uefau17.com

Di Hadapan Surya Paloh dan Cak Imin, Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi - News

, Jakarta - Mantan calon presiden Anies Baswedan menyinggung soal konsistensi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam mengambil arah dan sikap di pemerintahan.

Dalam sambutannya di halal bihalal DPP PKS, Anies menyebut PKS tidak hanya siap menjadi bagian pemerintah melainkan juga menjadi oposisi.

“Catatan rekam jejak konsistensi, berdemokrasi itu salah satunya adalah siap berada di dalam pemerintahan dan selalu siap untuk berada di luar pemerintahan,” kata Anies di DPP PKS, Jakarta Selatan, Sabtu (27/4/2024).

Anies menyebut PKS adalah pihak yang konsisten saat memilih menjadi oposisi, hal itu menurutnya patut menjadi teladan. “PKS telah memberikan keteladanan berdemokrasi dengan menunjukkan sikap ketika berada di dalam posisi pemerintah jalankan tugas sebaik-baiknya, dan ketik berada di luar konsisten menjadi mitra sebagai oposisi,” ujarnya.

Selain itu, Anies juga menyinggung soal arah kebijakan partai pengusungnya yakni NasDem, PKB dan PKS di pemerintahan ke depan. Ia mengaku menunggu sikap resmi PKS.

“Ada dinamika dalam luar, termasuk ada persimpangan jalan baru yang lain sudah tahu akan ambil belokan yang manaz Kita tunggu PKS ambil jalan yang mana. Tapi yang pasti adalah konsistensi itu adalah salah stau karakter PKS,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasdem Bakal Usung Anies di Pilkada DKI?

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan tak tertutup kemungkinan pihaknya mengusung Anies Rasyid Baswedan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta.

“Ya probability (kemungkinan) ke arah itu masih ada saja," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, di Kantor DPP PKS, Jakarta, Sabtu (27/4/2024).

Sementara itu, berbeda dengan NasDem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyebut akan lebih mengutamakan mengusung dari kadernya sendiri.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Aboe Bakar Al-Habsyi mengatakan, beberapa nama yang akan diusung seperti Presiden PKS Ahmad Syaikhu hingga Sohibul Iman.

"Ya rencana di Jakarta kita nanti usahakan dari internal PKS, ada lah nanti. Bisa ada beberapa nama, ada Sohibul Iman, ada Pak Syaikhu, ada Pak Mardani bisa," kata Aboe.

Terkait kemungkinan PKS mengusung Anies di DKI, Abies mengaku masih menunggu perkembangan dan dinamika politik.

"Tentu situasi yang akan menyusul. Anies pastinya dia akan kembali, tetapi kami di PKS mengatakan Pak Anies sudah 25 persen sebagai tokoh nasional. Kasih kesempatan sekarang Anies mengantarkan PKS untuk jadi," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat