uefau17.com

Seleksi 3.445 CASN 2024 Dibuka Pekan Kedua Mei, Ini Formasinya - News

, Jakarta - Pemerintah mengumumkan pembukaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dengan jumlah formasi mencapai 3.445 melalui jalur sekolah kedinasan untuk 30 sekolah kedinasan di bawah delapan kementerian/lembaga.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, mengatakan bahwa pembukaan seleksi dilakukan pada pekan kedua Mei 2024.

"Dengan alokasi sebanyak 3.445 formasi yang tersebar pada sekolah kedinasan," ungkap Anas di Jakarta,  Jumat (3/5/2024).

Dari total formasi tersebut, ia menjelaskan bahwa terdapat 722 formasi yang dibutuhkan untuk Politeknik Keuangan Negara/STAN di bawah Kementerian Keuangan. Sementara itu, terdapat 721 formasi untuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) yang berada di bawah Kementerian Dalam Negeri.

Selanjutnya, terdapat 400 formasi yang dibutuhkan untuk Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang berada di bawah Badan Intelijen Negara. Di tahun ini, Politeknik Siber dan Sandi Negara di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) juga membuka 105 formasi yang lebih banyak dari sebelumnya.

"Ini karena kami sedang mendorong digitalisasi yang aman," jelasnya yang dikutip dari Antara.

Selain itu, Politeknik Statistika di bawah Badan Pusat Statistik (BPS) juga membuka 355 formasi. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Ilmu Keimigrasian (Poltekim) di bawah Kementerian Hukum dan HAM juga membuka 400 formasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Seleksi CASN Dilaksanakan Juni-Juli

Anas juga menyebutkan bahwa terdapat 22 sekolah kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan yang menyediakan total 622 formasi. Dan ada 120 formasi yang dibutuhkan untuk Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) yang berada di bawah BMKG.

"Ini menjadi yang ditunggu, karena mereka yang lulus seleksi ketat akan langsung menjadi PNS," tambahnya.

Sementara itu, Anas menjelaskan bahwa seleksi CASN secara umum akan dilaksanakan pada bulan Juni atau Juli 2024 setelah instansi menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan formasi atau formasi pegawai ASN.    

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat