uefau17.com

Wapres Ma'ruf Amin Kurban Sapi Simmental Seberat 1 Ton di Masjid Istiqlal - News

, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyalurkan hewan kurban berupa satu ekor sapi ke Masjid Istiqlal, Jakarta dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.

Adapun sapi kurban yang disumbangkan Ma'ruf Amin berjenis simmental dengan berat mencapai 1 ton.

Penyerahan sapi ini diwakili oleh Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Sekretariat Wakil Presiden, Purwono Prihantoro dan diterima oleh Kepala Bidang Sosial dan Pemberdayaan Umat Masjid Istiqlal Laksma TNI (Purn) Asep Saipudin pada Sabtu (09/07/2022).

"Sapi tersebut diperoleh dari peternakan di Bogor, Jawa Barat untuk diserahkan kepada panitia kurban Masjid Istiqlal," kata Purwono dikutip dari siaran pers, Sabtu.

Total ada 18 ekor sapi dan 7 ekor kambing yang diserahkan Ma'ruf Amin pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Berat sapi kurban tersebut berkisar antara 780 kilogram hingga 1 ton dengan jenis bervariasi seperti limousine dan simmental.

Purwono menyampaikan, seluruh hewan kurban yang disalurkan Wapres Ma'ruf telah diperiksa oleh Dinas Peternakan atau Dinas Ketahanan Pangan setempat dan dinyatakan sehat. Sehingga, memenuhi syarat untuk menjadi hewan kurban.

Selanjutnya, hewan-hewan kurban tersebut didistribusikan ke sejumlah masjid. Mulai dari, Masjid Istiqlal, Masjid Sunda Kelapa, Majelis Ulama Indonesia, PBNU, PP Muhammadiyah, serta beberapa masjid di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Berhaji

Seperti diketahui, Ma'ruf Amin dan Ibu Wury saat ini sedang menjalani ibadah haji di tanah suci Mekkah. Ma'ruf menegaskan bahwa menyembelih hewan kurban merupakan pelaksanaan tuntunan agama sebagai wujud kepatuhan dan ketaatan kepada Allah SWT.

Selain itu, berkurban juga mengandung dampak sosial yang positif karena dagingnya dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

"Kurban dapat menjadi bukti kepekaan sosial bagi kita untuk berbagi dan peduli kepada sesama apalagi pasca pandemi seperti sekarang ini," ungkap Ma'ruf.

Untuk itu, kata dia, menyembelih hewan kurban hukumnya sunnah muakkad (sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan). Bahkan, ada ulama yang mewajibkan karena besarnya manfaat yang dihasilkan.

"Umat Islam sangat dianjurkan setidak-tidaknya sebagai sunnah muakkadah untuk menyembelih kurban. Bahkan di antara ulama ada yang mewajibkan untuk menyembelih kurban," tutur dia.

 

3 dari 3 halaman

Jokowi Salurkan 35 Sapi Kurban

Sementara itu, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan 35 ekor sapi pada Idul Adha 2022. Sebanyak 34 sapi diberikan ke setiap provinsi di Indonesia, sementara sisanya disumbangkan ke Masjid Istiqlal.

"Sebagaimana secara rutin dilaksanakan setiap tahun, menjelang Hari Raya Idul Adha 1443H kali ini Presiden akan memberikan bantuan sapi ke seluruh Provinsi," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan, Selasa (5/7/2022).

Menurut dia, satu sapi yang disumbangkan Jokowi memiliki berat 800 kilogram hingga 1 ton. Heru menyampaikan masjid yang menerima sapi dari Jokowi ditetapkan oleh gubernur masing-masing daerah.

Seperti diketahui, pemerintah telah resmi menetapkan 1 Dzulhijah 1443 Hijriah/2022 Masehi jatuh pada Jumat 1 Juli 2022. Dengan begitu, maka Hari Raya Idul Adha jatuh pada Minggu 10 Juli 2022 setelah diputuskan melalui sidang isbat, Rabu 29 Juni 2022.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat