uefau17.com

Bukan Dimarinasi Tepung Maizena, Begini Trik Goreng Daging Agar Empuk dengan Tambahan 1 Bahan Dapur - Citizen6

, Jakarta Selain kaya nutrisi dan rasanya yang enak, mengolah daging merah seringkali menjadi hal yang susah-susah gampang.

Bagaimana tidak, daging merah, seperti sapi dan kambing, cenderung memiliki serat yang tebal dibanding daging ayam dan ikan. Hal tersebut menyebabkan daging jadi susah empuk saat dimasak. 

Namun tak perlu khawatir lagi, sudah banyak trik-trik di internet tentang cara mengolah daging agar teksturnya tidak alot dan enak saat dikonsumsi. Salah satunya ada trik dari warganet Instagram, @savira_malik. 

Tak hanya trik melembutkan daging, warganet tersebut juga turut membagikan cara memasaknya yang simpel, namun tetap enak dan menggugah selera. Simak penjelasan selengkapnya, dirangkum pada Rabu (26/6/2024) sebagai berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Gunakan Soda Kue

Pertama, sebelum dimasak, marinasi daging terlebih dahulu dengan soda kue. Caranya, siapkan daging 350 gram daging sapi, lalu iris tipis-tipis. Kemudian, taburi dengan soda kue hingga merata dan diamkan selama 60 menit.

3 dari 10 halaman

Siapkan Bumbu Tumis

Sembari daging dimarinasi, siapkan bumbu masaknya sebagai berikut:

  • 6 siung bawang merah iris
  • 3 siung bawang putih iris
  • 2 batang serai iris
  • 10 lembar daun jeruk iris tipis-tipis
  • 5 buah cabai rawit iris
4 dari 10 halaman

Tumis Bumbu

Berikutnya, panaskan wajan dan tambahkan minyak goreng secukupnya. Kemudian, bumbu yang sudah diiris bisa lanjut ditumis sampai harum.

5 dari 10 halaman

Masukkan Daging

Jika bumbu sudah mulai wangi, tambahkan irisan daging yang sudah dimarinasi selama 1 jam tadi. Lanjut tumis sampai daging matang merata dan berubah warna.

6 dari 10 halaman

Bumbui dan Sajikan

Terakhir, saat daging sudah hampir matang, bumbui dengan garam, lada, penyedap, dan saus tiram. Aduk perubahan warna daging merata, lalu tambahkan perasan jeruk nipis. Tumis daging yang empuk dan lezat siap disajikan. Selamat mencoba!

7 dari 10 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Memasak Daging

8 dari 10 halaman

Dikasih Apa Daging Sapi Biar Empuk?

Daun pepaya memiliki kandungan zat aktif berupa enzim proteolitik papain yang dapat memecah kolagen pada daging sapi, membuat jarak antar serat otot lebih renggang. Hal ini menjadikan tekstur daging lebih lembut dan empuk.

9 dari 10 halaman

Apakah Garam Membuat Daging Cepat Empuk?

Garam dikenal mampu memecah protein pada daging. Protein ini menyebabkan tekstur daging menjadi sangat keras. Ketika protein tersebut diuraikan, tekstur daging menjadi lebih lembut dan lebih mudah untuk dimasak.

10 dari 10 halaman

Apa yang Membuat Daging Alot?

Banyak orang yang merasa daging sapi irisannya terasa keras saat disantap. Ternyata, hal ini justru bisa jadi disebabkan oleh waktu memasak daging yang terlalu lama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat