uefau17.com

HUT ke-79 RI Digelar di IKN, Menko Muhadjir Pastikan Bandara dan Jalan Tol Siap Digunakan - News

, Jakarta - Pemerintah memastikan bandara dan jalan tol sudah siap digunakan untuk menyambut upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Menurut dia, bandara dan jalan tol diperkirakan bisa difungsionalkan pada Juli 2024.

"Akomodasi Insyaallah sudah siap. Karena nanti bandara kepastiannya akhir Juli akan dipastikan fungsionalnya bandara. Jalan tol juga Insyaallah sudah aman. Tapi nunggu sampai akhir Juli," jelas Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6/2024).

Dia menyampaikan pembangunan jalan tol dan Bandara IKN saat ini sudah mencapai 90 persen. Muhadjir membantah bahwa pembangunan Bandara VVIP IKN terburu-buru.

"Enggak buru-buru lah sudah disiapkan lama kok itu (bandara)," ujar dia.

Terkait hotel untuk para tamu, Muhadjir menuturkan nantinya duta besar negara sahabat yang akan hadir upacara HUT ke-79 RI di IKN tidak akan menginap. Mereka akan langsung kembali ke Jakarta usai menghadiri upacara di IKN.

"Ada kemungkinan duta besar juga nanti di IKN dan tidak menginap jadi langsung upacara terus balik," tutur Muhadjir.

Sementara itu, pemerintah masih membahas apakah mantan presiden dan wakil presiden hadir upacara di IKN atau Istana Merdeka Jakarta. Sebab, pemerintah akan menggelar upacara HUT ke-79 RI di dua lokasi yakni, IKN dan halaman Istana Merdeka.

"Itu tadi masih diusulkan tadi Pak Presiden merekomendasikan pokok ya diberikan perhatian para tokoh-tokoh dapat perhatian, apakah di sini atau di IKN itu belakangan," pungkas Muhadjir.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jokowi-Prabowo Upacara HUT ke-79 RI di IKN, Sedangkan Ma'ruf Amin-Gibran di Istana Merdeka

Pemerintah membagi peringatan Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 di dua lokasi, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan halaman Istana Merdeka Jakarta. Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memimpin upacara HUT ke-79 RI di IKN, sedangkan Wapres Ma'ruf Amin di halaman Istana Merdeka.

"Sebagian di IKN, sebagian di sini (Istana Jakarta). Pak Presiden yang mimpin (di IKN), Pak Wapres yang (mimpin di Istana)," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (10/6/2024).

Jokowi nantinya akan didampingi Presiden Terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto. Sementara itu, Wapres Terpilih periode 2024-2029, Gibran Rakabuming Raka mendampingi Ma'ruf Amin untuk upacara di Istana.

"Nanti Pak Wapres terpilih akan mendampingi Wapres. Sedangkan Presiden terpilih akan mendampingi Presiden," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Upacara Digelar Hybrid

Muhadjir memastikan akomodasi di IKN sudah siap untuk menyambut para tamu dan peserta upacara HUT ke-79 RI. Menurut dia, upacara juga akan digelar secara hybrid sehingga bisa disaksikan oleh masyarakat.

"Sama hiburan sama, nanti di sini ada hiburan di sana (IKN) ada hiburan, kan hybrid," ujar Muhadjir.

Dia menyebut mantan presiden-wakil presiden yang hadir dalam upacara HUT ke-79 RI di IKN masih dibahas. Muhadjir menuturkan Jokowi belum memutuskan apakah para mantan presiden dan wakil presiden akan hadir upacara di IKN atau Istana Jakarta.

"Itu yang tadi masih diusulkan, tadi Pak Presiden merekomendasi pokoknya harus jadi perhatian, tokoh tokoh itu harus dapat perhatian soal nanti di sini atau di IKN nanti belakang," tutur Muhadjir.

 

4 dari 4 halaman

Persiapan Hampir Final

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan digelar di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. Dia menyebut persiapan upacara HUT ke-79 RI di IKN sudah hampir final.

"Untuk persiapan 17-an sudah hampir final, enggak ada masalah di lapangan. Tadi kita cek satu persatu, dari lokasi, venue, kemudian tata urutan upacara semuanya enggak ada masalah," kata Jokowi di IKN Kalimantan Timur, Rabu (5/6/2024).

Dia menargetkan pembangunan Istana Negara dan lapangan upacara Kawasan Istana Kepresidenan di IKN akan rampung pada Juli 2024. Usai rampung, persiapan HUT ke-79 RI akan mulai dilakukan.

"Jadi pembangunan kira-kira pertengahan Juli yang di sini udah siap dan akan mulai untuk persiapan 17 Agustus," ujarnya.

"(Sudah) 80-an persen interior eksterior semuanya dalam proses semua. Insya Allah (Juli) selesai lah selesai," sambung Jokowi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat