ke bengkel untuk melakukan servis berat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat