uefau17.com

Mahasiswi UI Berprestasi Terbitkan Belasan Jurnal Ilmiah Terindeks Scopus, Warganet Penasaran Cara Belajarnya - Lifestyle

, Jakarta - Tak hanya selebritas dan influencer yang viral, seorang mahasiswi juga bisa jadi sorotan. Salah satunya adaalah Shakira Aminah, mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI). Namanya jadi sorotan online berkat pencapaian menulis belasan publikasi ilmiah.

Hal itu bisa dilihat di unggahan akun X, dulunya Twitter, @nawaldriva, Selasa, 18 Juni 2024, yang mengunggah poster Shakira sebagai salah satu peserta Clash of Champions, kompetisi University War versi Indonesia. Di sana tertulis bahwa mahasiswa Fakultas Kedokteran itu memiliki indeks prestasi komulatif (IPK) sebesar 3.82. Ia juga pernah memenangkan sejumlah perlombaan.

Shakira pernah menempati posisi pertama sebagai mahasiswa berprestasi di kampusnya. Ia juga sempat berada di posisi ketiga sebagai Mahasiswa Berprestasi Nasional 2023. Bukan itu saja, Shakira memiliki pencapaian lain, yaitu menulis 13 publikasi ilmiah terindeks di Scopus.

Sebagai informasi, Scopus adalah sebuah database jurnal ilmiah yang memenuhi standar dan reputasi jurnal internasional. Didirikan sejak 2004, Scopus mengindeks lebih dari 24 ribu jurnal ilmiah, konferensi, dan seri buku dari lebih dari lima ribu publisher di seluruh dunia.

Pencapaian Shakira yang pernah menerbitkan belasan jurnal ilmiah terindeks Scopus ini langsung menyita perhatian pemilik akun X tersebut. Ia tampak kagum dengan prestasi Shakira.

"FKUI, 13 karya ilmiah Scopus apa banget co*," tulisnya. Sejumlah warganet juga kagum dengan pencapaian salah satu peserta acara buatan Ruang Guru tersebut.

"Kagum banget sama orang-orang kayak gini. Kayak pintar banget, bingung kesehariannya gimana ya dia. Pasti di balik kehebatannya juga ada orang tau dan financial yang mendukung sih. How lucky she is," komentar seorang warganet.

"Bau duit dan kepintarannya sampai sini. Pintar gini belajarnya gimana sih," tanya warganet lain. "Ya ampun keren banget sih. Spill makannya apa Kak," ujar warganet lainnya. "Orang2 kaya gini pasti gatau dan gaada waktu buat liatin isi TL komunitas marah2 d aplikasi X ,” tulis yang lain. "Tembus 1 aja udh keren bgt, ini 13??? gilaaaaaaaa beyond proud," timpal warganet lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menembus Seleksi Ketat

Tahun lalu, mahasiswi angkatan 2020 tersebut berhasil meraih peringkat ke-3 nasional pada ajang bergengsi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES), kategori sarjana. Puncak acara PILMAPRES 2023 yang diselenggarakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berlangsung pada 24 hingga 28 Juli 2023 di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Ajang ini jadi momen bersejarah dan pengalaman berharga bagi Shakira. Ia berhasil menembus seleksi ketat, bersaingan dengan para mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

"Perjalanan Pilmapres bukan perjalanan yang mudah, banyak tantangan dan rintangan yang berkali-kali membuat saya bertanya pada diri saya sendiri, 'Apakah saya mampu?'" kata Shakira, dikutip dari laman resmi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rabu, 19 Juni 2024.

"Kembali lagi pada suatu hal yang selalu saya percayai, tugas manusia hanya berusaha dan hasil akan ditentukan Yang di Atas. Sampai menyelesaikan Pilmapres ini, bagi saya sendiri adalah suatu hal yang tidak pernah saya sangka," sambungnya.

3 dari 4 halaman

Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi

Di ajang PILMAPRES Nasional, Shakira mengembangkan kampanye inspiratif berjudul "INVERSE: Illuminate Lives, Prevent Breast Cancer." Kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat, terutama kalangan wanita, tentang kanker payudara.

Informasi seputar skrining, diagnosis, dan tata laksana kanker payudara diuraikan secara komprehensif dalam kampanye yang diusung dengan semangat "#UniteForPink, Ignite the Fight!" Menurut Shakira, deteksi dini kanker payudara dapat dilakukan di daerah rural dan dengan memberdayakan keberadaan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Hal ini mengingat tingginya angka kanker payudara, yang juga jadi penyebab kematian pertama akibat kanker dan pembiayaan BPJS kedua di antara semua penyakit. Shakira adalah Mahasiswa Berprestasi Utama FKUI tahun 2023 yang kemudian kembali meraih prestasi sebagai Juara 1 Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Utama jenjang Sarjana di tingkat Universitas Indonesia (UI).

Sebagai Mapres Utama UI, Shakira mewakili univeritas itu untuk berkompetisi di tingkat selanjutnya, yaitu PILMAPRES LLDikti Wilayah III dan meraih Juara 1.

4 dari 4 halaman

Wawancara dan Pidato dalam Bahasa Inggris

Berkat prestasinya itu, Shakira mewakili UI mengikuti ajang Pilmapres Nasional di Makassar. Shakira juga berbagi pengalaman dalam menghadapi PILMAPRES Nasional 2023,

"Proses persiapan presentasi gagasan jadi pembelajaran berharga bagi saya. Bantuan dari para dosen FKUI, dosen UI, serta bantuan dari IMERI dalam pembuatan prototipe telah membantu saya mencapai hasil yang maksimal," tuturnya.

Seleksi capaian unggulan beserta verifikasi berkas, termasuk wawancara dan pidato spontan dalam bahasa Inggris mengenai topik Sustainable Development Goals (SDG) selama 7 menit dengan 2 menit persiapan, merupakan bagian penting dari perjalanan Shakira. Ia mengungkap rasa haru dan bangganya telah berhasil menorehkan prestasi di ajang ini.

"Banyak bantuan dan bimbingan yang saya terima, support mental dan fisik tidak henti dari FKUI dan para dosen, serta staf hebatnya, dukungan dari para pembimbing Pilmapres UI, dan teman-teman FKUI. Saya bersyukur bisa ada di titik ini bersamaan doa-doa dan dukungan yang telah diberikan," tutup Shakira.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat