uefau17.com

Honda Akan Banjiri GIIAS 2024 dengan 5 Mobil Listrik Sekaligus - Otomotif

, Jakarta - Jenama kenamaan Jepang, Honda, akan menyeriusi pasar mobil listrik di Indonesia mulai 2024. Dalam konferensi pers GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, Rabu (12/6/2024) di bilangan CBD Sudirman, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengungkapkan akan meluncurkan langsung 5 model elektrifikasi di GIIAS 2024.

"Komitmen Honda juga berlanjut hingga ke masa depan sebagai bagian dari visi untuk mencapai netralitas karbon. Di tahun ini kami akan menampilkan 5 produk elektrifikasi model terbaru, termasuk model yang nanti akan pertama kali tampil di region Asia Tenggara," kata Yulian Karfili, Public Relations Manager HPM pada agenda konferensi pers GIIAS 2024.

Elektrifikasi dalam hal ini bisa saja diartikan memiliki penggerak listrik, yang itu belum tentu bertenaga listrik penuh. Sistem hybrid yang dialiri setrum akan nyempil di antara 5 mobil elektrifikasi Honda, seperti pada GIIAS 2023. Kala itu, HPM juga menjanjikan hal yang sama.

Namun begitu, GIIAS 2024 bisa jadi menjadi gerbang penjualan mobil listrik Honda di Indonesia. Pasalnya, sampai saat ini belum ada model mobil listrik Honda yang benar-benar dijual. Pada siluet terbaru yang mencakup 3 model, sangat besar kemungkinan terdapat calon mobil listrik, namun informasi mengenai dua lainnya masih sangat terbatas.

Jika menerka-nerka modelnya, kemungkinan salah satu yang akan datang adalah Honda e: N1 yang tidak lain tidak bukan adalah HR-V versi listrik yang sebelumnya tampil sebagai Honda SUV e: Prototype di GIIAS 2023.

Di Thailand, konsep mobil tersebut telah masuk produksi untuk menjadi e: N1 siap jual sejak awal tahun ini. Di sana, mobil listrik ini menggendong motor listrik tunggal untuk menggerakkan roda depan dengan tenaga 201 tenaga kuda dan torsi puncak 310 Nm.

Satu lagi siluet di tengah kemungkinan adalah Honda Step WGN, MPV hybrid yang selama ini masih mengandalkan importir umum untuk menjualnya ke Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsep Honda Sustaina-C Akan Debut di ASEAN Lewat GIIAS

Yang terakhir untuk disisakan sebagai penampilan pertama di Asia Tenggara, nampak seperti moncong konsep Honda Saloon dari koleksi masa depan 0 Series. Namun, itu ternyata adalah Honda Sustaina-C, konsep mobil listrik yang pertama kali diperkenalkan di Japan Mobility Show 2023, untuk kini melakukan penampilan perdana di Asia Tenggara lewat GIIAS 2024.

Sustaina-C adalah model konsep bergaya retro yang dijamah teknologi elektrik. Sosoknya diilhami model Honda City hatchback generasi pertama yang lebih kotak.

Selain dari rupa Honda Sustaina-C yang jelas mengambil inspirasi City hatchback 1981, konsep ini berusaha membawa aspek-aspek ramah lingkungan dari material resin akrilik daur ulang yang dikembangkan untuk lebih tahan guna sebagai bahan utama bodinya.

Eksperimen berlanjut pada lampu tampilan LED mini yang tidak hanya akan berfungsi sebagai bilah pencahayaan, namun juga akan menunjukkan status pengisian daya saat terparkir, juga dapat berkomunikasi dengan kendaraan lain di dekatnya melalui pesan teks.

Soal kemampuan baterai dan performa, informasi mengenainya masih nihil.

3 dari 4 halaman

5 Penampilan Model Baru Sebagai Kado 75 Tahun Honda

Kemeriahan yang akan Honda bawa ke GIIAS 2024 di ICE BSD, Tangerang, dari 18-28 Juli mendatang rupanya adalah salah satu kado ulang tahun Honda ke-75 secara global. Itu juga bertepatan dengan 25 tahun berdirinya HPM untuk berjualan Honda di Indonesia.

"Tahun ini GIIAS bertepatan dengan 75 tahun perayaan Honda sebagai sebuah perusahaan mobilitas global," Yulian memaparkan.

"Ini juga bertepatan dengan 25 tahun PT Honda Prospect Motor di Indonesia, jadi ini adalah waktu yang cukup panjang untuk Honda berada di Indonesia dan sudah menciptakan berbagai produk, meciptakan layanan, banyak komunitas yang sudah tercipta untuk Honda, dan aktivitas yang sudah dilakukan untuk menemani berbagai tahap dari kehidupan konsumen di Indonesia," sambungnya.

Menemani 5 penampilan utama kendaraan baru Honda, akan ditampilkan pula 10 kendaraan Honda lainnya untuk para penggemar. Selain itu, akan ada pula kolaborasi Honda dengan jenama die-cast ternama dari Mattel, Hot Wheels.

4 dari 4 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat