uefau17.com

8 Alasan Merasa Lelah Ketika Bangun Tidur Hingga Cara Mengatasinya - On Off

, Jakarta Tidur yang cukup selama 7-8 jam setiap malam terkadang masih bisa suatu membuat tubuh seseorang terasa lelah ketika bangun di pagi hari. Ternyata hal ini disebabkan oleh suatu alasan.

Anda mungkin merasakan ketika sudah tidur yang cukup setiap malam, lalu merasa tidak tenang sepanjang hari. Hal ini sering disebabkan oleh beberapa alasan, seperti keadaan inersia tidur yang meningkat, proses sirkadian yang memodulasi memori, suasana hati, waktu reaksi, dan kewaspadaan saat bangun tidur, menurut sebuah studi tahun 2015 . Beberapa orang mengalami gangguan kinerja dan pening pada periode ini setelah pertama kali mematikan alarm. Efek inersia tidur biasanya hilang setelah 15 hingga 60 menit, tetapi dapat bertahan hingga beberapa jam.

Inersia tidur merusak keterampilan kognitif yang lebih canggih, seperti pemikiran evaluatif, pengambilan keputusan, kreativitas dan penggunaan aturan, dan semakin buruk semakin kurang tidur seseorang. Namun, meskipun pekerjaan Anda bukan tentang menyelamatkan nyawa atau mengemudikan truk semalaman, mengalami inersia tidur selama berjam-jam tetap dapat memengaruhi kualitas hidup.

Cara untuk mengatasinya dimulai dengan mengevaluasi tidur Anda menggunakan "dua Q," kata spesialis paru dan tidur sekaligus seorang profesor kedokteran klinis di Keck School of Medicine di University of Southern California Raj Dasgupta.

“Jika Anda mendapatkan kuantitas tidur yang baik, pertanyaan selanjutnya adalah, 'Apakah saya mendapatkan kualitas tidur yang baik?',” tuturnya seperti dilansir CNN, Senin (27/2/2023).

Dasgupta menyarankan untuk menemui spesialis tidur yang dapat memeriksa gangguan tidur yang mendasari atau primer. Akan tetapi, ada faktor lain yang lebih mudah dimodifikasi yang dapat mengganggu proses pemulihan, seperti konsolidasi memori, pengaturan hormon dan pengaturan atau pemrosesan emosional – yang perlu terjadi selama tidur.

1. Kelelahan

"Ada banyak kondisi yang menyebabkan kelelahan, tetapi tidak serta merta membuat orang merasa siap untuk tertidur," kata seorang profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran David Geffen di Universitas California Jennifer Martin.

Ini dapat mencakup kondisi nyeri kronis, kondisi metabolisme atau tiroid, anemia, dan penyakit paru obstruktif kronik.

Jika Anda merasakan kelelahan yang tidak dapat dijelaskan, langkah pertama yang penting mungkin adalah pemeriksaan fisik rutin dengan dokter keluarga Anda, kata Martin.

Selain itu, National Sleep Foundation mengatakan orang dewasa yang sehat membutuhkan 7-9 jam tidur setiap malam. Jadi, Anda mungkin memerlukan lebih dari delapan jam tidur untuk merasa berenergi. Anda bisa mencoba tidur satu jam lebih awal atau bangun satu jam lebih lambat dari biasanya dan lihat apakah itu membuat perbedaan, kata seorang profesor manajemen di University of Washington Christopher Barnes, yang mempelajari hubungan antara tidur dan bekerja.

2. Gaya hidup menetap

Jika Anda tidak banyak bergerak, tubuh Anda akan terbiasa hanya mengeluarkan sedikit energy. Alhasil Anda mungkin merasa lebih lelah daripada yang seharusnya ketika mencoba melakukan aktivitas dasar sehari-hari, kata Martin.

Organisasi Kesehatan Dunia telah menyarankan agar orang dewasa melakukan setidaknya 150 menit (2 1/2 jam) aktivitas fisik sedang hingga berat setiap minggu, sementara orang hamil harus melakukan setidaknya 150 menit latihan aerobik dan penguatan sedang per minggu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kecemasan atau depresi

Memiliki gangguan kecemasan atau depresi dapat melelahkan secara energik, kata Dasgupta. Kondisi ini juga dapat berdampak negatif terhadap waktu yang dibutuhkan untuk tertidur serta menentukan banyaknya waktu Anda terbangun sepanjang malam, tambahnya.

Sementara itu, terkadang obat yang digunakan untuk mengobati depresi atau kecemasan memiliki efek samping, seperti insomnia atau menghalangi tahap tidur yang lebih dalam, kata Dasgupta.

4. Tidur tidak konsisten

Terkadang jadwal bekerja berbeda antara hari kerja dengan akhir pekan, kata Barnes. Jadwal juga dapat berfluktuasi untuk orang-orang dengan pekerjaan berbasis shift.

“Praktek yang sangat umum adalah mengatakan, 'Oke, ini Jumat malam. Saya tidak harus bekerja besok pagi, jadi saya bisa begadang nanti',” kata Barnes. Mungkin Anda begadang lebih malam pada Sabtu malam karena tidak harus bekerja pada hari Minggu, lalu tidur lebih awal pada hari Minggu menjelang minggu kerja.

Akan tetapi pada titik ini, Anda telah menyesuaikan kembali jadwal tidur beberapa jam dalam waktu singkat. “Ini sangat mirip dengan jet lag,” kata Barnes. "Reset cepat itu tidak bekerja dengan baik."

5. Dehidrasi

Lebih dari 50 persen tubuh Anda terbuat dari air yang dibutuhkan untuk berbagai fungsi termasuk mencerna makanan, menciptakan hormon dan neurotransmiter, dan mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh Anda, menurut Klinik Cleveland. Dehidrasi telah dikaitkan dengan penurunan kewaspadaan dan peningkatan rasa kantuk dan kelelahan.

Institute of Medicine menyarankan agar wanita mengonsumsi 2,7 liter (91 ons) cairan dan pria memiliki 3,7 liter (125 ons) setiap hari. Rekomendasi ini mencakup semua cairan dan makanan kaya air, seperti buah-buahan, sayuran, dan sup. Karena rata-rata rasio asupan cairan terhadap makanan adalah sekitar 80:20, itu berarti jumlah harian 9 gelas untuk wanita dan 12 ½ gelas untuk pria.

 

3 dari 3 halaman

6. Lingkungan atau rutinitas tidur yang buruk

Menjaga kebersihan tidur yang baik termasuk mengatur kamar tidur Anda gelap, tenang dan dingin di malam hari.

Hindari mengonsumsi minuman berkafein kurang dari enam jam sebelum tidur dan batasi konsumsi alkohol serta makanan berat atau pedas setidaknya dua jam sebelum tidur. Alkohol dapat mencegah tahap tidur yang lebih dalam dan makanan semacam itu dapat menyebabkan masalah pencernaan yang mengganggu pemulihan tidur.

7. Masalah pada pasangan tidur

“Orang atau hewan peliharaan yang berbagi tempat tidur dengan Anda berdampak besar pada tidur,” kata Martin.

Mungkin pasangan tidur Anda mengalami gangguan tidur dan mendengkur. Atau mungkin mereka memiliki jadwal berbeda yang mengganggu tidur Anda. Hewan peliharaan juga dapat mengganggu jadwal tidur Anda karena mereka tidak memiliki pola tidur yang sama dengan manusia, tambahnya.

"Hal yang paling penting - jika pasangan Anda mendengkur - adalah membuat mereka menemui spesialis tidur dan mengevaluasi mereka untuk sleep apnea," kata Martin. Sleep apnea – suatu kondisi di mana pernapasan berhenti dan dimulai kembali saat seseorang sedang tidur – umum terjadi pada orang yang mendengkur, tambahnya.

8. Gangguan tidur

Sebagai catatan, gangguan tidur adalah faktor lain yang secara dramatis dapat mengurangi kualitas tidur, kata Barnes.

Seseorang dengan sleep apnea mungkin terbangun 50 kali, 100 kali atau bahkan lebih sepanjang malam, tambahnya.

"Begitu Anda bangun, Anda tidak lagi tertidur lelap dan biasanya Anda tidak langsung tertidur lelap," kata Barnes. "Membawa orang keluar dari tidur nyenyak dengan membangunkan mereka umumnya akan menghasilkan lebih sedikit waktu yang dihabiskan di tahap tidur terdalam."

Gangguan tidur lain yang dapat memengaruhi tingkat energi harian termasuk narkolepsi dan sindrom kaki gelisah, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Cara ideal untuk melacak kualitas dan kuantitas tidur – terutama jika Anda berpikir Anda dapat didiagnosis dengan gangguan tidur – sedang yaitu dengan menjalani polisomnografi di klinik tidur, kata Barnes.

Aplikasi dan perangkat elektronik yang dapat dikenakan – seperti jam tangan atau cincin – yang mengukur tidur tidak seakurat tes klinis, tetapi masih memberikan informasi yang cukup untuk orang dewasa yang sehat, kata Barnes. “Saya ingin tahu bahwa itu dikembangkan dan kemudian divalidasi dengan perangkat lain yang lebih akurat.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat