uefau17.com

Pemuda Arab Sedekah Payung Satu Truk Saat Musim Haji, Berharap Dilindungi Allah dari Panasnya Matahari di Padang Mahsyar - Lifestyle

, Jakarta - Biasanya orang akan menyedekahkan uang maupun makanan sebagai bagian dari amal untuk bekal di akhirat nanti. Namun, seorang pemuda Arab memilih menyedekahkan payung sebanyak satu truk saat musim haji 2023 berlangsung.

Pria yang disebut tinggal di Makkah itu dikenal dermawan, bahkan sangat senang saat musim haji datang. Hal ini lantaran ia merasa bisa panen pahala meski tidak melaksanakan haji secara langsung. 

Ia memilih membagikan payung pada jemaah haji yang hendak melaksanakan wukuf di Arafah.Tanpa melihat asal, suku dan warna kulit, ia membagikan payung secara gratis. 

"Enggak hanya satu atau dua payung, tapi satu truk payung, enggak kebayang," cerita pembuat video yang diunggah di akun TikTok @yukhaji, dikutip Kamis (20/7/2023). "Kamu enggak akan ditanya ini dan itu, apalagi disuruh bawa kupon guys. Tinggal ucap salam aja dan ambil deh payungnya.

Payung ini dianggap sangat berarti bagi jemaah haji. "Bayangkan saja suhu Makkah saat wukuf di Arafah bisa mencapai 42 derajat celcius. Itu bisa buat kamu kena hit stroke alias serangan jantung dan mati seketika karena panas," sambung pembuat video.

Disebutkan, banyak jemaah haji Indonesia yang "selamat" karena kebaikan pemuda Arab tersebut. Pemuda tersebut melakukannya bukan untuk pamer kekayaan, tapi ia memayungi orang-orang di dunia agar kelak di Padang Mahsyar Allah memayunginya ketika matahari hanya dua jengkal di atas kepala.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Sedekah dalam Islam

Mengutip kanal Islami , Kamis (20/7/2023), mengetahui apa saja manfaat sedekah dalam Islam bisa membuat seseorang lebih semangat melakukan amalan baik. Sedekah adalah perbuatan memberi pada orang lain secara cuma-cuma, tanpa melihat jumlah dan waktu.

Tak hanya mendatangkan segudang pahala, keberkahan hidup dan keridhaan Allah SWT juga bisa didapatkan. Sesuai peraturan baznas, sedekah adalah harta atau non-harta yang dikeluarkan seseorang maupun badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Mengenai manfaat sedekah dalam Islam dijelaskan Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 245: "Siapakah yang mau memberi pinjaman pada Allah, pinjaman yang baik, Allah akan melipatgandakan pembayaran padanya dengan lipat ganda yang banyak." (QS. Al-Baqarah: 245).

Sedekah adalah amalan yang sangat dicintai Allah. Itulah mengapa sedekah dalam Islam bisa berdampak luar biasa. Allah pun menjamin terkabulnya segala permintaan bagi orang yang rajin bersedekah. Segala keutamaan sedekah dalam Islam ditegaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 271:

"Jika kamu menampakkan sedekah(mu), itu baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan pada orang-orang fakir, menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."

3 dari 4 halaman

1. Sedekah Melipatgandakan Pahala

Manfaat sedekah dalam Islam akan memberi banyak keistimewaan pada para pelakunya. Salah satunya adalah Allah SWT akan memberi pahala berlipat ganda bagi orang yang mau bersedekah.

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah, baik laki-laki maupun perempuan, dan meminjamkan pada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (ganjarannya) pada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak." (Q.S. A-l-Hadid ayat 18).

2. Melipatgandakan Harta

Sebuah hadis menjelaskan manfaat sedekah dalam Islam dapat melipatgandakan harta. Bersedekah tidak akan mengurangi harta yang dimiliki. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW, "Sedekah tidaklah mengurangi harta." (HR Muslim).

Meski secara tersurat harta terlihat berkurang karena sedekah, namun kekurangan tersebut akan ditutupi dengan pahala di sisi Allah dan akan terus bertambah kelipatannya.

Allah menjanjikan manfaat sedekah dalam Islam sesuai firman-Nya dalam Al-Quran surat Saba' yang artinya, "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, Allah akan menggantinya dan Dia lah pemberi rezeki sebaik-baiknya." (Q.S. Saba ayat 39).

4 dari 4 halaman

3. Sedekah Menghapus Dosa

Manfaat lain dari sedekah dalam Islam adalah menghapus dosa. Sebagai manusia yang pasti selalu diliputi dosa-dosa, umat Islam senantiasa diberikan jalan untuk berkesempatan menghapus dosa-dosanya melalui sedekah.

Sedekah adalah ibadah yang istimewa karena bisa memudahkan umat Islam untuk menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW bersabda, "Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR. Tirmidzi).

4. Menyembuhkan Penyakit

Rasulullah SAW bersabda tentang manfaat sedekah dalam Islam, "Bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang-orang sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana". (HR. Ath-Thabrani).

5. Memberi Naungan di Hari Kiamat

Diriwayatkan dalam hadis riwayat Ahamad, Rasulullah bersabda terkait manfaat sedekah dalam Islam, "Naungan bagi seorang mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya." Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan melalui sedekah, umat Islam dianjurkan agar gemar bersedekah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat