uefau17.com

Perjalanan Karier Seungri eks BigBang, Idol Kpop yang Masuk Bui karena Prostitusi dan Terlibat Skandal Burning Sun - Lifestyle

, Jakarta - Seungri, eks personel BigBang kembali jadi sorotan usai perilisan film dokumenter BBC yang mengungkap fakta baru skandal Burning Sun. Seungri ikut terlibat dalam kasus yang terjadi pada 2019 tersebut.

Bukan hanya kali ini idol Kpop tersebut dikaitkan dengan pemberitaan negatif. Seungri bahkan sempat masuk penjara karena kasus prostitusi.

Mengenai perjalanan kariernya, mengutip laman KProfiles, Senin, (20/5/2024), pemilik nama lengkap Lee Seung Hyun ini lahir di Gwangju, Korea Selatan, pada 12 Desember 1990. Ia memulai perjalanan kariernya saat manajemen YG Entertaiment mengorbitkannya setelah partisipasinya dalam sebuah program berjudul 'Let’s Coke Play! Battle Shinhwa'.

Para penggemar boyband BigBang memanggilnya dengan sebutan "Panda" karena ia memiliki lingkaran mata yang hitam, dan suka mengoleksi barang-barang panda. Selain menjadi anggota BigBang, Seungri juga memiliki "Seungri Academy" yang merupakan sebuah akademi tari.

Akademi itu juga diikuti oleh berbagai penari dan artis papan atas Korea Selatan seperti J-HOPE BTS, Jinwoo WINNER, Goo Hara KARA, Seo Hyerin EXID, Hyuk VIXX, dan banyak lagi. Seungri berkontribusi besar dalam koreografi tarian yang ditampilkan oleh BigBang.

Selain bersama BigBang, Seungri juga menggelar tur solo, yang pertama kali ia lakukan pada 2018, dengan mengunjungi negara-negara seperti Jepang, Tiongkok, Filipina, dan Singapura. Seungri juga beberapa kali muncul dalam film, seperti Love Only (2018), High & Low: The Movie (2016), Big Bang Made (2016).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pernah Jadi Aktor Drakor

Ia juga pernah bermain drama Korea (drakor). Seungri berperan sebagai Teddy Seo di drama berjudul Angel Eyes (2018), The Files of Young Kindaichi – Lost in Kowloon sebagai Kim Yong-dong (2013), dan berbagai judul lainnya.

Selain dalam dunia musik dan hiburan, Seungri juga tertarik dengan dunia olahraga. Pada 2015, ia bergabung dengan klub sepak bola selebriti FC MEN dengan posisi penyerang bernomor punggung 11. Ia juga memiliki ketertarikan dalam seni bela diri. Ia menggunakan nama Richard Lee saat mengikuti pertandingan jiu-jitsu pertamanya pada 2017, dan memiliki sabuk hitam Taekwondo.

Hobi lain Seungri adalah ia suka belajar berbagai bahasa, bahkan ia belajar lebih dari tiga bahasa. Pria yang kini berusia 33 tahun itu bisa bicara Bahasa Inggris, Bahasa Korea, Bahasa Jepang, dan Bahasa Mandarin. Dia mulai belajar bahasa Jepang karena ingin punya kelebihan dibandingkan anggota BigBang lainnya, dan menyadari bahwa personel lain kurang pintar dalam berbahasa asing.

3 dari 4 halaman

Mengundurkan Diri dari YG Entertainment

Seungri memiliki kepribadian yang ekstrovert. Ia tidak menyukai keheningan yang canggung dan merasa berkewajiban untuk mencerahkan suasana hati. Ia juga sering merasa kesepian jika harus melakukan berbagai kegiatan sendirian.  

Pada 2019, Seungri mengundurkan diri dari industri hiburan. Manajemen YG secara resmi mengakhiri kontraknya dengan Seungri atas permintaannya pada 13 Maret 2019.  

Di tahun yang sama, dia terlibat dalam skandal Burning Sun yang merupakan skandal prostitusi dan penggelapan pajak, karena afiliasinya dengan klub malam. Pada 27 Februari 2019, dia diinterogasi oleh SMPA, tetapi membantah tuduhan mengetahui Jung Joon soal pesan dari KakaoTalk, yang menjadi mediasi layanan prostitusi kepada investor asing, dan penggunaan narkoba.

Pada 2020, jaksa mengajukan surat perintah penangkapan Seungri berdasarkan dakwaan memediasi layanan pengawalan dan prostitusi kepada investor asing, penggelapan, kebiasaan berjudi di Las Vegas, transaksi mata uang ilegal, pelanggaran Aturan Sanitasi Makanan, dan membagikan tiga foto wanita telanjang tanpa persetujuan melalui layanan pesan digital. 

4 dari 4 halaman

Hanya Dipenjara 18 Bulan

Pada Mei 2020, persidangannya dipindahkan dari Pengadilan Distrik Pusat Seoul ke pengadilan militer karena pada 9 Maret 2020 ia memulai wajib militernya. Pada 16 September 2020, Seungri membantah semua tuduhan kecuali pelanggaran Undang-Undang Transaksi Valuta Asing. 

Seungri lantas dijatuhkan hukuman 1 tahun 6 bulan atas sembilan dakwaan, termasuk pelanggaran Undang-Undang tentang hukuman yang diperberat dan sebagainya. Diberitakan Seungri juga menjadi bulan-bulanan warganet setelah BBC merilis video dokumenter skandal Burning Sun.

Sebagai informasi, skandal Burning Sun adalah sebuah skandal yang ramai di Korea Selatan. Kasus ini melibatkan sejumlah nama idol Kpop, mulai dari Seungri, Jung Joon Young, sampai Choi Jong Hoon eks keyboardist band FT Island.

Burning Sun adalah nama sebuah klub hiburan di Seoul, Korea Selatan. Parahnya di salah satu ruangan di klub tersebut, ada banyak pengunjung perempuan yang menjadi korban pemerkosaan, pembiusan, hingga perekaman tanpa persetujuan. Rekaman itu lalu disebar di grup chat Kakao Talk yang beranggotakan para idol Kpop.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat