uefau17.com

Trik Mengamankan Koper Agar Tak Dijebol Orang - Lifestyle

, Jakarta - Ketika Anda jalan-jalan atau liburan bersama keluarga ataupun teman-teman, koper menjadi hal yang sangat penting apalagi ketika liburan dalam jangka waktu cukup lama. Anda juga perlu waspada terhadap barang bawaan karena kasus pencurian sedang marak saat ini.

Sebagai tempat penyimpanan barang, keamanan koper menjadi sangat penting, terutama di tempat-tempat ramai seperti bandara, stasiun kereta, dan terminal bus, di mana potensi pencurian lebih tinggi. Mengingat pentingnya masalah ini, seorang founder brand koper lokal Baller, Billy Wijaya, berbagi mengenai trik mengamankan koper dari pembobolan.

Billy mengatakan bahwa langkah paling efektif dalam mengamankan koper adalah dengan memilih koper yang tidak memakai ritsleting. Koper dengan resleting akan mudah dibuka dan dibobol.

"Mengamankan koper paling efektif adalah dengan tidak menggunakan koper zipper sih. Dengan tambahan gembok pun kalau zipper masih kurang efektif. Walaupun pakai PIN, kalau zipper masih bisa dijebol," jelasnya kepada Tim Lifestyle , 22 Mei 2024.

Billy menambahkan, solusinya yaitu menggunakan koper yang sudah memakai kunci Transportation Security Administration (TSA).

"Kalau non-zipper, masih bisa dijebol juga tapi butuh effort yang sangat besar untuk jebol koper non-zipper," tambahnya.

Kunci TSA memungkinkan petugas keamanan bandara untuk membuka koper Anda tanpa merusaknya. Pilih kunci berkualitas tinggi untuk menambah lapisan keamanan tambahan. Pastikan Anda menggunakan kunci yang telah disertifikasi oleh TSA untuk menghindari masalah di bandara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Lupa Rawat Koper

Selain pengamanan koper, Anda juga harus memperhatikan soal perawatan koper. Banyak orang yang mengabaikan  hal ini, tapi ini adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan. Billy juga membagikan tips membersihkan koper agar tidak mudah rusak.

Menurut Billy, Anda bisa pakai koper sepuasnya seperti menggunakan koper di jalanan aspal, paving block, pasir dan lainnya. Yang paling harus diperhatikan yaitu setelah penggunaannya.

"Perhatikan after use, simpan di tempat yang tidak lembap karena rodanya itu biasanya bahannya karet, jadi kalau lembap gampang ngelupas. Terus selalu bersihin kopernya karena kotoran-kotoran yang nempel kalau enggak dibersihin itu nempelnya lama dan susah hilang," jelas Billy.

Dia juga menyarankan agar bagian dalam kopernya juga dibersihkan setelah digunakan. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya.

"Kalau abis travelling kan suka banyak baju-baju kotor, nah itu dibersihkan biar gak ada kotoran atau kuman," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Pilihlah Koper yang Tepat

Selain tips merawat koper, Billy juga membagikan cara memilih koper. Memilih koper yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan Anda. Koper yang baik tidak hanya memudahkan Anda membawa barang-barang, tetapi juga melindungi barang berharga dari kerusakan dan pencurian. 

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah pemilihan bahan material koper. Bahan yang kuat dan kokoh akan menjadikan koper Anda bertahan lama dan tidak mudah rusak. Billy menyarankan agar memilih koper dengan bahan alumunium atau polikarbonat. 

Jika Anda mencari koper untuk muatan barang yang banyak, Anda bisa pilih koper berbahan alumunium. Sedangkan, bagi Anda yang sedang mencari koper dengan mengedepankan estetika, bisa pilih koper berbahan polikarbonat.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah bagian-bagian yang seperti kualitas roda, pegangan, dan lainnya. Seringkali bagian ini terabaikan, namun ini sangat penting karena kebanyakan orang ganti koper itu hanya karena ada bagiannya yang rusak, bukan badan kopernya rusak, kata Billy.

Terakhir adalah sesuaikan dengan kebutuhan dan pastikan pengamanannya terjamin. "Kondisi bagasi pesawat di Indonesia itu berbeda dari negara lain, jadi kalau punya kebutuhan keamanan salah satunya yaitu koper yang dilengkapi TSA lock," ujar Billy.

4 dari 4 halaman

Cara Unik Jemaah Calon Haji Agar Kopernya Tidak Tertukar

Berbicara mengenai koper, ada cerita unik dari para jemaah calon haji untuk membuat nyaman, aman, dan memisahkan barang bawaan pribadi mereka. Seperti yang dilakukan para jemaah calon haji asal Kabupaten Tangerang, Banten, mereka memberi tanda tas dan koper mereka dengan sapu tangan atau pun kain dari rumah.

Saat tiba di lokasi pelepasan, para jemaah calon haji Kabupaten Tangerang di kawasan Pemerintah daerah setempat, beberapa jamaah memiliki cara unik untuk menandai koper mereka agar tidak tertukar. Pada bagian atas koper, dipasang atau diikat benda-benda seperti sapu tangan bermotif, dompet, sampai topi.

Seperti salah satu jemaah calon haji Arifin, pada bagian atas kopernya diikatkan sapu tangan yang kerap kali ia gunakan. Pria berusia 80 tahun ini melakukan hal tersebut agar koper miliknya tidak tertukar dengan koper milik jamaah yang lainnya.

"Saya taruh sapu tangan, biar enggak ketuker, biar saya juga inget, saya kan sudah tua, takut bingung nanti," kata Arifin, Senin, 13 Mei 2024, dilansir dari kanal News ..

Dalam proses keberangkatan haji pun, pihak Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang memberikan pembatasan kepada para pengantar. Hal ini agar jemaah mudah mengikuti alur keberangkatan menuju bus.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat