uefau17.com

Mengulik Ramuan Jamu Cekok untuk Anak, Memperbaiki Nafsu Makan hingga Mengatasi Batuk - Lifestyle

, Jakarta - Jamu sebagai ramuan tradisional telah dikenal luas dan dimanfaatkan masyarakat untuk mengobati penyakit ringan, mencegah datangnya penyakit, menjaga ketahanan dan kesehatan tubuh, serta kecantikan. Dengan berbagai spesifikasi jamu mulai untuk kesehatan wanita hingga ibu dan anak terdapat pula jamu cekok yang khusus untuk anak-anak.

Mengutip jurnal "Ramuan Jamu Cekok Sebagai Penyembuh Kurang Nafsu Makan Pada Anak: Suatu Kajian Etnomedisin" Universitas Gajah Mada, Senin, 17 Juli 2023, jamu cekok dibuat dengan bahan utama empon-empon yang terdiri dari temulawak, lempuyang emprit, brotowali, temu ireng, serta pepaya. Alasan utama orang tua mencekok anaknya dengan jamu karena hilangnya nafsu makan yang dikhawatirkan akan menyebabkan terganggunya perkembangan anak.

Namun ternyata manfaat jamu cekok tak hanya untuk mengembalikan nafsu makan anak, jamu ini juga mengatasi mencret, perut kembung, cacingan serta batuk dan pilek. Ramuan jamu cekok dipercaya dapat meningkatkan metabolisme, menekan dan menghambat asam lambung, dan merangsang sekresi makanan sehingga meningkatkan nafsu makan

Pengaruh faktor kepercayaan atau sugesti akan khasiat jamu cekok mengakibatkan konsumen menyatakan kepuasannya setelah mencekokkan anaknya. Kepercayaan ini tak lepas dari pengaruh tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Di samping itu pengobatan tradisional dengan memanfaatkan bahan-bahan alam dianggap relatif lebih aman dan harganya terjangkau bagi masyarakat luas. Hal inilah yang membuat jamu cekok sempat populer sebagai cara memperbaiki nafsu makan anak.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal-usul Istilah Jamu Cekok

Masyarakat Jawa mengenal adanya jamu khusus untuk anak-anak yaitu jamu cekok sudah sangat lama. Istilah cekok mengacu pada cara atau metode pemberian jamu yaitu dengan dicekokkan ke dalam mulut anak.

Pertama-tama ramuan jamu yang masihberupa campuran tumbuh-tumbuhan, rempah-rempah yang telah dihaluskan dan diberi sedikit air, ditempatkan pada selembar kain kecil serupa sapu tangan, kemudian ujung-ujungnya disatukan seperti membungkus. Lalu anak yang akan dicekok biasanya menunjukkan sikap menolak dan berontak, dipangku orang tuanya dengan posisi agak berbaring.

Selanjutnya hidung anak dipencet sehingga mulutnya akan terbuka dengan sendirinya. Pada saat inilah jamu yang telah disiapkan diperas di mulut anak sehingga cairannya masuk ke dalam mulut.

Adanya pertentangan dari ahli medis modern tentang metode mencekok pada anak balita yang dapat berakibat fatal, tidak mampu mempengaruhi tradisi masyarakat Jawa. Ahli medis modern berpendapat bahwa mencekok anak tak hanya untuk jamu tetapi juga obat-obatan lain, secara psikologis bisa menyebabkan trauma pada anak di samping bahaya lain yaitu tersedak.

3 dari 4 halaman

Racikan Jamu Penambah Nafsu Makan Lainnya

 

Selain jamu cekok, resep jamu penambah nafsu makan lain yang juga sederhana terdiri dari temuireng, pentil pace, dan adas pulosari. Bahan-bahan tersebut dicuci bersih kemudian dikupasdan ditumbuk. Setelah itu dikukus dengan cara dibungkus menggunakan daun pisang.

Ramuan jamu yang ditujukan untuk anak-anak sebaiknya tidak terlalu banyak menggunakan bahan-bahan jamu karena komposisinya akan terlalu berat untuk anak-anak. Tetapi perlu dipahami bahwa keyakinan dan kepercayaan yang besar untuk sembuh juga mempengaruhi cepat atau lambatnya kesembuhan seseorang meskipun dengan cara berbeda-beda.

Secara umum proses kerja obat penambah nafsu makan anak adalah meningkatkan metabolisme, menekan atau menghambat asam lambung, dan merangsang sekresi makanan sehingga dapat meningkatkan nafsu makan. Rebusan temulawak dan santan temuireng akan merangsang enzimatis sehingga perut terasa kosong dan akan mengirim sinyal ke otak yang akan menimbulkan keinginan untuk makan atau menimbulkan rasa lapar.

 

 

4 dari 4 halaman

Ramuan Tambahan untuk Keluhan Lainnya Pada Anak

 

Ramuan jamu cekok dibuat sama untuk berbagai keluhan penyakit pada anak. Khusus untuk penyakit batuk, ramuan yang sudah ada ditambah dengan inggu dan jeruk nipis.

Selain itu penyakit batuk dan pilek atau yang dalam istilah medis disebut penyakit sistem pernapasan bisa pula diupayakan dengan jamu cekok.  Bahan-bahan alam yang digunakan untuk menambah nafsu makan umumnya mengandung unsur-unsur yang bisa mempengaruhi kerja empedu yang kurang baik.

Misalnya temulawak, selain berfungsi merangsang produksi empedu juga berefek sebagai antiradang atau antioksidan. Sedangkan bahan lain seperti lempuyang emprit, temu ireng,brotowali, dan daun pepaya mengandung zat pahit (carpaine atau alkaloida pahit) yang bisa merangsang lambung anakagar berfungsi dengan baik sehingga akan timbul nafsu makannya.

Untuk perut kembung bahan utama yang dipakai yaitu kunyit, kencur, jahe, temulawak, temuireng, lempuyang emprit, kapulaga, adas dan sambiloto. Bahan alam seperti kunyit pada dasarnya memiliki sifat mengobati gangguan lambung (stomakhikum), merangsang keluarnya gas perut (karminativum), dan memiliki zat antiradang, sehingga dapat digunakan untuk mengobati penyakit perut kembung, mencret, dan sebagai antiradang.

Kunyit jarang sekali digunakan secara sendiri tapi biasanya dicampur dengan asam. Unsur-unsur dalam kunyit pada dasarnya akan menjadi stabil jika bertemu dengan zat asam. Kunyit juga mengandung zat kurkumin berwarna kuning yang sangat baik untuk pencernaan.

 

Disclaimer: Jamu adalah ramuan tradional berbahan alami yang bisa membantu kesehatan tubuh. Bila ada keluhan kesehatan, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat