uefau17.com

Deretan Aksi Nyentrik Emak-Emak Makassar Pulang Haji: Pamer Perhiasan Emas hingga Pakai 20 Lapis Baju - News

, Jakarta - Kelompok terbang (Kloter) ke 2 yang membawa 388 haji Debarkasi Makassar telah tiba di Tanah Air pada Kamis 6 Juli 2023 lalu. Mereka berasal dari Kabupaten Soppeng, Kabupaten Selayar, dan Kota Makassar.

Ada aksi nyentrik yang dilakukan sejumlah emak-emak usai pulang menjalankan ibadah haji dan menjadi perhatian masyarakat. Misalnya saja, aksi wanita bernama Suarnati Daeng Kanang yang memakai emas seberat 180 gram saat tiba di Makassar, Sulawesi Selatan.

Video emak-emak asal Makassar yang menggunakan perhiasan emas ini viral di TikTok. Seperti yang diunggah akun @info_apa_, wanita Suarnati memamerkan kedua tangannya yang dipenuhi dengan gelang dan cincin emas. Tak hanya itu bagian lehernya juga dipenuhi dengan emas.

Suarnati menyebut penampilan glamornya ini merupakan tradisi ketika pulang haji dari Tanah Suci, Makkah. Ia pun mengaku sudah menggelontorkan ratusan juta untuk emas-emas tersebut.

"Ratusan juta," ungkap Suarnati dalam video yang diunggah akun TikTok @photoaja88.

Suarnati mengucap, syukur telah menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci dan tiba dengan selamat di Indonesia. Namun, ia sempat mengalami kelelahan usai melakukan penerbangan selama 12 jam.

"Penerbangannya sampai 12 jam, sangat lelah, Alhamdulillah bisa sampai dengan selamat," kata Suarnati.

Selain Suarnati, ada sejumlah emak-emak lainnya yang aksinya mencuri perhatian usai pulang dari Tanah Suci. Berikut rangkumannya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jemaah Haji Asal Makassar Mira Hayati Bawa Oleh-Oleh Emas 1 Kg dari Tanah Suci

Jemaah haji asal Makassar, Mira Hayati, Sulawesi Selatan jadi viral karena membawa pulang emas seberat 1 Kg dari Tanah Suci. Informasi ini diunggah secara langsung oleh Mira Hayati melalui akun TikToknya @mirahayati91 dua hari lalu.

Jemaah haji viral Mira Hayati membeli kalung emas di sebuah toko perhiasan. Kalung emas tersebut dia jajal di toko emas.

"Assalamualaikum, Alhamdulillah hari ini kita beli emas lagi. Mau borong semuanya, masyaAllah Tabarakallah," kata Mira Hayati dalam video di TikToknya, saat mencoba kalung emas tersebut.

Pada video lainnya, Mira Hayati kembali memamerkan pembelian emas lainnya di sebuah toko perhiasan.

Kalung emas yang di pinggir-pinggirnya terdapat rangkaian emas batangan itu dipamerkan oleh penjaja toko perhiasan. Terlihat pula Mira Hayati melakukan pembayaran untuk emas tersebut dengan total Rp 366 jutaan.

"Alhamdulillah koleksi baru lagi, MasyaAllah Tabarakallah kita beli di Jeddah, ini totalnya 91.500 (real) berarti kalau dirupiahkan ini totalnya Rp 366 juta. Alhamdullillah," kata Mira Hayati.

Mira Hayati juga mencoba kalung tersebut, terlihat dalam video viral, perempuan berkerudung ini mengungkap nama toko perhiasan tempat dirinya membeli kalung emas besar tersebut.

"Cantikkan, Alhamdulillah dikasih rejeki sama Allah. InsyaAllah dibayar cash tunai," kata Mira Hayati.

3 dari 3 halaman

Emak-Emak Jemaah Haji Asal Makassar Pakai 20 Lapis Pakaian

Kisah unik dari jemaah haji Indonesia terus bermunculan di jagat maya. Salah satu yang tengah viral adalah emak-emak yang rela berbalut 20 lapis pakaian untuk mengakali kelebihan bagasi.

Hal tersebut terangkum dalam sebuah video yang diunggah akun TikTok husnihanis. Video berdurasi 54 detik tersebut menunjukkan jemaah haji yang disebut asal Makassar, Sulawesi Selatan, itu tengah duduk dengan pakaian berlapis-lapis membalut tubuhnya.

"Jamaah haji pakai baju, rok & celana berlapis-lapis gaes, Jamaah Makassar gaes, senggol dong. Trik jamaah haji Makassar bisa lolos di bandara sambil bawa oleh oleh gaes. Yg penting orang di rumah senang, hehe," demikian bunyi keterangan dalam unggahan itu.

Jemaah haji lainnya bahkan sengaja menghitung pakaian yang dikenakan oleh emak-emak itu. Aksi itu dilakukannya demi membawa oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

"Yang penting orang-orang di rumah senang, ambil oleh-oleh," katanya dalam video.

Jemaah haji yang menghitung pun terkejut dengan baju berlapis-lapis tersebut. "20 (lapis) astagfirullah," katanya.

Emak-emak itu pun menanggapi kekagetan orang sekitar dengan aksinya itu. "Biar sengsara begini yang penting orang di rumah senang ambil oleh-oleh," katanya sambil tertawa dan disambut riuhnya teriakan jemaah di sekitarnya.

Video itu mendadak sontak mencuri atensi warganet hingga telah ditonton lebih dari 2,1 juta kali. Kolom komentar pun dibanjiri lebih dari 1,6 ribu tanggapan beragam dari warganet soal aksi berbalut baju berlapis-lapis itu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat