uefau17.com

6 Fakta Menarik Gunung Manado Tua di Sulawesi Utara, Tak Kalah Indah dengan Bawah Laut Bunaken - Lifestyle

, Jakarta - Gunung Manado Tua berdiri kokoh pada ketinggian 655 mdpl. Titik tertinggi gunung itu berada di tengah pulau Manado Tua sekaligus barrier yang memagari teluk Manado.

Manado Tua adalah pulau kerucut vulkanik tidak aktif di lepas pantai barat Sulawesi Utara, dekat ibu kota Manado. Terdapat sebuah jalan yang bagus menuju puncak dan puncaknya menawarkan pemandangan indah ke pulau-pulau lain dan Teluk Manado.

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Sabtu, 11 Mei 2024, saat cuaca bagus, Anda dapat melihat kerucut berasap Gunung Soputan yang berjarak hampir 60 kilometer. Tapi berhati-hatilah agar tidak terjatuh ke dalam lubang besar di puncak yang baru-baru ini dibuat oleh penduduk setempat yang mencari harta karun.

Masih banyak hal mengenai Gunung Manado Tua selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Manado Tua yang dirangkum Tim dari berbagai sumber.

1. Dekat dari Bunaken

Tidak sulit untuk mengatur perjalanan sehari ke pulau ini dari Manado. Anda bisa menggunakan perahu motor membutuhkan waktu sekitar satu jam untuk menempuh jarak 10 mil.

Namun, saat Anda berada di area tersebut, sebaiknya menginap di pulau resor Bunaken yang berdekatan, salah satu hotspot menyelam dan snorkeling di Indonesia. Dari Bunaken dibutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan perahu menuju desa Papindang di Manado Tua.

Anda bisa menyewa perahu dari Bunaken untuk mengantar Anda ke sana. Setelahnya Anda bisa kembali ke kota Manado dengan total biaya sekitar Rp1,5 juta atau kurang yang termasuk biaya pemandu.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Butuh Sekitar 2 Jam Pendakian

Pendakian dimulai dari titik nol dekat laut, sehingga diperlukan krim matahari, topi, dan banyak air. Segelintir penduduk setempat yang secara teratur mendaki puncak mengklaim bahwa mereka hanya membutuhkan waktu satu jam lebih.

Bagi kebanyakan orang yang membawa ransel berisi makanan dan minuman, dibutuhkan waktu minimal dua jam untuk sampai ke puncak. Jalur ini dimulai di belakang rumah-rumah desa, di mana seorang pemandu dapat ditemukan, dan mengarah ke perkebunan kelapa.

Beberapa gubuk dapat ditemukan di jalan setapak yang ideal untuk mendapatkan sedikit keteduhan. Jalan setapaknya bahkan mengarah melalui salah satu gubuk di dekat titik awal.

Ada beberapa pemandangan indah dari pulau-pulau tetangga yang terletak di dataran rendah di tengah perjalanan dan setelah sekitar 90 menit Anda akan mencapai tepian yang tingginya sekitar 610 meter. Belok kiri di sini dan ikuti jalan lurus ke atas selama 30 menit lagi menuju puncak datar.

3 dari 4 halaman

3. Desas-desus Adanya Harta Karun

Hal pertama yang akan Anda lihat di puncak adalah pilar semen yang condong ke satu sisi. Di sebelahnya terdapat lubang dalam yang tampak seperti sumur.

Berhati-hatilah di sini karena Anda akan kesulitan untuk keluar dari lubang ini jika Anda terjatuh dan kemungkinan besar Anda akan terluka parah. Lubang ini bukanlah sebuah sumur, namun sebuah lubang buatan, yang dibuat baru-baru ini oleh penduduk desa setempat dan penduduk kota Manado.

Ada desas-desus bahwa terdapat harta karun yang ditemukan di puncak pulau tersebut. Harta tersebut ditinggalkan di sana pada masa kolonial Belanda. Namun setelah digali sangat dalam, tidak ditemukan apapun.

4. Pemandangan Gunung Lokon dari Pulau Manado Tua

Ada juga monumen kecil yang menandai penanaman pohon Matoa di puncak. Matoa adalah buah lezat yang umum ditemukan di Indonesia Timur. Yang lebih baik lagi adalah pemandangan pada hari yang cerah, meskipun dibatasi oleh pepohonan di sebagian besar arah, namun menawarkan panorama indah kota Manado serta gunung berapi Lokon dan Soputan. Pendaki juga bisa melihat Gunung Klabat melalui pepohonan. 

4 dari 4 halaman

5. Cocok untuk Pendaki Pemula

Mengutip dari laman resmi Taman Nasional Bunaken, Sabtu, 11 Mei 2024, Gunung Manado Tua sangat cocok untuk para pemula yang ingin mencoba olahraga hiking. Adrenalin yang tak kalah menantang dari trek pendakian lainnya dengan jarak yang ditempuh sepanjang 1.500 meter.

Bagi para wisatawan yang akan mendaki gunung Manado Tua disarankan untuk melapor kepada masyarakan setempat atau MMP (Masyarakat Mitra Polhut) yang di tugaskan oleh Balai Taman Nasional Bunaken. Anda bisa sekalian meminta rekomendasi guide agar perjalanan lebih berkesan dengan cerita yang dibagikan tentang gunung ini. 

6. Keunikan Wisata di Pulau Manado Tua

Hutan gunung Manado Tua kaya dengan tanaman budidaya seperti kelapa, pala, cingkeh, singkong, pisang. Tanaman lainnya juga dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai mata pencarian disamping pekerjaan lainnya. 

Sementara pada malam hari, saat menginap wisatawan bisa melihat pemandangan lampu-lampu pada malam hari dan sunrise di pagi hari dari atas signase. Di atas ketinggian, Manado Tua menampakkan indahnya bentuk Pulau Bunaken seperti nampak kapak dan Kota Manado.

Setelah mengagumi gereja-gereja di pulau ini dan mengobrol dengan penduduk setempat yang ramah. Anda dapat kembali ke Bunaken atau meminta tukang perahu untuk mengantar langsung ke Manado.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat