uefau17.com

Ramai Kabar Texas Chicken di Indonesia Tutup Semua Gerai, Simak Faktanya - Lifestyle

, Jakarta - Ramai kabar di jagat maya bahwa restoran cepat saji, Texas Chicken di Indonesia resmi ditutup. Salah satu pengelola Texas Chicken, PT Cipta Selera Murni Tbk (CSMI), mengumumkan menutup semua gerai yang dioperasikan pihaknya.

Direktur Cipta Selera Murni Radino Miharjo menjelaskan bahwa pada 14 Maret 2023, perseroan memutuskan kerja sama dengan Cajun Global LLC. Proses penutupan dilakukan sejak 28 Februari 2023, yang berarti perseroan tak lagi bisa menggunakan brand Texas Chicken.

"Pembatalan perjanjian waralaba ini, Cajun (prinsipal) memberikan keringanan kepada Perseroan berupa penghapusan utang royalti dan initial fee," jelas Radino dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), dikutip Saham .

Perseroan mengalami kesulitan keuangan sejak pandemi Covid-19 yang menunjukkan penurunan omzet atau pendapatan hingga akhir 2021. Bahkan pada 2022, perseroan tidak dapat melaksanakan perencanaan, seperti pembukaan restoran baru.

Namun, PT Cipta Selera Murni Tbk bukan satu-satunya pemegang lisensi Texas Chicken Indonesia. Restoran cepat saji asal Amerika Serikat ini juga beroperasi di bawah manajemen PT Quick Serve Indonesia sebagai pemegang waralaba Texas Chicken di Indonesia.

Pihaknya pun mengunggah pernyataan singkat terkait operasional Texas Chicken di Indonesia. Keterangan itu dibagikan melalui unggahan di akun Instagram @texasindonesia pada Jumat, 18 Agustus 2023.

"Texas Chicken masih Beroperasi di Indonesia! PT. Quick Serve Indonesia merupakan satu-satunya pemegang waralaba Texas Chicken di Indonesia," bunyi keterangan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tetap Beroperasi Normal

Akun Texas Chicken Indonesia melanjutkan, "Dengan demikian, Texas Chicken di bawah manajemen PT Quick Serve Indonesia tetap beroperasi secara normal untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan dan terus menambah restorannya diseluruh Indonesia."

Kolom komentar unggahan tersebut seketika dipenuhi beragam tanggapan. Salah satunya datang dari Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy, "Di Padang udah gak ada."

Komentar tersebut pun dibalas pihak Texas Chicken, "ditunggu kehadiran store Texas Chicken di kota Padang ya."

Ada pula yang bertanya soal kejelasan pemegang lisensi Texas Chicken di Indonesia. "sebelumnya pemegang hak atas waralaba Texas Chicken di Indonesia tidak hanya satu yang mendapat izin dari Texas Chicken pusat. Namun saat ini hanya PT QSI satu satunya yang menjadi pemegang hak atas waralaba Texas Chicken. Dan semua gerai yang saat ini masih beroperasi adalah milih PT QSI," jelas pihak QSI.

Selain itu, ada juga yang memuji bahwa Texas Chicken masih begitu digemari. "Percaya deh kalau Texas Chicken masih banyak yang suka," terang lainnya.

3 dari 4 halaman

Gerai Mandiri Pertama Texas Chicken di Jakarta

Jauh sebelum kabar ini bikin heboh, pada Januari 2023 lalu, PT Quick Serve Indonesia (QSI), pewaralaba salah satu mitra dari Texas Chicken/Church's Chicken memulai 2023 dengan kembali berekspansi dengan membuka gerai baru Texas Chicken di kota Jakarta, tepatnya di Jalan Rawa Belong, Kota Jakarta Barat.Pembukaan gerai kali ini merupakan salah satu pencapaian terbaru bagi PT. QSI karena gerai ini adalah gerai mandiri pertama yang beroperasi di wilayah Jakarta.

Menurut Julius Evan Kristianto, Managing Director dari PT Quick Serve Indonesia, "Pembukaan outlet baru (di Rawa Belong) ini merupakan salah satu komitmen kami untuk terus mengembangkan brand Texas Chicken di wilayah Jakarta dan sekitarnya."

Gerai ke-15 Texas Chicken ini menggusung konsep "Blaze". Makna dari semangat tersebut adalah dengan menggunakan logo, desain restoran, dan konsep menu ala Internasional terbaru, termasuk Honey Butter Biscuit™, Tender Strips®, Jr. Mexicana Burger, Wraps, dan masih banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Berbagi Lokasi dengan Waralaba Internasional Lainnya

Selain itu, untuk gerai mandiri ini, Texas Chicken akan berbagi lokasi dengan merek waralaba internasional lainnya yang menjual produk es krim dan pencuci mulut, Dairy Queen. "Diharapkan kedua brand bisa berkolaborasi dan gerai (Rawa Belong) ini menjadi salah satu opsi destinasi bagi para pecinta kuliner di wilayah ini," terang Julius.

Di masa pandemi lalu, banyak pemain sektor makanan dan minuman berlisensi internasional yang terdampak dan harus menutup gerainya, namun tidak demikian dengan Texas Chicken. Melalui manajemen PT Quick Serve Indonesia, gerai Texas Chicken tetap bertahan dan menambah gerai barunya dengan konsep menu dan tampilan gerai yang berbeda.

Diakui oleh Dedi Hidayah, International Regional Franchise Manager untuk Texas Chicken/Church's Chicken, "Kami sangat menghargai komitmen pengembangan brand Texas Chicken® yang dilakukan oleh PT QSI sebagai salah satu mitra kami di wilayah Asia Pasifik; dan keputusan pemilihan lokasi di area ini pun memang merupakan langkah yang tepat dalam memperkuat posisi di pasar Jakarta."

"Pembukaan ini diharapkan bisa menjadi fondasi solid dalam rencana ekspansi PT QSI ke berbagai lokasi di Indonesia ke depannya, sehingga seluruh wilayah Indonesia dapat turut menikmati hidangan berkualitas dengan rasa otentik khas Texas Chicken," tutup Dedi Hidayah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat