uefau17.com

Puan Kunjungi China Women's University, Dukung Peningkatan Kapasitas Perempuan - News

, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani mengunjungi China Women's University (Universitas Perempuan China) dalam kunjungan kerjanya di Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Rabu 29 Mei 2024.

Peninjauan Puan ke kampus yang dijadikan sebagai basis pelatihan pemberdayaan perempuan tersebut sebagai langkah dukungan terhadap peningkatan kapasitas perempuan.

"Saya senang bisa hadir di kampus ini, melihat bagaimana upaya pemberdayaan bagi perempuan lewat pendidikan dan pelatihan-pelatihan," kata Puan dikutip dari siaran persnya, Kamis (30/5/2024).

China Women's University dipercaya menjadi basis pertukaran dan pelatihan pemberdayaan perempuan oleh Badan Kerja Sama Pembangunan Internasional China (China International Development Cooperation Agency/CIDCA) dan Federasi Wanita Seluruh China (All-China Women's Federation/ACWF).

Basis pelatihan itu didirikan dengan misi untuk memajukan tujuan pemberdayaan perempuan secara global. Sejak 2013, Universitas Perempuan China telah melatih hampir 1.300 mahasiswi dari 100 negara melalui berbagai program.

Pelatihan di China Women's University tersebut diharapkan dapat menyesuaikan program untuk negara-negara berkembang dengan fokus pada pembinaan kapasitas perempuan, kunjungan studi kelas atas, dan program pelatihan asing.

Lewat basis pelatihan ini juga diharapkan dapat tercipta platform untuk memberdayakan pertumbuhan perempuan, memajukan pemberdayaan perempuan, serta memfasilitasi pertukaran dan kerja sama di antara kaum perempuan.

Puan menilai program yang dilakukan China itu dapat mendukung kemajuan kompetensi perempuan.

"Program ini bagus untuk peningkatan kapasitas perempuan. Apalagi ada kerjasama antar negara untuk meningkatkan kapasitas perempuan," ucap Puan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perempuan Dukung Perempuan

Di China Women's University, Puan melihat proses kuliah dan pelatihan bagi mahasiswi perempuan di beberapa kelas. Ia bersama rombongan DPR RI juga meninjau gedung sejarah Universitas untuk melihat perkembangan kampus tersebut dari masa ke masa.

Puan juga sempat membuat semacam tulisan dalam bahasa China di salah satu kelas yang ia kunjungi. Dia memberikan semangat untuk para mahasiswi perempuan yang tengah mengikuti pembelajaran dan pelatihan.

"Perempuan harus selalu dukung perempuan," tegasnya.

Usai meninjau Universitas Perempuan China, Puan menghadiri undangan makan malam dari Duta Besar Indonesia untuk RRT, Djauhari Oratmangun beserta jajaran staf KBRI Beijing.

Puan mengajak seluruh perwakilan Indonesia di Tiongkok untuk bersinergi membangun bangsa. Termasuk melalui kerja-kerja pelayanan bagi WNI yang tinggal di RRT.

"Saya mengharapkan kita semua di Pusat maupun Perwakilan Indonesia di luar negeri dapat terus bersinergi dan saling melengkapi dalam membangun Indonesia," tutur Puan.

 

3 dari 3 halaman

Puan Ajak Diaspora Berkontribusi Bangun Bangsa

 

Puan mengatakan, saat ini dunia sedang menghadapi berbagai tantangan dan ketidakpastian baik dalam perekonomian, keamanan, lingkungan dan tumbuhnya generasi muda yang dinamis. Untuk itu, dia berharap semua pihak bersikap adaptif dalam menjajaki pemanfaatan berbagai perkembangan teknologi dan pengetahuan inovatif.

"Hal ini karena Tiongkok adalah salah satu mitra terpenting Indonesia. RRT memiliki potensi yang sangat besar dalam mendukung pengembangan teknologi, inovasi dan kapasitas generasi muda Indonesia, untuk bisa terus maju," ucap Puan.

Selain itu, dia mengajak seluruh diaspora Indonesia untuk tetap berkontribusi membangun bangsa. Kendati tinggal di luar negeri, Puan meyakini seluruh warga Indonesia akan tetap semangat membawa kemajuan bagi negara.

"Saya berharap KBRI Beijing dapat terus berkontribusi bagi kemajuan Indonesia," ujarnya.

Puan juga menyampaikan apresiasi atas dukungan KBRI untuk DPR RI yang tengah melakukan kerja diplomasi parlemen di Tiongkok. Ia berharap kunjungan kerja DPR ini dapat menghasilkan manfaat untuk Indonesia dan tugas-tugas dewan ke depan.

"Saya berharap kunjungan saya di Beijing akan semakin memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Tiongkok, yang kedepannya tentunya akan berkembang semakin dinamis," tutur Puan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat