uefau17.com

Formula Baru Burger McDonald's Indonesia, Ubah Cara Penyiapan Bahan sampai Pemasakan - Lifestyle

, Jakarta - Dalam upaya meningkatkan kualitas menu burgernya, McDonald’s menghadirkan formula baru yaitu Best Burger. Formula tersebut merupakan pembaruan dalam cara penyajian dan bahan pembuatan burger di McDonald's. 

Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald's Indonesia, menyebutkan bahwa formula baru dihadirkan atas inisiatif McDonald’s global yang ingin meningkatkan kualitas menu burger. "Kita tahu banyak konsumen-konsumen Indonesia juga datang ke McDonalds suka dengan burgernya," jelasnya dalam konferensi pers peluncuran Best Burger di McDonald’s Thamrin Jaya, Jakarta Pusat, Selasa, 26 September 2023.

Caroline juga menjelaskan bahwa formula burger baru itu dihadirkan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. "Kita sejalan dengan McDonald’s Global. Kita mau memastikan selalu kepuasan pelanggan yang utama, makanya kita juga menerapkan inisiatif dari Best Burger ini," tambahnya.

Caroline juga menerangkan bahwa Best Burger bukanlah menu baru, namun metode baru dalam penyajian burger di McDonald’s. "Kita itu melakukan improvement supaya dari burger klasik klasik kami, burger ikonis kami, semakin lezat," jelasnya.

Ia menyebut praktik Best Burger di Indonesia secara resmi akan diluncurkan pada 1 Oktober 2023. Namun, ia mengatakan beberapa gerai McDonald’s sudah menerapkan formula tersebut. Meski ada peningkatan kualitas, Caroline memastikan bahwa harga menu burger di restoran siap saji itu tidak akan mengalami perubahan harga.

"Hasil riset McDonald's global menemukan bahwa dengan mengubah beberapa hal dalam proses dan cara memanggang, kami dapat menghasilkan burger yang hotter, juicier, dan tastier," imbuh dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sertifikasi Burger Masters

Dalam kesempatan yang sama, Olia M Sidik, Associate Director of Training McDonald’s Indonesia, menjelaskan bahwa di setiap gerai McDonald’s akan dihadirkan Burger Master, yaitu staf yang menguasai segala aspek dalam pembuatan burger untuk meningkatkan kualitas menu burger di McDonald’s. 

Ia juga menjelaskan untuk mendapatkan gelar Burger Master, para staf harus ahli di ketiga bidang dalam pembuatan burger, yaitu grill (pemanggangan), penyajian, dan preparation (penyiapan). Olia juga menjelaskan bahwa Burger Master bukanlah kru yang baru dilatih, melainkan kru yang sudah berpengalaman. 

"Kita tahu restoran kita banyak sekali, jadi kita sudah mulai melatih mereka itu mulai dari bulan April," jelasnya lagi.

Lebih lanjut, Olia menyebutkan bahwa Burger Master yang disiapkan di setiap gerai berjumlah 5–8 orang, tergantung besar dari gerai tersebut. Pihaknya telah melatih lebih dari 1.500 kru terpilih. Ia juga menyebutkan walau ada perubahan dalam cara pembuatannya, namun waktu yang dibutuhkan untuk pembuatan tiap burger tidak akan jadi semakin lama.

3 dari 4 halaman

Perubahan Komponen di Best Burger

Dalam konferensi pers tersebut, Setyo Agus Widodo, Assistant Manager of Quality Assurance McDonald’s Indonesia, menyebutkan bahwa ada tiga komponen yang berubah pada formula Best Burger.

"Ada tiga komponen yang berubah, yang pertama dari sisi rotinya, yang kedua dari sisi dagingnya, kemudian yang ketiga adalah dari bahan penyusun yang lainnya," jelasnya pada konferensi pers tersebut.

Lebih lanjut, Setyo menjelaskan perubahan dari komponen Best Burger ada pada ketiga aspek tersebut. Pertama, dari sisi roti, dibuat lebih menarik dan mengkilap, lalu juga dibuat menjadi lebih empuk, dan aromanya menjadi lebih wangi.

Roti dari menu Big Mac, misalnya, kini ditambahkan bahan tepung pati kentang, mentega, dan brioche agar teksturnya lebih empuk. Sementara, roti untuk burger yang berisi keju ditambahkan bahan tambahan lainnya.

Dari sisi daging, yang berubah hanya pada proses pemasakan daging burger. Bawang bombay yang semula ditaruh saat daging selesai dimasak, menjadi diletakkan bersamaan saat pemasakan daging burger. Ketiga, penggunaan keju juga dikondisikan untuk tidak terlalu dingin agar bisa meleleh ketika disantap.

4 dari 4 halaman

Perubahan Roti

Setyo juga menjelaskan bahwa dari sisi produk tidak ada banyak perubahan, hanya memodifikasi cara penyajian untuk meningkatkan kualitas produk. Namun, ia menjelaskan bahwa perubahan bahan hanya ada pada roti yang digunakan dalam pembuatan burger. Ia juga menyebutkan tantangan terbesar dalam penerapan formula baru tersebut adalah memastikan bahwa setiap gerai restoran makanan cepat saji tersebut memiliki kualitas yang sama.

Caroline juga menjelaskan bahwa formula pada roti ada di setiap menu burger di McDonald's disesuaikan untuk tiap menu. Sebelumnya, apapun menunya, rotinya selalu sama.

"Masing-masing dari roti-roti tersebut itu formulanya beda-beda, jadi itu perubahannya," ungkapnya. 

Ia juga mengatakan bahwa formula Best Burger akan diterapkan secara bertahap di seluruh gerai di Indonesia. Caroline juga menyebutkan bahwa jika ingin mencoba formula Best Burger dengan harga yang murah, Anda bisa mencoba pilihan Menu Receh McDonald's yaitu Chicken Burger, karena juga sudah ada peningkatan kualitas burger pada menu tersebut.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat