uefau17.com

Masjid Agung Al Azhar Jakarta Gelar Sholat Idul Adha Besok Minggu, Ini Pertimbangannya - News

, Jakarta - Pengurus Masjid Agung Al Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan akan menyelanggarakan sholat Idul Adha 1445 H pada hari Mingu, 16 Juni 2024. Perayaan Idul Adha ini lebih cepat dari hasil sidang isbat Kementerian Agama (Kemenag).

"Betul, besok InsyaAllah (Sholat Idul Adha)," kata Kepala Kantor Masjid Agung Al Azhar, Tatang Komara saat dihubungi, Sabtu (15/6/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan, pelaksanaan sholat id ini merujuk pada Keputusan Pengurus Takmir Masjid Agung Al Azhar Nomor 086 tahun 2024. Dijelaskan, penentuan Hari Raya Idul Adha ini merujuk pada wukuf di Arafah yang jatuh pada Sabtu, 15 Juni 2024.

"Sekarang sedang wukuf di Arafah, maka kami mengikuti pelaksanaan wukuf di Arafah merujuk kepada tadi wukuf di Arafah hari ini dan untuk 9 Dzulhijjah 1445 H jatuh hari Sabtu, 15 Juni 2024 (Puasa sunnah 'Arafah)," ujar dia.

Tatang mengatakan, salat Idul Adha di Masjid Agung Al Azhar akan dilaksanakan pada Minggu 16 juni 2024 pukul 07.00 WIB.

Adapun yang bertindak sebagai khotib dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha kali ini adalah Dr H M Anwar R Prawira, M.A. dan imam adalah H Mukhtar Ibnu, M.Pd. "Khatib dari intern kami dan imamnya imam masjid kita Ustaz Ibnu," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diprediksi Diikuti 12 Ribu Jemaah

Tatang menuturkan, informasi ini telah disebarkan ke media sosial yang dikelolah oleh Masjid Al-Azhar. Informasi juga disebar lewat famflet dan flayer.

Tatang memprediksi, salat Idul Adha 1445 H ini akan diikuti sekitar 12 ribu jemaah. "Dan Alhamdulillah respons masyarakat. Kami akan prediksi mungkin ini lumayan besar dari segi animo," ujar dia.

"Kami sekarang sudah mempersiapkan secara fisik, lapangan sudah kita garis area-area halaman masjid sudah kita bersihkan, kita tentukan untuk menampung jamaah. Kemungkinan besar jamaah akan banyak, kami prediksi di angka 11 ribu sampai 12 ribu jemaah," kata Tatang menandaskan.

3 dari 3 halaman

Pemerintah Tetapkan Idul Adha 17 Juni 2024

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menetapkan 1 Zulhijjah 1445 Hijriah jatuh pada 8 Juni 2024. Dengan begitu, maka Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1445 H jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Keputusan itu disampaikan langsung Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Saiful Rahmat Dasuki usai mengikuti sidang isbat yang berlangsung di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama,  Jakarta Pusat, Jumat (7/6/2024).

Sidang isbat telah disepakati bahwa 1 Zulhijah 1445 Hijriah ditetapkan jatuh pada hari Sabtu tanggal 8 Juni 2024. Dan Insya Allah Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Senin tanggal 17 Juni 2024," ujar Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki.

Dia berharap, dengan hasil sidang isbat ini, maka semua umat Islam bisa merayakan Hari Raya Idul Adha bersama-sama.

"Tapi perlu juga diketahui seluruh masyarakat, jika di kemudian ada perbedaan dalam melaksanakan ibadah berkaitan dengan Hari Raya Idul Adha, kami harap semua bisa mengedepankan harmoni toleransi. Mudah-mudahan peringatan Idul Adha bisa berjalan dengan kondusif," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat