uefau17.com

Cara Menghaluskan Suara Mesin Diesel Agar Tak Terdengar di Dalam Kabin - Otomotif

, Jakarta - Mobil diesel masih menjadi favorit masyarakat Indonesia karena cukup bertenaga sehingga mampu melahap tanjakan yang curam sekalipun dan yang paling penting juga irit bahan bakar. Namun yang menjadi pertimbangan saat membeli mobil bermesin diesel adalah suaranya.

Suara dari mesin diesel memanglah cukup bising yang bisa masuk ke kabin dan juga mengganggu penumpang di dalamnya, berikut ini adalah beberapa tips bagaimana cara suara mobil bermesin diesel tidak masuk ke dalam kabin:

1. Temukan Sumber Suara

Langkah pertama adalah mencari sumber suara bising. Suara kasar seringkali masuk ke dalam kabin melalui sela-sela sambungan plat bodi atau lubang kabel. Pastikan kita menemukan sumbernya sehingga kita dapat menentukan solusi yang tepat, seperti melakukan tune-up, perawatan, atau penggantian komponen yang perlu.

2. Gunakan Peredam Suara

Menggunakan peredam suara berkualitas dapat efektif mengurangi suara mesin mobil diesel. Pasang peredam suara di berbagai area mesin. Namun, perlu diingat ya kita bahwa suara mesin juga bisa menjadi indikator kondisi mobil. Jadi pastikan kita telah memeriksa penyebab suara bising sebelum menggunakan peredam suara.

3. Tambahkan Lapisan Anti-Karat

Cara menghaluskan mesin mobil diesel selanjutnya adalah dengan menambahkan lapisan anti-karat di di bagian bawah mobil diesel kesayangan. Selain melindungi dari karat, lapisan ini juga membantu mengurangi kebisingan mesin. Biasanya, kebisingan bisa berkurang hingga 20% dengan lapisan anti-karat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Gunakan Aditif Oli

kita juga dapat mencoba menambahkan aditif oli ke mesin. Aditif ini meningkatkan kemampuan oli dalam melumasi komponen bergerak, mengurangi gesekan, dan suara bising dalam batas tertentu. Pastikan kita memilih aditif yang sesuai dengan kebutuhan mesin.

5. Flushing AC Mobil

Flushing AC mobil dapat menjadi solusi untuk menghaluskan suara bising mesin mobil diesel yang berasal dari kompresor AC mobil. Flushing ini bertujuan membersihkan seluruh sistem AC mobil dari kotoran dan partikel yang menempel pada kompresor dan seluruh saluran AC. Hal ini dianjurkan dengan penggantian oli kompresor agar suara bising menjadi lebih minim.

6. Tune Up Secara Berkala

Suara kasar pada mesin diesel bisa disebabkan oleh masalah dalam sistem pembakaran. Banyaknya kotoran dalam mesin diesel dapat mempengaruhi kinerja mesin dan menimbulkan suara kasar. Dengan kita rutin melakukan tune up secara berkala, terutama pada komponen EGR (Exhaust Gas Recirculation), dapat membantu mengurangi suara berisik dan meningkatkan efisiensi mesin.

Dengan mengikuti cara-cara tersebut, dapat dipastikan kita bisa mengurangi suara bising pada mesin mobil diesel. Pastikan juga kita untuk selalu menjaga perawatan dan kesehatan mesin agar mobil kesayangan kita tetap dalam kondisi optimal agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

3 dari 3 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat