uefau17.com

Atta Halilintar Ungkap Ingin Adopsi Anak Palestina, Simak Persyaratannya yang Ternyata Tidak Mudah - Lifestyle

, Jakarta - Konflik Israel-Palestina yang memakan banyak korban jiwa termasuk anak-anak membuat banyak masyarakat Indonesia merasa prihatin. Hal itu juga dirasakan oleh Atta Halilintar. Ia bahkan kembali mengatakan keinginannya mengadopsi anak Palestina. Hal itu juga pernah ia utarakan kepada istrinya, Aurel Hermansyah sebelum keduanya menikah.

Niatan itu kembali disampaikan Atta Halilintar saat mengundang Bang Onim, aktivis kemanusiaan Indonesia yang lama tinggal di Palestina, tampil di podcastnya. "Saya ini Bang Onim, saya sudah ngomong sama istri saya dari sebelum nikah pengin adopsi anak Palestina," ungkap Atta dikutip kanal Youtube Need A Talk, Kamis, 9 November 2023.

Namun kata Atta Halilintar, keinginannya itu belum tercapai karena tidak diperbolehkan. "Cuma sampai hari ini kita sudah hubungi ke sana itu. Ternyata enggak boleh ya bang," tanya Atta kepada Bang Onim.

Menurut Bang Onim, jumlah anak yatim di Gaza sebelum konflik yang terjadi di Palestina jumlahnya lebih dari 23 ribu lebih. Lantaran hal itu, kata Bang Onim banyak masyarakat Indonesia yang ingin mengadopsi anak Palestina.

"Saat ini di Gaza sebelum terjadi peperangan itu jumlah anak yatim lebih dari 23 ribu orang. Anak yatim kehilangan orangtua, mungkin teman-teman Indonesia juga mengatakan bahwa bisa diadopsi, yang laki-laki pengin dong yang perempuan pingin dong, usia satu bulan pengen dong, lima bulan pengen dong yang usia satu tahun," tuturnya.

Bang Onim bahkan sudah berencana membawa dua anak bayi. Adapun satu bayi tersebut nantinya akan ia titipkan ke Atta Halilintar untuk dirawat. "Ternyata bang Atta gini, pada saat terjadi peperangan saya juga keluar kemarin rencananya mau bawa dua bayi mau kasih satu bang Atta," ujarnya.

Namun kata Bang Onim rencana tersebut gagal terwujud karena dirinya sudah masuk pintu perlintasan untuk pulang ke Tanah Air. Bang Onim mengungkapkan untuk mengadopsi bayi dari Palestina ada banyak aturan yang harus diurus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harus Datang Langsung ke Palestina

"Tapi nama -nama kami sudah masuk di pintu perlintasan, sedangkan kedua bayi ini yang satu buat Bang Atta mereka belum masuk otomatis karena harus diurus lagi sudah tidak bisa. Orangtuanya sudah meninggal dan sudah enggak ketahuan keluarganya siapa, dari mana," ujar Bang Onim.

"Waktu kita bawa bayi ke rumah sakit dan di sana ada tempatnya, kayak namanya baby care atau apa itu. Mereka sudah tidak punya orangtua. Jadi saya koordinasi dengan teman-teman kedubes bisa enggak, bayinya masih di RS Asyifa," lanjutnya.

Selain itu, untuk mengadopsi anak kata Bang Onim, calon orangtua bayi harus datang langsung ke Palestina. Itu karena banyak hal yang harus diurus dan juga menunggu keputusan dari pengadilan agama atau pengadilan setempat untuk mengadopsi anak Palestina.

"Yang kedua untuk mengadopsi anak itu di sana mereka juga punya aturan internasional atau pengadilan agama, atau pengadilan tinggi negeri di sana. Jadi yang mengadopsi itu harus datang kesana bertemu dengan keluarganya untuk dipindah, ganti nama atau seperti apa di pengadilan tersebut. Jadi tidak segampang itu, mereka punya aturan sendiri," kata Bang Onim.

Meski begitu, Bang Onim menuturkan ia akan membantu menyampaikan bahwa Atta akan mengadopsi anak dan membesarkan serta menyekolahkan anak tersebut. "Bang Atta ini kan sudah alhamdulillah, dikenal. Jadi kalau saya sendiri nanti saya sampaikan bahwa ada yang mengadopsi. Nanti ini Insya Allah dibesarkan seperti anak sendiri, sampai ke masa depannya. Nanti disekolahkan, langsung dikuliahkan, bisa pulang lagi ke Gaza untuk membangun negera mereka sendiri," papar Bang Onim.

3 dari 4 halaman

Masih Berencana untuk Adopsi

Bang Onim juga berjanji jika situasi sudah kondusif, ia berencana akan kembali ke Palestina termasuk untuk mengurus beberapa anak yang akan dibawa ke Indonesia. Nantinya anak tersebut salah satunya bisa diadopsi oleh Atta untuk dirawat.

"Jadi kalau Bang Atta benar benar punya niat seperti itu nanti kalau situasi sudah kondusif saya pulang ke sana untuk mengurus mungkin lima atau 10 nanti gitu dibawa Bang Atta yang merawat disini," ujar Bang Onim.

"Suatu kehormatan bagi saya," kata Atta Halilintar. Belum sampai sehari dibagikan, podcast Atta mewawancarai Bang Onim itu sudah dilihat lebih dari 1,2 juta kali dan mendapatkan lebih dari 10 ribu komentar.

Atta sendiri termasuk salah satu selebritis Tanah Air yang turut serta dalam Aksi Bela Palestina di Monas, Jakarta Pusat pada Minggu, 5 November 2023. Tak sendirian, Thariq Halilintar, adik Atta Halilintar, turut hadir dalam acara tersebut, dengan mengenakan pakaian senada untuk menunjukkan dukungannya terhadap rakyat Palestina.

Melalui akun pribadi Instagramnya, Atta membagikan momen dirinya menghadiri aksi bela Palestina, di tengah ribuan atau bahkan jutaan masyarakat yang hadir. Suami Aurel Hermansyah itu tampak mengenakan kaos hitam dengan padanan sorban yang melingkar di kepala. 

4 dari 4 halaman

Atta Vokal Mendukung Palestina

Dikutip dari kanal Showbiz , Atta bersama beberapa rekannya mengenakan kaus hitam bergambar potongan buah semangka. Belakangan, emoji dan gambar semangka memang viral dan memenuhi jagad maya, untuk menunjukkan dukungan terhadap rakyat Palestina, atas tindakan kejam Israel.

"Stop B*N*H saudara kecil kami," tulis Atta sebagai keterangan foto yang diunggahnya, Minggu, 5 November 2023. Atta juga mengabadikan aksi bela Palestina tersebut dengan berfoto bersama para peserta aksi yang lain. Tak lupa, para peserta memaerkan poster-poster yang berisi dukungan atas kemerdekaan Palestina.

"End Palestinian Holocaust (Akhiri bencana Palestina),” begitu bunyi salah satu poster yang diabadikan Atta lewat unggahannya. Tak sedikit warganet yang membanjiri unggahan Atta saat mengikuti aksi bela Palestina.

Atta memang salah satu artis yang vokal mendukung rakyat Palestina. Ia bahkan membuka donasi dan mengajak masyarakat untuk mengulurkan tangannya membantu rakyat Palestina, yang kini mengalami tindakan kejam agresi militer Israel.

Atta juga turut menghadiri pelepasan bantuan dari Indonesia ke Palestina pada Sabtu, 4 November 2023) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.Selain Atta Halilintar, Zaskia Adya Mecca, Rachel Vennya hingga Syifa Hadju turut menghadiri momen Presiden Jokowi melepas secara resmi bantuan untuk warga Palestina tersebut.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat