uefau17.com

Tiktoker Tambal Jalan Berlubang di Tangerang yang Lama Rusak dan Sering Bikin Macet - Lifestyle

, Jakarta - Seorang TikToker bernama Faraz Nazari membagikan video memperbaiki jalan rusak dan berlubang di Kawasan Bencongan Indah, Kabupaten Tangerang, Banten. Dilihat melalui akun TikTok pribadinya,@ faraznazari, jalan rusak dan berlubang tersebut ramai dilewati kendaraan roda dua dan roda empat. Kendaraan yang melintas harus memperlambat lajunya saat melewati lubang sehingga membuat jalan macet.

Jalan rusak dan berlubang cukup besar itu, menurut Faraz, sudah bertahun-tahun tidak diperbaiki. Hal itu tentunya bisa membahayakan keselamatan pengendara, terutama saat malam hari, karena minim penerangan.

Faraz dan seorang temannya yang bernama Galih merupakan orang asli Tangerang yang bergelut di bidang konstruksi. Mereka merasa terketuk untuk memperbaiki jalan rusak yang ada di wilayahnya. Biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki jalan rusak merupakan biaya pribadi yang dikeluarkan oleh mereka.

"Sukarela benerin jalan,” tulisnya dalam unggahannya.

Meski mengaku tidak berkomunikasi dengan pihak pemerintah setempat. Faraz dan Galih menegaskan tidak berniat untuk menyindir pemerintah terkait perbaikan jalan rusak itu. Mereka mengaku, aksinya itu direspons positif dari warga setempat karena hanya membutuhkan waktu kurang dari satu hari.

Selain dari warga setempat, aksi mereka juga mendapat pujian dari warganet. Sampai berita ini ditulis, unggahan pada 12 Agustus 2023 itu sudah dilihat lebih dari 5,2 juta kali, disukai lebih dari 262 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 3.410 komentar. Di antara mereka, ada warganet yang mengungkap bahwa jalanan itu sering diperbaiki, namun tidak bertahan lama.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pandawara Versi Memperbaiki Jalan

"Sebenarnya ini tu dibenerin bang,tapi rusak lagi rusak lagi,” komentar salah seorang warganet.

"Pemerintah nya pada asik main candy crush kah?,” tulis warganet lainnya.

"Pandawara versi aspal ges mntp bg," tulis seorang warganet yang membandingkan dengan grup Pandawara yang suka membersihkan sampah.

"Terus kan bang benih2 kebaikan.. biar yg diatas pada ngelihat ..,” timpal warganet lainnya.

Beberapa bulan lalu, Presiden Jokowi (Joko Widodo) meminta masyarakat melapor kepada dirinya apabila jalan di daerahnya masih rusak parah dan lama tak diperbaiki. Jokowi mempersilakan masyarakat menyampaikan melalui akun media sosial miliknya.

"Apabila jalan di daerah anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Instagram ini," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Jumat, 5 Mei 2023.

Dia menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur jalan untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang. Jokowi menuturkan biaya logistik bisa ditekan apabila mobilitas orang dan barang lancar. 

 

3 dari 4 halaman

Jokowi Tinjau Jalanan Rusak di Lampung

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengunjungi Provinsi Lampung, Jumat, 5 Mei 2023, untuk mengecek infrastruktur jalan rusak di daerah tersebut. Adapun kondisi jalan di Lampung yang rusak sempat viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Rusaknya jalanan di Lampung, mulai mencuat viral usai seorang Tiktokers bernama Bima menyuarakan keresahannya akan kampung halamannya yang dirasa tidak pernah maju akibat jalan-jalan rusak yang terbengkalai dan tidak mendapat atensi pemerintah setempat.

Unggahan Bima pada April lalu itu mendapat respons positif dan membuat pemerintah Lampung membuka diri. Meski begitu, hal ini sempat menuai polemik sebab gubernur setempat merasa tidak nyaman dengan kritik Bima yang dinilai kurang menggunakan bahasa yang sopan. 

Meski begitu, masalah jalan rusak tersebut membuat pemerintah pusat turun tangan langsung untuk meninjaunya. Jokowi bahkan menyusuri jalan rusak di Lampung dengan menggunakan mobil Kepresidenan dengan pelat merah bertuliskan Indonesia 1. Hal ini terlihat dari video yang dibagikan Fotografer Resmi Istana Kepresidenan, Agus Suparto.

4 dari 4 halaman

Jalanan Rusak Parah

Berdasarkan keterangan videonya, mobil Presiden Jokowi sedang melintasi Jalan Terusan Ryacudu Lampung. Sejumlah pasukan pengamanan presiden (Paspampres) tampak mengawal mobil yang ditumpangi Jokowi dari belakang.Mereka menggunakan sepeda motor.

Selain itu, di belakang juga terlihat iring-iringan mobil rangkaian kepresidenan lainnya. Dari video yang diunggah, terlihat mobil Jokowi melewati jalan yang rusak parah, mulai dari, ada lubang yang cukup besar, jalanan yang mengalami pengelupasan aspal, hingga jalanan yang masih bertanah dan berpasir.

Mobil Jokowi tampak melaju dengan kecrepatan rendah pelan dan berhati-hati saat melewati jalanan rusak tersebut. Beberapa kali mobil Jokowi menghindari jalanan yang berlubang. "Jalannya mulus, enak. Dinikmati," kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan sambil tersenyum, usai meninjau jalan rusak di Lampung, Jumat, 5 Mei 2023, dikutip dari kanal News .

Jokowi pun ditanya apakah sempat mengalami guncangan pada perut sepanjang perjalanan. Namun, Jokowi mengaku dirinya dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan tertidur di mobil. "Sampai Pak Zul tadi tidur, saya juga tidur. Ya karena mulus, sampai di mobil tidur dong," ujar Jokowi.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat