uefau17.com

Ingin Hentikan Kebiasaan Buruk? Cobalah Cara Ini - On Off

, Jakarta - Menghentikan kebiasaan buruk memang tidak mudah, tetapi jika berusaha dan konsisten, bukan tidak mungkin bisa membuat perubahan yang signifikan dalam hidup Anda.

James Clear, penulis buku populer “Atomic Habits,” baru-baru ini meluncurkan seri MasterClass yang membahas cara membangun kebiasaan yang lebih baik, dan juga cara menghentikan kebiasaan buruk.

Clear percaya bahwa menghilangkan perilaku negatif dimulai dengan ubah perspektif kamu terhadap perilaku tersebut.

“Kami punya cerita yang diceritakan pada diri sendiri sendiri yang bermanfaat. Namun, kami juga punya kisah-kisah yang menyakitkan yang diceritakan pada diri sendiri,” kata Clear dalam sebuah video tentang bagaimana kebiasaan dapat membentuk identitas diri kamu sebagai bagian dari MasterClass, melansir laman CNBC.

Dia memberikan beberapa contoh yang mungkin diceritakan kepada diri sendiri yang berbahaya, seperti:

“Aku suka makanan manis”

“Aku buruk dalam menentukan arah”

“Aku buruk dalam matematika”

“Aku tipe orang yang tidak pernah mengingat nama orang”

“Cerita-cerita yang diceritakan pada diri sendiri, apapun versinya, apakah membantu atau menghalangi Anda? Apakah mereka melayani tipe orang yang diinginkan, atau mereka menghalangi untuk mencapainya?”

Sebaliknya, cobalah setting ulang otak dengan menghubungkan karakteristik yang diinginkan pada diri sendiri. Bergeraklah untuk menghentikan kebiasaan buruk dengan menggunakan cara ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4 Cara

Untuk mengilustrasikan langkah-langkah yang dapat diambil untuk menghentikan kebiasaan buruk, Clear melakukan pendekatan melalui sudut pandang seseorang yang mencoba berhenti merokok.

Jadikan tidak terlihat

Batasi paparan terhadap perilaku yang ingin dikendalikan. Jika ingin berhenti merokok, hal ini bisa dilakukan dengan mengubah jalan untuk menghindari tempat biasanya membeli rokok atau dengan tidak punya rokok di rumah.

Buatlah agar tidak menarik

Langkah ini mungkin memakan waktu lebih lama, tetapi cobalah katakan pada diri sendiri bahwa bukanlah orang yang ingin ikut serta dalam perilaku yang ingin dihilangkan.

Misalnya, jangan lagi mengidentifikasi diri sebagai perokok dengan mengatakan, “saya bukan perokok,” ketika seseorang menawarkan rokok kepada Anda, alih-alih mengatakan “saya sedang mencoba berhenti merokok,”

Buatlah jadi sulit

Anda bisa mencoba tiga pendekatan berbeda untuk langkah ini. Hilangkan perilaku “Cold Turkey” (metode berhenti merokok dengan tiba-tiba).

Namun, secara bertahap, kurangi tindakan tersebut dari waktu ke waktu atau ganti tindakan tersebut dengan tindakan pengganti yang lebih baik dan sehat yang menghasilkan perasaan bermanfaat sama seperti yang didapatkan dari melakukan kebiasaan buruk.

Buatlah jadi tidak memuaskan

Biasanya, ketika telah mencapai tiga langkah diatas, tindakan tersebut tidak lagi terasa memuaskan dan secara resmi, Anda dapat menghentikan kebiasaan tersebut.

Keempat langkah ini bisa diterapkan pada kebiasaan buruk apapun yang ingin kamu ubah. Dalam video tersebut termasuk terlalu lama bermain media sosial atau mengonsumsi makanan tidak sehat.

“Cerita apa yang kamu punya tentang diri sendiri dan mengapa perilaku tersebut menjadi bagian dari identitasmu?” Clear bertanya ketika MasterClass.

“Bisakah kamu mulai mengubah hal itu sedikit demi sedikit? Bisakah kamu memberi sudut pandang yang berbeda terhadap diri sendiri untuk melihat masalahnya? Dan jika demikian, mungkin kamu berada dalam posisi yang lebih baik untuk melepaskan keinginan untuk melakukan kebiasaan tersebut.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat