uefau17.com

Viral WNA Rusia Aniaya Warga Bali karena Ditegur Parkir Sembarangan, Korban sampai Dicekik - Lifestyle

, Jakarta - Lagi, turis asing di Bali dilaporkan bertindak di luar nalar. Lewat sebuah video yang beredar luas di media sosial, seorang pria yang merupakan warga negara asing (WNA) terekam terlibat konflik dengan seorang warga lokal di salah satu gang perumahan di Pulau Dewata.

Rekaman tersebut, yang diunggah Niluh Djelantik di akun Instagram pribadinya, memperlihatkan WNA berbadan kekar berkaus oranye itu tengah beradu mulut dengan seorang pria Bali. Seorang wanita berpakaian biru yang diduga sebagai pasangan WNA tersebut tampak berusaha menenangkan dan menjauhkan turis asing dari pria Bali tersebut.

BACA JUGA: VIDEO: 103 WNA Taiwan Ditangkap di Bali, Diduga Lakukan Kejahatan Siber
BACA JUGA: VIDEO: Banyak WNA yang Kerja Ilegal di Bali, Kadin Khawatir
BACA JUGA: Hoaks Foto Gurita Raksasa Terdampar di Pantai Bali

Baca Juga

Keributan ini diduga dipicu masalah parkir, di mana kendaraan milik WNA tersebut dianggap menghalangi jalan. Meski pasangannya berusaha menenangkan, WNA tersebut kembali mendekati pria lokal dan bertindak agresif, dengan melepaskan serangkaian pukulan ke arah wajah dan perut korban.

Situasi semakin mencekam ketika WNA tersebut mencekik korban, sementara orang yang merekam video meminta bantuan karena aksi WNA itu jadi semakin brutal. Beberapa warga lain muncul dan mencoba menghentikan aksi WNA tersebut.

Melalui unggahannya, Niluh mengungkap kemarahan terhadap tindakan WNA yang diduga menganiaya warga lokal dan meminta agar tindakan hukum diambil terhadapnya. "Dikasih hati minta jantung. Kamu parkir sembarangan di depan rumah orang, giliran dikasi tahu baik-baik malah main tonjok," tulis Niluh di unggahan tersebut, dikutip Kamis, 7 September 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terkuaknya Identitas Si WNA

Kompak dengan Niluh, warganet juga menyatakan kemarahan mereka atas tindakan sewenang-wenang WNA tersebut. "Udah nyekik ninju dll, hrs kena hukuman jgn mau damai sih klw bisa. Ini udah keterlaluan, hbs ni kau tdk bisa tdr tenang dah bule udh langsung lawan kesayangan mbok niluh 🔥 pasti gk bkl diam," tulis salah satu akun di kolom komentar.

"Wah sy liatnya saja k3sel, perlu tindakan tegas pihak terkait," bubuh akun lain sambil menandai akun kepolisian daerah Bali.

"Seharus nya yang bersama dengan bule, entah itu pasangan nnya ataukah pacar nya, nah seharusnya memberikan arahan ketertiban untuk parkir dan berkendaraan juga, jang sok ke bule bule an juga, kalau di negara nya soh ya ga apa apa, akhirnya malah di rendahkan," tulis warganet lainnya.

Setelah video berdurasi 1 menit 16 detik itu mendapat perhatian luas, identitas dari WNA tersebut kini telah terungkap. Pengungkapan ini tidak lepas dari upaya Niluh yang aktif mencari informasi tentang identitas pelaku.

Di unggahan di Instagram-nya  pada Kamis, 7 September 2023, Niluh mengungkap bahwa dengan bantuan pihak imigrasi Bandara Ngurah Rai, Polres Badung, serta Polsek Kuta Utara, identitas pelaku akhirnya berhasil diketahui.

3 dari 4 halaman

Diproses Hukum

Terungkap bahwa WNA tersebut berasal dari Rusia. "Sebagai informasi, pelaku adalah seorang warga negara kebangsaan Rusia," ungkap Niluh.

Dengan terungkapnya identitas pelaku, Niluh menekankan pentingnya proses hukum yang adil. Ia berharap agar WNA tersebut dapat diadili sesuai ketentuan hukum di Indonesia dan mendapat hukuman sesuai perbuatannya.

Ini juga jadi peringatan bagi para turis asing untuk menghormati hukum dan budaya lokal saat berada di tanah orang lain. "Semoga yang bersangkutan segera dapat diamankan dan mempertanggung jawabkan perbuatannya," ungkapnya dalam video tersebut.

WNA itu kini berada di tangan pihak berwenang. Berdasarkan informasi terbaru, WNA tersebut telah ditangkap tim dari Polsek Kuta Selatan. Kemampuan aparat dalam menangkap pelaku dalam waktu yang singkat mendapatkan apresiasi dari masyarakat, khususnya setelah Niluh menyampaikannya lewat unggahan di Instagram.

Dalam unggahan yang diterbitkan pada Sabtu (9/9/2023), Niluh menekankan efisiensi dan respons cepat dari kepolisian, yang berhasil mengamankan pelaku hanya dalam waktu 12 jam sejak informasi awal diberikan pada publik.

"DALAM 12 JAM WNA PENGANIAYA WARGA LOKAL TELAH DIAMANKAN OLEH TIM POLSEK KUTA SELATAN. Sejak siang hingga malam ini berlangsung proses BAP terhadap pelaku dan juga saksi 🙏❤️," tulis Niluh.

4 dari 4 halaman

Kasus Viral Sebelumnya

Sebelum ini, lewat video yang dibagikan akun TikTok @riiaaaa_13, seorang turis wanita menarik perhatian banyak orang karena tampak menikmati alunan selawat di sebuah acara dengan busana yang dinilai tidak pantas.

Di tengah penonton yang hadir menggunakan peci dan baju muslim, wanita tersebut memakai busana cukup terbuka. Gaun ungu yang dipakainya memiliki model backless dan tanpa lengan. Ia juga terlihat memegang botol air mineral.

Meski penampilanya sangat kontras dengan yang lain, ia tampak menikmati alunan selawat sambil tersenyum. Tubuhnya sesekali mengikuti nada selawat dengan berdendang ke kanan dan kiri. "MasyaAllah, bule ini senang dengerin selawat," tulis pengunggah video dalam keterangan unggahannya pada 5 September 2023.

Unggahan ini lantas menarik banyak perhatian warganet dan mendapatkan beragam komentar. "Dikira konser band mungkin ya," komentar seorang warganet. "Dia bingung kali ya, kenapa konser pada duduk," kata warganet lainnya.

"Seengaknya dia suka dan menikmati lagunya udah masyaAllah banget," ujar warganet lainnya. "Biarin aja. Yg penting dia udah tertarik mendengarkan dulu, nti ketagihan lalu pngin kenal lbh jauh. Itu ada campur tangan Allah yg gerakkan hatinya," timpal warganet lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat