uefau17.com

Suplemen Rambut Mengatasi Kerontokan, Efektif atau Tidak? Begini Kata Ahli! - On Off

, Jakarta Hormon dan stres bisa menjadi penyebab menipisnya rambut meski belum menginjak usia tua. Mereka yang mengalaminya mungkin memikirkan cara untuk kembali memiliki rambut tebal yang indah. Mulai dari cara tradisional hingga bahan kimia untuk bisa mencapai hal tersebut.

Salah satu yang populer adalah vitamin rambut yang konon membuat rambut tumbuh lebih panjang dan cepat. Ini mungkin menarik, tetapi di sisi lain juga mencurigakan.

"Meskipun vitamin penumbuh rambut berpotensi membantu meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan, tidak ada cukup bukti untuk membuktikan kemanjurannya untuk pertumbuhan rambut." kata dokter kulit bersertifikat Marisa Garshick, MD dikutip dari Cosmopolitan, Senin (13/3/2023).

Umumnya, vitamin atau suplemen penumbuh rambut diisi dengan campuran bahan-bahan yang ‘ramah rambut’, seperti biotin, asam folat, vitamin D, A, C, dan E yang membuat rambut terlihat lebih panjang, sehat, dan berkilau.

Namun, aman atau tidaknya vitamin penumbuh rambut tergantung pada kesehatan rambut saat ini dan jenis suplemen atau gummy yang dikonsumsi. Masalahnya, merek dapat mengatakan dan melakukan apa pun yang mereka inginkan bahkan menambahkan campuran bahan apa pun yang mereka inginkan.

Hal ini tidak semata-mata membuat semua suplemen rambut otomatis menakutkan dan tidak aman, tetapi karena suplemen rambut tidak didukung oleh data yang disetujui pemerintah, penelitian di sekitar mereka hampir tidak ada atau sangat tertutup.

Dokter kulit Dhaval G. Bhanusali, M.D. berkata, “Banyak penelitian yang Anda temukan untuk mendukung suplemen rambut sebenarnya didanai oleh merek itu sendiri. Literaturnya paling tidak lengkap dan sebagian besar ahli kulit setuju bahwa suplemen tidak terlalu mengesankan.”

Jadi, apakah vitamin rambut benar-benar berfungsi?

Karena disebut sebagai vitamin, sistem kerjanya akan berjalan seperti vitamin yang seharusnya. Sekalipun vitamin itu sendiri benar-benar diperlukan dan bermanfaat untuk rambut, mereka tidak akan berbuat banyak jika tubuh Anda sudah memilikinya. Jadi jawaban dari pertanyaan tersebut adalah tidak.

Menurut dokter kulit Vivian Bucay, M.D., jika hanya mengonsumsi suplemen biotin, Anda perlu mengonsumsi setidaknya 5 miligram setiap hari agar dapat memengaruhi pertumbuhan rambut. Sayangnya, dia juga menambahkan bahwa tidak ada jaminan itu akan berhasil atau tidak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faktor Fisik dan Mental

Tidak hanya satu kekurangan vitamin yang menyebabkan kerontokan rambut, penipisan dan kerontokan rambut sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai faktor fisik dan mental.

“Ada banyak wanita yang kekurangan gizi dan tidak menyadarinya, baik karena diet, gizi buruk, atau stres berat,” kata ahli trikologi Dominic Burg

Terlebih, ketika stres atau kurang makan itu terjadi, tubuh akan menghentikan pertumbuhan rambut terlebih dahulu dan mengalihkan nutrisi ke organ yang paling membutuhkan. Pada akhirnya ini akan membuat Anda kekurangan vitamin dan pertumbuhan rambut terhambat.

Mereka yang mengalami ini mungkin akan menemukan kerontokan rambut secara tiba-tiba beberapa bulan.

“Ini reaksi tertunda terhadap stres atau diet yang biasanya terjadi tiga bulan kemudian,” kata Burg.

Tentu saja, satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah tubuh Anda kekurangan adalah dengan memeriksakan diri, jadi harap tunggu dokter memberi tahu Anda bahwa suplemen aman untuk dicoba.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat