uefau17.com

Logo HUT ke-79 RI Resmi Diluncurkan, Berikut Tema dan Link Downloadnya - Regional

, Bandung - Menjelang perayaan HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 mendatang, Sekretariat Negara telah merilis tema dan logo peringatan tahun ini. Logo HUT ke-79 RI tersebut resmi diluncurkan dan diumumkan oleh Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Diketahui tema dan logonya diumumkan di Wisma Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (24/6/2024). Melalui pengumumannya tema tahun ini bertajuk “Nusantara Baru Indonesia Maju”.

Kasetpres sekaligus Ketua Pelaksana Peringatan Hut ke-79 Kemerdekaan RI menyebutkan bahwa tema tersebut dipilih untuk menggambarkan transisi salah satunya transisi kepindahan ibu kota negara dan kepemimpinan bangsa dan negara berikutnya.

"Tema ini dipilih untuk menggambarkan transisi, bukan hanya transisi kepindahan ibu kota negara, tapi juga transisi yang berikutnya kepemimpinan bangsa dan negara kita," ucapnya mengutip dari situs resmi Presiden RI.

Melansir dari desain logo yang sudah dibagikan logo tersebut menampilkan angka 79 berwarna merah yang menjadi tanda usia Indonesia. Kemudian juga terdapat tulisan tema perayaannya “Nusantara Baru Indonesia Maju” dengan tulisan berwarna hitam.

Kemudian disebutkan bahwa konsep visual logo peringatan tahun ini juga terdiri dari angka 79 yang mencakup tujuh konsep yaitu negara, kepulauan, lambang negara, pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan, ekonomi hijau, persatuan dan harapan, serta kesetaraan.

Setiap elemennya juga dijelaskan memiliki filosofi dan makna tersendiri dalam perayaan tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tema dan Visual Logo HUT ke-79 RI

Melansir dari “Pedoman Identitas Visual HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia”. Peringatan HUT ke-79 RI tahun ini menjadi perayaan dan momen penyambutan Ibu Kota baru, Nusantara dan menjadi tahun perpindahan kepemimpinan presiden Indonesia.

Adapun tahun ini temanya bertajuk “Nusantara Baru, Indonesia Maju” yang menunjukkan adanya berbagai transisi besar di Indonesia. Di antaranya transisi adanya ibu kota baru, pergantian pemimpin, dan Indonesia Emas 2045.

Sementara untuk logonya HUT ke-79 RI menampilkan logo dengan angka “79” yang disertai dengan tulisan “Nusantara Baru, Indonesia Maju” sebagai tema tahun ini. Melansir dari situs Presiden RI disebutkan bahwa konsep visual logo perayaan tahun ini terdiri atas angka 79 yang mencakup tujuh konsep.

Di antaranya negara kepulauan, lambang negara, pertumbuhan ekonomi, berkelanjutan, ekonomi hijau, persatuan dan harapan, serta kesetaraan. Sehingga logo tersebut menyimpan makna yang mendalam untuk Indonesia.

3 dari 4 halaman

Makna Logo HUT ke-79 RI

Berikut ini adalah beberapa makna yang harus diketahui dari visual logo HUT ke-79 RI:

1. Negara Kepulauan

Jika dilihat dengan seksama logo HUT ke-79 RI terdiri dari bagian-bagian yang terpisah dan visual tersebut menggambarkan atau mewakili bentuk Indonesia sebagai negara kepulauan.

2. Lambang Negara

Kemudian ujung angka 7 pada logo tersebut menyerupai paruh Garuda yang diketahui sebagai lambang negara yang berisi salah satu pilar bekangsaan yaitu Pancasila dan melambangkan kekuatan negara.

3. Pertumbuhan Ekonomi

Adapun angka 7 mempunyai bentuk yang juga menyerupai panah ke atas dan menjadi simbol harapan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dan menggerakan ekonominya.

4. Keberlanjutan

Diketahui arah lengkungan dari segala arah yang saling terhubung satu sama lain mempunyai gambaran makna tentang prinsip pembangunan negara yang berkelanjutan.

5. Ekonomi Hijau

Bentuk dahan dan daun yang ada di angka 9 memiliki makna atau prinsip tentang pembangunan negara yang berlandaskan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.

6. Persatuan dan Harapan

Sementara kaki angka 7 dan 9 dibuat dengan bentuk yang sama membentuk 2 tangan yang menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walaupun memiliki pendapat yang berbeda-beda.

7. Kesetaraan

Dua gelombang dengan arah yang sama di bagian atas dan bawah mempresentasikan tujuan Indonesia yaitu untuk desentralisasi dan pemerataan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

4 dari 4 halaman

Link Download Logo HUT ke-79 RI

Berikut ini adalah beberapa link terkait HUT ke-79 RI termasuk dengan link download logonya:

  • Link Logo: https://drive.google.com/drive/folders/1nqJrr3CDbWpU-OM8WMQPmH3O-ACwT35P
  • Link Identitas HUT RI 79: https://drive.google.com/drive/folders/1VvemzxZLg8Oh_wjKkii9Vq-VWnIoqO4g?usp=drive_link
  • Link Template Desain HUT RI 79: https://drive.google.com/drive/folders/18Cj05T1Rd_sM_3M_3xcT6fBzgHqtry67?usp=drive_link
  • Link Video Motion HUT RI 79: https://drive.google.com/drive/folders/1ChbbC3NBYxsTU5PWFXDeK5Lw24AP3ILF?usp=drive_link

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat