uefau17.com

Hari Lahir Pancasila, Jokowi: Indonesia Terus Perjuangkan Kemerdekaan Palestina - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan terus memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, khususnya bangsa Palestina. Jokowi menekankan Indonesia juga terus memperjuangkan perdamaian dunia.

"Indonesia konsisten dengan politik bebas aktif, memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa, termasuk kemerdekaan bangsa Palestina dan memperjuangkan perdamaian dunia," kata Jokowi saat menyampaikan amanat dalam Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan, Riau, Sabtu (1/6/2024).

Dia menyampaikan peran Indonesia dalam politik internasional semakin kokoh. Hal ini ditandai dengan keberhasilan Indonesia menjadi pemimpin G20 dan Ketua ASEAN pada tahun 2024.

"Dan (Indonesia) terus berkontribusi pada dunia, termasuk melalui World Water Forum yang baru saja kita selenggarakan (di Bali)," ujarnya.

Jokowi menuturkan keaktifkan dalam dunia internasional, tak menyurutkan perjuangan Indonesia untuk berdikari dalam bidang ekonomi. Dia menekankan Indonesia terus memperjuangkan kemandirian ekonomi, melalui industrialisasi di dalam negeri dan hilirisasi berbagai sektor.

"Kita harus menjamin kekayaan negara sepenuhnya untuk kemakmuran rakyat. Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa. Kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat," jelas Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi Jokowi memimpin Upacari Hari Pancasila 2024 di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Riau, hari ini Sabtu (1/6/2024). Dalam kesempatan ini, Jokowi tampak mengenakan baju adat Teluk Belange dari Kepulauan Riau.

Berdasarkan pantauan , baju adat yang dikenakan Jokowi bewarna hitam dengan motif emas. Jokowi melengkapi penampilannya denganpenutup kepala bernama Tanjak yang bewarna serta bermotif senada dengan bajunya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Busana Jokowi Saat Hari Lahir Pancasila

Untuk bawahannya, Jokowi memakai celana panjang dan kain songket. Sementara itu, selendang dan ikat pinggang yang dipakai Jokowi bewarna kuning.

Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara yakni, Kombes Pol Ananta Yudhistira. Saat ini, dia bertugas sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jambi.

Kemudian, Brigjen TNI Refrizal bertugas sebagai Perwira Upacara. Dia saat ini menjabat Kepala Staf Kodam (Kasdam) 1 Bukit Barisan.

Bertindak sebagai pembaca teks Pancasila adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo. Sementara itu, Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti bertindak membacakan naskah UUD 1945, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) bertugas membaca doa.

Selain Presiden, hadir pula Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian, Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, hingga Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian. Sementara itu, Wakil Presiden ke-6 RI tampak mengikuti upacara secara virtual.

Para menteri, pejabat negara, serta tamu undangan yang hadir juga memakai baju adat dari berbagai daerah di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat