uefau17.com

Cek Fakta: Tidak Benar Video Klaim Siswa SD Sedang Ujian di KFC - Cek Fakta

, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang mengklaim bahwa sejumlah anak Sekolah Dasar (SD) sedang melaksanakan ujian di KFC. Postingan itu beredar sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 Oktober 2022.

Dalam unggahannya terdapat video sejumlah anak SD sedang menulis di meja restoran. Video berdurasi 10 detik itu diberikan narasi "Ujian di sekolah , Ujian di KFC"

Akun itu menambahkan narasi "Ujian di KFC dong"

Lalu benarkah postingan video yang mengklaim bahwa sejumlah anak SD sedang melaksanakan ujian di KFC?

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusuri dengan menghubungi Direktur PT Fast Food Indonesia yang mengoperasikan KFC di Indonesia, Justinus Dalimin Juwono. Ia menjelaskan video yang banyak beredar di media sosial tidak benar.

"Tidak benar sama sekali video siswa SD sedang ujian di KFC," ujar Justinus saat dihubungi Selasa (18/10/2022).

"Faktanya mereka sedang lomba menggambar di sana. Lomba menggambar itu diadakan di berbagai KFC dalam rangka ulang tahun ke-43," ujar Justinus menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang mengklaim bahwa sejumlah anak SD sedang melaksanakan ujian di KFC adalah tidak benar. Faktanya anak SD tersebut sedang lomba menggambar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat