uefau17.com

Ragam Hoaks Seputar Restoran Cepat Saji, Simak Daftarnya - Cek Fakta

, Jakarta - Hoaks kerap mencatut nama restoran cepat saji terkemuka. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar restoran cepat saji? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Video Klaim Siswa SD Sedang Ujian di KFC

Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim bahwa sejumlah anak Sekolah Dasar (SD) sedang melaksanakan ujian di KFC. Postingan itu beredar sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 Oktober 2022.

Dalam unggahannya terdapat video sejumlah anak SD sedang menulis di meja restoran. Video berdurasi 10 detik itu diberikan narasi "Ujian di sekolah , Ujian di KFC"

Akun itu menambahkan narasi "Ujian di KFC dong"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim bahwa sejumlah anak SD sedang melaksanakan ujian di KFC? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Klarifikasi McDonalds Tempelkan Pengumuman Pelanggan Terkait Dukungan pada Israel

Beredar di media sosial postingan McDonalds menempelkan pengumuman pada pelanggan bahwa mereka mendukung Israel dan tidak peduli dengan kondisi Palestina. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 28 Maret 2024.

Dalam postingannya terdapat foto outlet McDonalds yang dinding kacanya diberikan tulisan sebagai berikut:

"Upwards of 30.000 civillians have been murdered so far, during the genocide in Gaza. Congratulations to the IDF!

We are proud to say that McDonalds supplies the Israeli military with free meals, especially while the rest of Gaza starves. We simply do not care. Thank you for your custom"

Atau dalam Bahasa Indonesia

"Lebih dari 30.000 warga sipil telah dibunuh sejauh ini, selama genosida di Gaza. Selamat kepada IDF!

Kami bangga mengatakan bahwa McDonalds memasok makanan gratis kepada militer Israel, terutama ketika wilayah Gaza lainnya kelaparan. Kami tidak peduli. Terima kasih atas kebiasaanmu"

Akun itu menambahkan narasi "Pemberitahuan Pelanggan dari McDonald's#BoikotMcDonald"

Lalu benarkah postingan McDonalds menempelkan pengumuman pada pelanggan bahwa mereka mendukung Israel dan tidak peduli dengan kondisi Palestina? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks KFC Bagikan 3 Ember Ayam Gratis dalam Rangka Ulang Tahun ke-46

Beredar di media sosial postingan KFC membagikan voucher 3 ember ayam gratis dalam rangka ulang tahun ke-46. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun bernama KFC Fans Indonesia mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 25 Mei 2024 dan berikut narasinya:

"Minggu ini untuk merayakan 46 tahun KFC kami ingin mentraktir semua orang dengan tiga ember ayam GRATIS. Kami akan mengirimkan voucher kepada setiap orang yang telah berbagi & berkomentar selambat-lambatnya tanggal 30 Mei untuk mendapatkan tiga ember ayam GRATIS. Setiap voucher dapat digunakan di KFC mana pun."

Lalu benarkah postingan KFC membagikan voucher 3 ember ayam gratis dalam rangka ulang tahun ke-46? Simak dalam artikel berikut ini...

4. Cek Fakta: Tidak Benar Gambar McDonalds Bakal Keluarkan Menu Berhadiah Mainan Patung Iblis

Beredar di media sosial postingan gambar McDonalds akan mengeluarkan menu berhadiah mainan patung iblis. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Foto itu disertai narasi "Happy Meal McDonalds yang baru. Anak Anda akan menyukainya."

Akun itu juga menambahkan narasi "Ide pemasaran bodoh lainnya. Baphomet memiliki hubungan dengan okultisme, setengah manusia, setengah hewan, pria dan wanita, baik dan jahat, Kambing Setan."

Lalu benarkah postingan gambar McDonalds akan mengeluarkan menu berhadiah mainan patung iblis? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun , tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat