uefau17.com

Luncurkan Seri 1 Generasi Baru, BMW Resmi Singkirkan Kode 'i' di Mobil Bensinnya - Otomotif

, München - BMW baru saja meluncurkan BMW Seri 1 terbaru yang berbahan bakar bensin, yang menandai realisasi penghilangan nomenklatur kode 'i' pada model berbahan bakar bensin miliknya. Langkah ini dilakukan BMW demi menghilangkan ambiguitas penamaan pada jenis powertrain listrik BMW yang kini juga menyematkan lencana 'i' sebagai awalan.

Terpantau dari rilisan resminya, BMW Seri 1 baru menerbitkan varian 120i hanya dengan moniker BMW 120, sedangkan hot hatch BMW M135i xDrive kini menjadi BMW M135 xDrive.

Namun, seri-seri bertenaga diesel seperti BMW 118d dan 120d tetap mempertahankan akhiran 'd' pada perilisan model baru ini.

Jauh sebelum keluarnya model bertenaga listrik, sejak awal '70-an, BMW telah menggunakan akhiran 'i' untuk menandakan peminum bensin yang menganut metode injeksi untuk menyuntikkan bahan bakar ke dalam mesinnya.

Isu ini telah lama beredar dan dikonfirmasi oleh pihak BMW, namun peluncuran rentetan Seri 1 baru ini menandai realisasi untuk tak lagi tercetak dalam lencana mobil injeksi miliknya.

Dengan logika tersebut, Seri 3 berbahan bakar bensin generasi baru yang dikabarkan akan hadir pada tahun 2027 yang melibatkan BMW 330i dan M350i akan hanya menjadi BMW 330 dan M350.

Kemudian facelift Seri 5 juga sangat mungkin akan menampilkan BMW 520 sebagai pengganti 520i.

Sementara itu, label 'i' sudah tersemat di model-model mobil listrik milik BMW seperti i3, i5, i7, iX, dan iX1.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diumumkan Petinggi BMW

Setelah rumor ini lama beredar dari mulut ke mulut, BMW pertama kali mengungkapkannya ke publik lewat Senior Vice Manajemen Merek dan Produk BMW, Bernd Körber, pada April lalu.

"Secara historis, meskipun interpretasi kami terhadap BMW i selalu berbeda, lebih banyak inovasi, tidak hanya listrik, dan kami secara historis memilikinya sebagai injeksi di akhir (lencana), kami katakan, kami ingin mempertahankan 'i' sebagai aset, dan kami ingin menyimpannya sebagai tanda khusus untuk menunjukkan bahwa Anda sedang mengendarai mobil listrik dan itulah logika yang kami miliki," ucap Körber kepada BMWBlog.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat