uefau17.com

PSQ Luncurkan Aplikasi Tafsir Al Misbah Karya Quraish Shihab: Dalami Makna Ayat Al-Qur’an Melalui Genggaman - News

, Jakarta - Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) meluncurkan Aplikasi Tafsir Al-Mishbah karya Prof Dr Muhammad Quraish Shihab, hari ini, Selasa (31/10/2023). Aplikasi ini dirancang untuk membuat ajaran Al-Qur’an lebih mudah diakses seluruh lapisan masyarakat pada era digitalisasi yang pesat.

Tafsir Al-Mishbah memiliki gaya bahasa penulisan yang mudah dicerna oleh segenap kalangan, dan menjadi salah satu karya tafsir paling komprehensif dalam mengulas setiap ayat Al-Qur’an, yang disertaidengan contoh konkret dan relevan dengan realitas sosial serta budaya Indonesia. Hal ini pun diturunkan ke dalam bentuk aplikasinya.

"Dengan hadirnya Aplikasi Tafsir Al-Mishbah sebagai manifestasi dari Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ), semoga dapat menjadikan Al-Qur’an lebih dekat dan mudah diakses oleh publik," kata Nasywa Shihab, Direktur Utama Penerbit Lentera Hati, sebagai penerbit buku Tafsir Al-Mishbah dalam keterangannya, Selasa (31/10/2023).

"Ini merupakan langkah penting untuk memperluas kesempatan dan keterjangkauan bagi masyarakatuntuk memahami makna setiap ayat dalam Al-Qur’an dengan lebih mudah dan fleksibel, di mana pun dankapan pun," dia mengimbuhkan.

Nasywa mengungkapkan, sesuai dengan arti kata Al-Mishbah yaitu pelita yang dapat memberi penerangan bagi yang berada dalam kegelapan. Hal ini sejalan dengan motivasi dari sang penulis saat membuat Tafsir Al-Mishbah.

“Harapannya, Tafsir Al-Mishbah dalam bentuk aplikasi ini dapat terus memberi kemudahan bagi umat Islam di mana pun, khususnya Indonesia, untuk mendapatkan pemahaman yang utuh dari setiap ayat dalam Al-Quran serta membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin timbul dalam pemikiran masyarakat sehingga merekadapat konsisten menjadikan Al-Qur’an sebagai panduan dalam menjalankan kehidupan," ujarnya.

 

Pusat Studi Al-Qur’an merupakan organisasi nirlaba yang konsisten menyebarkan ajaran Islam kepadamasyarakat Indonesia melalui berbagai program dan inisiasinya, salah satunya adalah aplikasi TafsirAl-Mishbah ini.

“Aplikasi ini terwujud tidak luput dari dukungan para donatur yang sejalan dengan nilaiyang dianut Pusat Studi Al-Qur’an dan menjadikan aplikasi ini sebagai wakaf produktif. Kamiberkomitmen untuk terus meningkatkan aksesibilitas dan kekayaan sumber belajar Al-Qur'an bagi para pembaca kami dengan terus melakukan perkembangan melalui program yang inovatif dan relevan,” tutup Nasywa.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keunggulan Tafsir Al Misbah

Sedangkan CEO Hukum Online yang juga Tech Advisor Tafsir Al-Mishbah Apps, Arkka Dhiratara mengungkapkan, Tafsir Al-Mishbah dengan berbagai keunggulannya, menjadikannya sebuah karya tafsir yang sangatistimewa. Ini juga tertuang dalam fitur yang terdapat dalam aplikasi ini.

“Melalui aplikasi ini, umat Muslim di Indonesia tidak hanya dapat mempelajari makna dari setiap ayat dalam Al-Qur’an di mana pun mereka berada, namun juga mendapat kemudahan dalam mencari pembahasan tertentu yang mengarahkan pada tafsir ayat sesuai dengan topik, sehingga target pengguna seperti masyarakat umum yang baru mulai belajar tentang Al-Qur’an, ataupun para akademisi yang mencari referensi, bisa mendapatkanjawaban atau arahan dengan cepat,” jelas Arkka.

Tafsir Al-Mishbah akan terus mengembangkan beragam fitur untuk mempermudah proses pembelajaranAl-Qur'an, termasuk akan tersedianya terjemahan tafsir dalam bahasa Inggris, serta penambahan materiaudio video kajian Tafsir Al-Mishbah yang telah disiarkan di salah satu stasiun TV nasional.

 

3 dari 3 halaman

Kedalaman Ayat Al Quran

Sementara itu, KH Ulil Abshar Abdalla yang juga Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyatakan bahasa Arab di dalam Al-Qur’an memiliki kedalaman dan nuansa yang sangat kaya sehingga menjadi tantangantersendiri bagi seorang mufasir untuk melakukan interpretasi dan penekanan terhadap apa yangsebenarnya dimaksud Al-Qur’an.

"Yang istimewa dari Tafsir Al-Mishbah adalah kemampuannya untuk menjelaskan secara terperinci makna-makna kata yang dikandung dalam Al-Qur’an. Terlebih penulisnya, Prof Quraish Shihab, terus terlibat dalam pengembangan-pengembangan Tafsir Al-Mishbah hingga menjadi bentuk aplikasi seperti sekarang. Keterlibatan penulis dapat dimaknai dengan jaminan konsistensi kualitas Tafsir Al-Mishbah dalam ragam platform sehingga bisa dinikmati oleh publik secara lebih luas. Termasuk ke depan rencana penerjemahan Tafsir Al-Mishbah ke dalam Bahasa Inggris," ucap dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat