uefau17.com

Kesaksian Bocah 9 Tahun Lihat Ayahnya Terbakar Hidup-Hidup Saat Israel Serang Rafah - Lifestyle

, Jakarta - "Ayahku sudah meninggal. Aku harus pergi ke mana sekarang?" sebut Omar Hamad, bocah berusia sembilan tahun yang baru saja mengalami hari terburuk dalam hidupnya. Ia menyaksikan ayahnya terbakar hidup-hidup saat Israel menyerang kamp pengungsi di Rafah, Minggu, 26 Mei 2024.

Melansir Al Jazeera, Minggu (2/6/2024), momen Omar menangis meraung terekam kamera seorang fotografer, yang mana klip itu telah jadi viral di media sosial. Saat diwawancara outlet itu, anak Gaza ini mengaku tidak tahu harus ke mana. "Saya tidak tahu bagaimana saya bisa hidup tanpanya (ayah Omar)," kata dia. "Saya hanya bisa menangis."

Disebutkan bahwa ayah Omar sedang berada di tenda temannya ketika serangan terjadi. Tidak ada orang dari tenda tersebut yang selamat. "Saat berada di tenda temannya, ayah mengatakan padaku, 'Pulanglah (ke tenda mereka), berjaga-jaga sesuatu terjadi,'" ia bercerita.

Menuruti nasihat ayahnya, Omar berjalan ke tenda mereka ketika bom jatuh di tenda di mana ayahnya berada. "Aku berlari dan menangis dalam keadaan panik," kenangnya. "'Mana ayahku?' Kemudian, api mulai muncul dari dalam tenda."

"Orang-orang hampir tidak bisa menariknya keluar. Mereka kemudian menyiramnya (ayah Omar) dengan air seadanya saat ia berhasil keluar tenda," ia menyambung. Saksi mata serangan di selatan Palestina itu mengatakan bahwa beberapa orang menderita luka bakar terlalu parah untuk bisa selamat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Diizinkan Ikut ke Rumah Sakit

Petugas medis dilaporkan tidak mengizinkan Omar melihat saat-saat terakhir ayahnya di rumah sakit, karena kondisinya sudah "tidak mungkin diselamatkan." "Aku duduk menciumnya dan memeluknya (saat api berhasil padam)," ungkap bocah laki-laki itu.

"Mereka (petugas medis) mengangkutnya, sementara aku menangis mengejar ayahku. Mereka tidak membiarkanku berada di sampingnya. Aku tidak sanggup. Aku beri tahu semua orang bahwa aku mau berada di sisi ayahku. Aku tidak tahu bagaimana duduk tenang tanpanya."

Omar pada akhirnya duduk sendiri sambil menangis sampai ia terlelap. Ia mengatakan bahwa dirinya tidak pernah membayangkan hidup tanpa ayahnya. "Aku terus menemaninya," kata bocah itu sambil menangis. "Ia selalu membawaku setiap kali ia menemui teman-temannya."

"Ia selalu mengajakku ke mana pun ia pergi. Sebelum ia meninggal dalam keadaan syahid, kami sering keluar untuk bermain. Aku tidak pernah membayangkan hari ayahku akan pergi dan meninggalkanku," imbuhnya. Omar merupakan satu dari ribuan anak di Gaza yang mengalami trauma berat.

3 dari 4 halaman

Mau Kembali ke Rumah

Al Jazeera mencatat, setidaknya ada 25 ribu anak jadi yatim piatu sejak serangan Israel dimulai pada 7 Oktober 2023. "Aku berharap perang segera selesai. Aku ingin kami semua bisa kembali pulang ke rumah kami dan menjalani keseharian yang normal," harapnya.

Sebelum ini, YouTuber Fuadh Naim telah berbagi surat wasiat seorang anak Gaza yang meninggal dalam serangan Israel di akun media sosialnya, Selasa, 18 Mei 2024. Tulisan berbahasa Arab itu diterjemahkannya jadi Bahasa Indonesia, berbunyi, "Wasiatku untuk kalian."

"Jika kelak aku meninggal, pergi, dan menjadi syahid dalam peperangan ini, aku tidak akan pernah memaafkan semua penguasa Arab yang telah mengkhianati kami. Kami jalani hari-hari yang sulit tanpa makanan atau minuman, serta dalam pengepungan."

"Hingga rambutku beruban, meski aku masih kecil," ungkapnya. "Demi Allah, aku akan mengadukan kalian pada Pencipta tujuh langit. Maafkan aku, wahai ibu. Sesungguhnya aku sangat mencintaimu ibu. Ibu jangan sampai bersedih karena berpisah dengannya."

"Pesanku pada rakyat Mesir, rakyat Yaman, rakyat Yordania, rakyat Aljazair, rakyat Libya, rakyat Lebanon, rakyat Tunisia, Sudan, Somalia, dan Malaysia, kami adalah amanah untuk kalian. Jangan pernah tinggalkan Gaza sendirian. Ini adalah amanah bagi kalian."

"Jangan pernah melupakan Gaza. Aku berwasiat pada kalian untuk menjaganya. Ini adalah amanah dan janganlah kalian khianati kami. Siapa pun yang menemukan pesanku, silakan bagikan. Aku akan menjadi syahid, insya Allah. Muhammad Abdul Qadir Al-Husseni, tanggal 25/3/2024," tutupnya.

4 dari 4 halaman

Frustasinya Anak-Anak di Gaza Utara

Di cerita berbeda, seorang anak kecil asal Gaza Utara bernama Wassim mengatakan ia ingin meninggal saja saking frustasi karena perang. "Aku harap kami mati saja, aku ingin mati. Karena kami tidak punya apa-apa untuk dimakan atau diminum," ujar Wassim dalam sebuah video yang diunggah akun Instagram @hema.alkhalili, 10 Mei 2024. "Aku lelah hidup karena perang."

"Perang menghancurkan kami dan menghancurkan rumah kami," ujar anak lain yang juga ada di video. Di rekaman, anak-anak iitu terlihat sedang berkumpul di pantai untuk mengangkut makanan dan minuman.

Perjuangan anak-anak Gaza Utara dalam mengambil paket bantuan di pantai bukanlah hal mudah. Di video lain yang diunggah @hema.alkhalili, 12 Mei 2024, ia mewawancarai orang-orang yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk mengambil bantuan.

Ada satu anak yang menceritakan bahwa ia hampir tenggelam ketika berusaha mengamankan sekotak bantuan. "Saya datang ke sini untuk meminta bantuan, tapi itu jatuh ke laut. Kami masuk dan saya hampir tenggelam, tapi seorang Samaria yang baik hati datang dan menyelamatkan saya," ujar seorang remaja laki-laki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat