uefau17.com

Jokowi Yakin Kawasan Likupang, Minahasa Utara Akan Ramai Didatangi Turis Asing - News

, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi optimistis kawasan Likupang akan ramai didatangi turis mancanegara, dari Eropa maupun negara-negara Asia seperti China, Jepang, dan Korea.

Terlebih, penerbangan langsung dari China akan kembali dibuka mulai Februari 2023.

BACA JUGA: 66.611 Jemaah Haji Sudah Pulang ke Indonesia, Tugas Baru untuk Luhut dari Jokowi

Hal ini disampaikan Jokowi usai meninjau kawasan Likupang, yang terletak di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023).

"Turis dari Tiongkok, dari China sudah mulai Februari dibuka lagi. Ada tiga atau empat pesawat yang akan kembali datang mulai awal Februari dan ini kan yang dari Singapura sudah," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (19/1/2023).

Likupang merupakan salah satu destinasi super prioritas (DSP) yang ditetapkan pemerintah selain Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah (Jateng), Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT)

Sebagai DSP, pemerintah pun menyiapkan infrastruktur pendukungnya, seperti bandara hingga jalan akses.

"Infrastruktur yang ada di Sulawesi Utara baik airport-nya sudah dibenahi dan sekarang siap untuk menampung terminalnya dalam jumlah yang besar," ujar Jokowi.

"Kemudian dari airport menuju ke Likupang ini bisa lewat darat yang jalannya sebagian sudah diperbaiki. Saya kira kalau dibandingkan sebelumnya jauh sekali, sekarang sudah mulus," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalur Laut Percepat Waktu Tempuh

Selain jalur darat, pemerintah juga menyiapkan jalur laut yang bisa mempercepat waktu tempuh dari kota menuju Likupang menjadi hanya 15-20 menit. Jokowi meyakini hal tersebut akan turut menarik investor untuk berinvestasi di Likupang.

"Ini bisa menarik investasi, menarik investor dan kita harapkan seperti Marriot, (hotel) bintang lima ini tidak hanya satu, tetapi nanti juga yang lain-lain bintang empat, bintang tiga, atau yang resor, semuanya ada di kawasan Likupang ini," tutur dia.

Jokowi menuturkan bahwa semua tujuan wisata di semua negara sempat terpuruk karena pandemi Covid-19. Namun, kata dia, pemulihan di sektor pariwisata Indonesia jauh lebih cepat dibanding negara lainnya.

Bahkan, Jokowi menyebut Bali saat ini sudah dipenuhi dengan wisatawan. Dia pun berharap semua destinasi wisata yang sebelumnya terdampak pandemi bisa segera pulih dan normal.

"Sekarang Bali sudah _full_ wisatawan, meskipun belum seperti prapandemi, tetapi sudah lebih di atas 60-70 persen. Di tempat-tempat lain juga sama. Kita harapkan akan kembali secepatnya normal sehingga semua destinasi wisata kita bisa pulih kembali atau lebih meningkat dari sebelum pandemi," pungkas Jokowi.

3 dari 3 halaman

Biasa Pakai Putih, Jokowi Kenakan Kemeja Merah Saat Kunker ke Sulut

Sementara itu, ada sisi berbeda yang diperlihatkan Jokowi saat melakukan kunjungan ke Provinsi Sulawesi Utara.

Diketahui, Jokowi kerap identik memakai kemeja warna putih, baik saat melakukan kegiatan kepresidenan maupun kunjungan kerja. Namun, dalam kunjungannya kali ini, Jokowi mengenakan kemeja berwarna merah.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, tidak ada alasan khusus Jokowi memakai kemeja warna merah. Menurut dia, kemeja itu dibeli Jokowi saat berkunjung ke salah satu pusat perbelajaan atau mal di Jakarta beberapa hari lalu.

"Tidak ada alasan khusus. Itu kemeja yang dibeli langsung Bapak Presiden ketika berkunjung ke Grand Indonesia. Jadi dipakai hari ini," kata Bey kepada wartawan, Kamis (19/1/2023).

Jokowi sendiri menyadari kerap memakai kemeja putih. Untuk itu, dia ingin memakai kemeja berwarna lain.

"Bapak Presiden sampaikan: masak putih terus? Sekali-kali warna lain. Bagus kan?" ujar Bey menirukan ucapan Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat