uefau17.com

Infografis Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023 - News

, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG mengeluarkan peringatan dini dan potensi cuaca ekstrem. Prediksi cuaca ekstrem terjadi di sejumlah provinsi menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2023.

"Perlu kami sampaikan adanya potensi cuaca ekstrem pada saat mudik Natal dan Tahun Baru sampai arus balik," ucap Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Selasa 20 Desember 2022.

Menurut Dwikorita, cuaca ekstrem tersebut antara lain berupa angin kencang, hujan lebat, dan petir yang dapat menyebabkan bencana hidrometeorologi. Misalnya, banjir, tanah longsor, serta gelombang tinggi di perairan laut.

BMKG memprediksi cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sebagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara. Serta, Maluku dan Papua pada 21-23 Desember 2022.

Selanjutnya pada 24 Desember 2022, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Selatan. "Jadi, 24 ada 3 provinsi, tanggal 21-23 ada 12 provinsi," ujar Kepala BMKG.

Dwikorita juga mengungkapkan saat ini Indonesia sedang memasuki puncak musim hujan. Dengan demikian, ada beberapa provinsi yang berpotensi mengalami hujan lebat hingga ekstrem pada periode 25 Desember 2022-1 Januari 2023.

Mana saja provinsi yang berpotensi terjadi hujan lebat hingga ekstrem? Apa saja 4 anomali cuaca pemicunya? Bagaimana mitigasi bencana dan antisipasi cuaca ekstrem sesuai rekomendasi BMKG? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Waspada Cuaca Ekstrem di Indonesia Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Anomali Cuaca Pemicu Potensi Cuaca Ekstrem di Indonesia

4 dari 4 halaman

Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat