uefau17.com

ASN Nyambi Dagang Sayur Tanpa Kantong Plastik, Dapat Penghasilan 2 Kali Lipat dari Gaji Bulanan - Lifestyle

, Jakarta - Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) bernama Dwi Cahyo Yulianto bekerja sambilan berdagang sayur. Ia hanya bekerja sambilan dari pukul 03.00 hingga 07.00 pagi sebelum berangkat ke kantor.

"Kerja hanya 4 jam, hasilnya dua kali lipat gaji PNS," ungkap akun @tanpaplastik di TikTok, dikutip Kamis, 20 Juli 2023. 

PNS asal Lampung yang nyambi jadi tukang sayur itu dalam kurun waktu satu bulan sudah memiliki 50 pelanggan lebih. Kuncinya ada di sistem belanja tanpa kantong plastik yang ia buat.  Pria yang akrab disapa Cahyo ini berdagang sayur dengan dengan sistem belanja sesuai permintaan konsumen. Karena itu, ia tak khawatir barang dagangannya tidak laku.

Bisnis yang dijalaninya juga tidak memerlukan sewa tempat maupun menjaga lapak. Ia hanya perlu mengecek pesanan setiap harinya melalui WhatsApp (WA), lalu belanja dan mengantar ke pelanggan. Perlahan tapi pasti bisnis yang dijalani Cahyo ikut membuka lapangan kerja, karena kini sudah memiliki kurir sendiri.

Rahasia sukses bisnisnya juga ia bagikan melalui TikTok Live. Bisnis jualan sayur tersebut dalam sebulan bisa menghasilkan sekitar Rp18 juta kurang dari dua bulan. Bahkan, jenis bisnis ini sudah dibuat sistem serta komunitasnya. 

"Packing menarik, bebas sampah sehingga mau order ulang," sebutnya saat TikTok Live. "Kita juga ada resep marinasi sudah diorder ulang, artinya resepnya cocok di lidah," katanya lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Inspiratif karena Visinya Agar Bebas Sampah Plastik

Pada tayangan Live tersebut, Cahyo juga mengatakan memiliki visi besar Indonesia bebas sampah plastik. Dengan semakin banyak pelanggan bergabung membeli sayur melalui dirinya, berarti mencegah menumpuknya ribuan sampah plastik.

Konten tersebut menarik minat warganet untuk menuliskan komentar. Di antaranya mengancungi jempol Cahyo karena bisa tetap mengabdi sebagai PNS sekaligus membangun mimpinya.

"Keren mas, tetap semangat, pengen tahu cara kerjanya," tulis seorang warganet.

"Cwiiw PNS bukannya nggak boleh punya usaha," tanya warganet.

Cahyo pun membalas, "Alhamdulilah malah dapat dukungan dari Wali Kota Metro, karena ini membantu mengurangi ribuan bahkan jutaan sampah plastik, tidak sekadar usaha sampingan."

"Cara pemasarannya gimana? saya pengen belajar," tulis yang lain.

"Ini sih calon-calon PNS yang jujur, amanah dan bertanggung jawab dan nggak korupsi pastinya," balas yang lain.

"Ini baru PNS hebat," sambung warganet lagi.

"Semangat pak, saya tahu sepulang mengajar itu capek banget tapi bapak masih nyambi kerjaan yang lain," kata warganet lainnya menyemangati.  

3 dari 4 halaman

Berbagai Jenis Kerja Sambilan

Mengutip kanal Bisnis , Kamis, 20 Juli 2023, kerja sambilan memang tidak menawarkan tangga karier yang begitu menjanjikan. Tapi, bukan berarti kerja sambilan tak memiliki keuntungan tersendiri.

Kerja sambilan bisa jadi tempat untuk belajar terlebih dulu tentang beradaptasi di dunia kerja, apalagi untuk orang yang sebelumnya belum pernah berkarier. Bisa juga untuk belajar mengenali gaji.

Di samping itu, saat kerja sambilan pun bisa bertemu orang-orang dan pengalaman menarik. Jika tertarik untuk bekerja sambilan, berikut lima kerja sambilan yang bisa dicoba, seperti yang dirangkum dari US News.

1. Waiter atau Barista

Untuk yang hobi berinteraksi dengan orang-orang baru atau ingin fokus di industri hospitality, pekerjaan jadi pelayan maupun bartender bisa dijadikan pilihan utama. Pekerjaan bartender pun memiliki sisi kerennya tersendiri. Apabila kamu tidak suka kerja di bar, solusinya bisa bekerja sebagai barista untuk menyajikan kopi enak bagi pelanggan.

2. Pengendara

Sopir transportasi online belakangan ini sangat populer. Perempuan pun sudah mulai ikut aktif di sektor ini. Pilihan layanannya pun ada banyak. Bila Anda sudah punya mobil sendiri, bisa mencoba menjadi sopir mobil, atau jika kurang suka dibuat sibuk penumpang, Anda bisa mengambil tugas sebagai pengantar makanan atau barang.

4 dari 4 halaman

3. Pelatih/Instruktur Olahraga

 

Pelatih/instruktur olahraga bisa dilakukan lelaki dan perempuan. Bila Anda memiliki minat atau hobi terkait kebugaran fisik, tak ada salahnya menjadi melatih tim atau jadi instruktur gym maupun senam aerobik. 

Menjadi pegawai ritel punya satu keunggulan utama, yakni memberikan banyak teman baru, sebab biasanya perusahaan ritel mempekerjakan banyak orang. Jika Anda berkarier dengan sungguh-sungguh, maka bisa sekalian memakai kesempatan ini untuk mempelajari hal-hal seputar bisnis, seperti mengenai suplai, konsumen, atau barang yang trending saat ini.  

5. Interpreter dan Translator

Menguasai bahasa asing? Daripada kemampuan itu dibiarkan menganggur, lebih baik jadikan jembatan untuk mempersatukan dua pihak yang dipisahkan jurang bahasa.

Menjadi interpreter akan membuat Anda bertemu orang-orang asing yang bisa memberikan pelajaran baru mengenai bidang mereka. Sementara, menjadi translator akan mewajibkanmu untuk banyak baca. Jadi, selain dapat uang, ilmunya pun juga banyak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat