uefau17.com

Menurut Penelitian, Makanan Bisa Bantu Melawan Kram Saat Menstruasi - On Off

, Jakarta Sekitar 85 perempuan menderita kembung yang menyakitkan, kram dan sakit perut selama periode bulanan alias menstruasi. Selain menggunakan obat tertentu, ternyata ada beberapa makanan yang bisa melawan rasa sakit tersebut.

"Karena nyeri haid adalah penyebab utama ketidakhadiran di sekolah bagi remaja putri, penting untuk mengeksplorasi pilihan yang dapat meminimalkan rasa sakit," kata direktur Pusat Kesehatan Wanita Mayo Clinic di Jacksonville, Florida Stephanie Faubion seperti dilansir CNN, Jumat (28/10/2022).

Akan tetapi, ada penyesuaian perilaku yang dapat dilakukan para gadis dan wanita muda untuk mengurangi rasa sakit, menurut analisis studi baru yang membahas tentang hal ini.

“Modifikasi diet bisa menjadi solusi yang relatif sederhana yang dapat memberikan bantuan substansial bagi mereka,” kata direktur medis untuk The North American Menopausal Society, dari temuan penelitian tersebut Faubion.

Abstrak, yang dipresentasikan Rabu pada pertemuan tahunan NAMS, mengeksplorasi hubungan antara diet dan dismenore, istilah medis untuk periode menyakitkan. Penulis utama, Serah Sannoh, mengatakan kepada bahwa dia menjadi tertarik pada topik tersebut karena nyeri haidnya sendiri, yang telah menjangkitinya sejak remaja.

"Saya menemukan diet tinggi makanan inflamasi seperti daging hewan, minyak, gula, garam, dan kopi berkontribusi pada peningkatan risiko rasa sakit selama periode wanita," tutur peneliti Sannoh.

“Banyak hal yang anak muda suka makan sangat meradang … makan siang daging, makanan penuh gula dan lemak trans. Tetapi jika Anda melakukan diet anti-inflamasi - buah, sayuran, minyak zaitun, seperti diet Mediterania - Anda akan mengurangi kram,” kata anggota dewan NAMS Monica Christmas.

Bukti ilmiah telah menunjukkan makan makanan yang sehat, tidur yang baik dan berolahraga adalah langkah-langkah efektif dalam mengurangi durasi dan tingkat keparahan kram, kata Christmas. Namun, dia mencatat bahwa penting bagi wanita untuk menemui penyedia layanan kesehatan.

"Pastikan tidak ada kondisi medis lain yang mungkin juga berkontribusi terhadap gejala tersebut,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab rasa sakit

Saat tubuh bersiap untuk menstruasi, sel-sel endometrium yang membangun lapisan di dalam rahim akan menyambut sel telur yang telah dibuahi mulai rusak. Saat mereka melakukannya, sel-sel itu melepaskan sejumlah besar asam lemak yang disebut prostaglandin untuk membuat lapisan rahim berkontraksi dan mengeluarkan jaringan yang tidak digunakan. Tubuh juga melepaskan prostaglandin secara alami selama persalinan untuk membuka serviks untuk kelahiran.

Prostaglandin bertindak seperti hormon, menyebabkan pembuluh darah dan otot polos menyempit, mengakibatkan kram dan nyeri. Para peneliti telah menemukan kadar prostaglandin lebih tinggi dan kontraksi rahim lebih kuat dan lebih sering pada wanita dengan nyeri haid daripada wanita yang memiliki sedikit atau tanpa rasa sakit, menurut American Association of Family Physicians.

Sementara itu, mengonsumsi makanan inflamasi hanya menambah ketidaknyamanan, menurut penelitian. Makanan yang diproses dan tinggi gula serta makanan berlemak dan berminyak adalah penyebab umum.

Studi pada 2018 yang dilakukan oleh mahasiswa Spanyol menemukan, wanita yang minum cola dan makan daging lebih mungkin menderita rasa sakit selama siklus mereka daripada wanita yang makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Faktanya, sebuah studi tahun 2020 menemukan wanita yang makan kurang dari dua porsi buah sehari lebih mungkin menderita rasa sakit selama siklus menstruasi mereka.

Sebagian dari masalahnya adalah ketidakseimbangan antara asam lemak omega-3 dan omega-6, kata Sannoh.

Bagi yang belum tahu, asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam makanan seperti salmon, tuna, sarden, tiram, kenari, chia, dan biji rami bersifat anti-inflamasi. Penelitian telah mengaitkannya dengan pengurangan risiko banyak penyakit kronis yang dipicu oleh peradangan.

Sementara asam lemak omega-6 menjaga kesehatan kulit, rambut, dan tulang serta membantu mengatur metabolisme, selain perannya dalam sistem reproduksi. Tetapi terlalu banyak asam lemak ini dapat menyebabkan peradangan ketika tubuh akhirnya memecahnya menjadi asam arakidonat, yang menurunkan ambang rasa sakit tubuh.

“Dari penelitian saya, saya menemukan bahwa orang dengan diet tinggi asam lemak omega-6, khususnya yang berasal dari produk hewani, memiliki kandungan asam arakidonat yang lebih tinggi di dalam tubuh, yang meningkatkan jumlah prostaglandin pro-inflamasi yang membantu rahim berkontraksi,” kata Sannoh.

"Bila Anda memiliki diet yang menyeimbangkan asam lemak omega-3 dan omega-6, dan Anda mengurangi jumlah makanan inflamasi yang Anda konsumsi, itu akan mengurangi pengalaman menstruasi yang menyakitkan," tambahnya.

Dua studi terpisah dari 2011 dan 2012 mengungkapkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 mengurangi intensitas ketidaknyamanan menstruasi yang cukup untuk menurunkan penggunaan ibuprofen untuk menghilangkan rasa sakit. Dan sebuah studi tahun 1996 menemukan hubungan yang sangat signifikan antara asam lemak omega-3 dan gejala menstruasi yang lebih ringan pada remaja.

 

3 dari 3 halaman

Solusi lainnya

Mengubah pola makan bukan satu-satunya cara untuk melawan nyeri haid. Obat anti-inflamasi nonsteroid atau NSAID, mengurangi produksi prostaglandin, itulah sebabnya mereka menjadi pengobatan utama untuk kram, kata Christmas.

Namun, obat pereda nyeri ini juga memiliki efek samping. Menurut tinjauan Cochrane Library tahun 2015, NSAID terkait dengan kembung, diare, pusing, gangguan pencernaan, sakit kepala, mulas, tekanan darah tinggi, mual, muntah, dan pada kesempatan langka, peningkatan enzim hati.

Selain itu, pil KB oral tertentu juga menurunkan produksi prostaglandin di lapisan rahim, yang kemudian mengurangi aliran darah dan kram. Dosis kurang dari 35 mikrogram “efektif dan harus menjadi persiapan pilihan”, menurut tinjauan Perpustakaan Cochrane tahun 2009 .

Tetapi jika Anda tidak tertarik menggunakan metode ini, cobalah diet anti-inflamasi. Sannoh mempraktikkan penelitiannya dengan mengurangi asupan daging merah dan makanan inflamasi lainnya, seperti gula dan kopi.

Ada manfaat tambahan untuk mengadopsi gaya hidup anti-inflamasi, kata Christmas.

"Diet ini juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular yang lebih sedikit, diabetes yang lebih sedikit, masalah rematik yang lebih sedikit, penurunan morbiditas dan mortalitas, terutama setelah menopause," kata Christmas.

“Jadi, jika Anda bisa membuat orang-orang yang masih muda makan lebih baik, berolahraga, dan menjalani gaya hidup yang lebih sehat, mereka akan menjadi lebih baik seiring bertambahnya usia.”

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat