uefau17.com

Goa Loyang: Sebuah Keindahan Alam yang Tersembunyi di Kabupaten Paser - Lifestyle

, Jakarta Salah satu keajaiban alam yang tersembunyi di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur adalah Goa Loyang. Gua yang terletak di Desa Kasungai, Kecamatan Batu Sopang ini menjadi destinasi menarik bagi para pencinta petualangan dan olahraga outdoor, seperti panjat tebing.

Bagaimana tidak? Formasi batu menjulang tinggi di bagian depannya yang menciptakan ilusi seolah-olah gua tersebut terapung di udara menciptakan tingkat elevasi yang cukup curam, yakni 90 derajat.

Kombinasi visual yang menakjubkan antara pemandangan batuan kapur serta karst dan langit biru yang cerah bisa dinikmati ketika sudah sampai puncak gua tersebut. Dari puncak gua, wisatawan pun bisa mengambil gambar yang mampu memanjakan mata dan juga Instagramable.

Destinasi wisata yang berjarak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Kecamatan Tanag Grogot atau sekitar 6 jam jika berkendara dari Kota Balikpapan ini mampu memberikan pengalaman yang liburan yang menakjubkan sekaligus anti mainstream di Kabupaten Paser.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keindahan yang Memukau

Goa Loyang terbentuk dari proses alam geologi yang berlangsung selama ribuan tahun lamanya. Formasi stalaktit dan stalagmit yang menakjubkan di dalam gua pun tak pelak menciptakan suasana magis yang memukau.

Ketika berjalan-jalan di dalam gua, wisatatawan akan merasakan keajaiban alam yang dihasilkan oleh air. Pasalnya, tetesan air yang turun dari langit-langit goa menambah keindahan dan keanggunan gua satu ini.

Saat menjelajahi lorong-lorong gua yang gelap, wisatawan pun akan disuguhkan dengan keindahan alam yang tersembunyi di kedalaman bumi. Selain itu, suasana di sekitar gua juga dipenuhi dengan hutan hijau dan suara alam yang khas, menambah kesan petualangan tak terlupakan.

Pada akhirnya, Goa Loyang di Kabupaten Paser bukan hanya sebuah gua, tetapi juga sebuah perjalanan ke dalam keindahan alam yang masih alami. Dan yang terpenting, ketika menelusuri lorong-lorong gelap gua, wisatawan akan merasakan keajaiban bumi yang tersembunyi di Kalimantan Timur.

So, jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplorasi Goa Loyang dan menggali kekayaan alam yang tersembunyi di dalamnya!

 

(*)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat