uefau17.com

Jokowi Resmikan Tambak Udang di Kebumen, Targetkan Per Hektare Hasilkan 40 Ton - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023). Jokowi mengatakan, tambak seluas 60 hektare ini ditargetkan dapat menghasilkan 40 ton udang per hektarenya.

"Di tambak udang yang berbasis kawasan ini telah diselesaikan ini kurang lebih 60 hektare yang akan menghasilkan udang 1 hektarnya kurang lebih kita harapkan di atas 40 ton," kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (9/3/2023).

Menurut dia, kawasan tambak udang ini menghabiskan anggaran Rp175 miliar. Jokowi menyampaikan tambak udang ini memiliki manajamen modern yang dapat dicontoh oleh provinsi-provinsi lain.

"Kawasan budidaya udang ini menghabiskan anggaran Rp175 miliar ini akan menjadi sebuah contoh yang nanti bisa di-copy untuk provinsi yang lain kabupaten yang lain," jelas dia.

"Sehingga manajemen modern yang kita lihat sekarang ini bisa nantinya di-copy untuk diterapkan di daerah lain kita," sambung Jokowi.

Adapun udang yang dibudidayakan yakni jenis vaname. Jokowi menuturkan pembudidayaan udang vaname membutuhkan air yang bersih dan manajemen yang detail.

"Diharapkan ini menjadi sebuah contoh yang baik bagi budidaya udang vaname yang memerlukan kebersihan air, yang memerlukan betul-betul manajemen yang detail. Dan kita harapkan ini menjadi contoh bagi kita semua," tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Agenda Jokowi Kunjungi Jateng

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah (Jateng), Kamis (9/3/2023). Jokowi diagendakan meninjau Panen Raya hingga meresmikan tambak udang di Kabupaten Kebumen.

Berdasarkan siaran pers Sekretariat Presiden, Jokowi bertolak ke Jawa Tengah dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.00 WIB.

Dia tiba di Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, sekitar pukul 08.00 WIB.

Kedatangan Jokowi disambut Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X beserta istri, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono beserta istri, Kapolda DIY Irjen Pol. Suwondo Nainggolan beserta istri, dan Danlanud Adi Sutjipto Marsma TNI Dedy Susanto beserta istri.

Dari bandara tersebut, Jokowi langsung menuju lokasi panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Selepas itu, dia beranjak menuju Tambak Budidaya Udang Berbasis Kawasan (BUBK) yang berlokasi di Desa Plesung, Karangrejo, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen untuk meresmikannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat