uefau17.com

Viral Ormas Tutup Paksa Rumah Pemotong Hewan Saat Idul Adha, Ini Respons Dinas KPKP - News

, Jakarta - Beredar video viral di media sosial Rumah Potong Hewan (RPH) di Pulogadung, Jakarta Timur, dipaksa ditutup pada Hari Raya Idul Adha 1444 H, Selasa (27/6/2023) sampai Jumat (30/6/2023) oleh ormas setempat.

“Usaha orang tua saya, RPH ayam potong, hari ini DITUTUP paksa ormas gak jelas. tiba2 bbrp hr lalu dpt surat edaran gini, pdhl musyawarahnya aja gak diundang,” tulis Okki, dikutip Jumat (30/6/2023).

Selain RPH orang tuanya, Okki mengungkapkan bahwa RPH Unggas (RPHU) Rawa Kepiting yang dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta juga dipaksa ditutup.

Menanggapi hal itu, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Polres Jakarta Timur untuk meminta bantuan pengamanan.

“Kami sangat menyayangkan tindakan oknum ormas yang merugikan para pelaku usaha dan masyarakat serta mengganggu pelayanan umum. Kami telah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak Wali Kota dan Polres Jaktim untuk bantuan pengamanan,” kata Kepala Pusat Pelayanan Kesehatan Hewan dan Peternakan Dinas KPKP DKI Jakarta Renova Ida Siahaan, Jumat (30/6/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tegaskan RPHU Tetap Beroperasi

Renova juga menegaskan bahwa RPHU tidak libur dan tetap beroperasi. Ia pun meminta bantuan Satgas Pangan Polri dan Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk mengawal pasokan ayam hidup ke RPHU.

“Sekalipun pemasokan ayam terkendala RPHU tetap membuka pelayanan. Tidak libur. Semoga semua berjalan lancar,” tambahnya.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat