uefau17.com

Periode Libur Idul Adha, KCIC: 75 Ribu Tiket Kereta Cepat Whoosh Telah Terjual - News

, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyebut, ada sebanyak 75 ribu tiket kereta cepat Whoosh telah terjual selama periode libur panjang Idul Adha 1445 Hijriah.

Menurut GM Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa, angka penjualan tiket Whoosh selama periode libur Idul Adha ini meningkat sekitar 20 persen jika dibandingkan hari biasa, dimana KCIC melayani sebanyak 16 ribu penumpang.

"Peningkatan penumpang mulai terjadi sejak 14 Juni 2024. Di tanggal tersebut, jadwal keberangkatan di sore dan malam hari selepas pulang kerja menjadi salah satu incaran para penumpang dengan total sebanyak 19 ribu lebih penumpang telah diberangkatkan pada momen tersebut," ujar Eva, dikutip dari Antara, Minggu (16/6/2024).

Kemudian pada Sabtu 15 Juni 2024, lanjut dia, jumlah penumpang yang menggunakan Whoosh mengalami peningkatan menjadi 21 ribu lebih. Pada periode tersebut, kata Eva, tiket keberangkatan Halim dari pukul 06.40 WIB hingga 18.00 WIB seluruhnya habis terjual.

"Secara kumulatif, selama dua hari, Whoosh telah memberangkatkan sekitar 40 ribu penumpang atau rata-rata 20 ribu penumpang per hari. Angka ini lebih tinggi dari total penumpang di hari biasa yang berkisar di antara 15 sampai dengan 16 ribu penumpang per hari," papar dia.

Eva pun memprediksi, lonjakan jumlah penumpang kereta cepat Whoosh masih akan terjadi hingga H-1 Idul Adha atau pada hari ini, Minggu (16/6/2024).

Menurut dia, PT KCIC menyediakan sebanyak 28.848 tempat duduk setiap harinya dengan mengoperasikan 48 perjalanan kereta cepat Whoosh selama selama periode libur tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak yang Liburan Keluarga

Eva menyebut, selain masyarakat yang akan berlibur bersama keluarga, di masa periode libur Idul Adha kali ini, kereta cepat Whoosh juga dipadati penumpang rombongan.

"Sebanyak 60 rombongan tercatat menggunakan Whoosh," ucap dia.

Eva menyebut, rata-rata setiap harinya terdapat 12 rombongan yang memilih Whoosh sebagai transportasi untuk menghabiskan libur akhir pekannya kali ini.

"Adapun total tiket yang telah terjual untuk penumpang rombongan mencapai lebih dari 1.500 tiket. Rombongan tersebut berasal dari perusahaan, pemerintahan, sekolah, tour and travel, dan masyarakat umum," tandas Eva.

Sebelumnya, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat penumpang Kereta Cepat Whoosh mulai didominasi oleh rombongan. Tercatat, ada hingga 1.500 ribu orang rombongan yang akan menggunakan Kereta Cepat Whoosh pada periode keberangkatan 14-18 Juni 2024.

Pada periode libur Idul Adha tersebut, KCIC melayani sebanyak 60 rombongan yang menggunakan Whoosh. Rata-rata terdapat 12 rombongan yang berangkat setiap harinya.

 

3 dari 4 halaman

1.500 Penumpang Rombongan Naik Kereta Cepat Whoosh di Libur Panjang Idul Adha

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, jumlah ini meningkat hingga 2,5 kali lipat jika dibandingkan hari biasa, dimana KCIC melayani sebanyak 4-5 rombongan per hari. Rute yang menjadi favorit penumpang rombongan adalah rute Halim - Padalarang pp.

"Kami berterima kasih sekali kepada para penumpang yang sudah mempercayakan Whoosh sebagai moda transportasi pilihan secara rombongan. Layanan ini memang sengaja dibuka untuk memenuhi kebutuhan perjalanan masyarakat secara kolektif yang efisien, aman, dan nyaman," ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu 15 Juni 2024.

Pada Long Weekend Libur Idul Adha kali ini total sebanyak 1.500 penumpang rombongan yang akan diberangkatkan. Rombongan tersebut berasal dari perusahaan, pemerintahan, sekolah, tour and travel, dan masyarakat umum.

Eva juga mencatat banyaknya rombongan calon penumpang yang ingin melakukan reservasi. Rombongan ini turut berkontribusi pada operasional Kereta Cepat Whoosh.

"Setidaknya ada sekitar 50 rombongan setiap harinya yang menghubungi WhatsApp Whoosh Group Reservation untuk mendapatkan informasi maupun melakukan pemesanan terkait layanan tiket rombongan," kata Eva.

Pada 14 Juni 2024, KCIC telah memberangkatkan sebanyak 19 ribu lebih penumpang. Adapun pada 15 Juni, tiket yang telah terjual sampai dengan siang ini mencapai 15 ribu penumpang.

KCIC memprediksi jumlah penumpang akan sekitar 19 ribu penumpang perhari atau meningkat sekitar 20 persen jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

 

4 dari 4 halaman

Cara Reservasi

Sejak diluncurkan pada bulan November 2023, layanan rombongan telah menjadi salah satu layanan unggulan dari KCIC. Hingga Juni 2024 telah sebanyak 4 ribu rombongan dengan total 140 ribu penumpang rombongan yang telah menggunakan layanan tersebut.

Informasi dan pemesanan terkait tiket rombongan dapat dilakukan dengan menghubungi WhatsApp di nomor 0813-4000-2920 pada hari kerja sejak pukul 09.00s.d 17.00 WIB. Adapun minimal jumlah penumpang dalam 1 rombongan sebanyak 20 orang.

Benefit yang bisa diperoleh dengan layanan tiket rombongan ini adalah kemudahan pemesanan tiket tanpa antre, pengaturan tempat duduk kolektif yang saling berdekatan, pendampingan petugas bagi rombongan dengan jumlah tertentu, hingga edukasi tentang Kereta Cepat Whoosh bagi rombongan sekolah.

Bagi Anda penumpang kereta cepat yang ingin memakai kereta cepat Whoosh secara rutin dengan lebih hemat, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memberi layanan baru yakni Frequent Whoosher Card.

Layanan baru dapat dipesan mulai 1 Juni 2024. GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa menuturkan, Frequent Whoosher Card hanya bisa didapatkan di Loket Stasiun Halim pada jam operasional pukul 09.00 sampai 17.00 WIB dengan biaya sebesar Rp1.750.000. Jika dihitung, harga satu tiket perjalanan Whoosh menjadi Rp175.000 saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat